Apakah kamu mengalami banyak masalah akhir-akhir ini? Apakah kamu merasa lelah menjalani hidupmu sendiri? Apa kamu bosan menjadi dirimu dan ingin bertanya-tanya bagaimana rasanya menjadi orang lain? Apakah kamu merasa seluruh hidupmu adalah lelucon yang kebablasan? Lalu apakah kamu merasa frustrasi karena berbagai quote bijak ternyata nggak bisa mengembalikan moodmu yang tersesat?

Karena hidup ini memang absurd, dan kita butuh asupan lebih untuk berbahagia, mungkin kumpulan jokes yang menggelitik sekaligus mencubit-cubit kecil ini bisa mengobati kegalauanmu akan kehidupan.

1. “Kalau kamu merasa tidak ada orang yang peduli padamu, cobalah terlambat bayar tagihan”

Kamu yang frustrasi berpikir bahwa tidak ada orang yang peduli apakah kamu sudah makan atau belum, apakah kamu hidup atau mati, jangan dulu merasa tak layak hidup di dunia. Bila kamu pengguna kartu kredit, coba berhenti bayar tagihan selama dua bulan. Bila kamu anak kosan, pura-pura lupa bayar uang bulanan. Kalau masih tidak ada orang yang mencarimu, berarti kamu benar.

2. Bob: Hey Jim, kalau kamu seorang manusia goa, kamu akan mati | Jim: Kok bisa? | Bob: Karena semua orang akan mati

Advertisement

Namanya hidup memang harus berani ambil risiko. Toh ke manapun kamu pergi, pasti ada hal-hal buruk yang terjadi. Mau kamu sembunyi di manapun juga, nggak akan banyak pengaruhnya. Sama seperti quote fenomenal ‘semua akan indah pada waktunya‘, semua juga akan mati pada waktunya. Jadi?

3. “Kamu nggak bisa memiliki segalanya. Memangnya mau ditaruh di mana?”

Everything via www.nekeran.com

Ada keiningan yang terpenuhi, ada yang nggak terpenuhi. Ada mimpi yang jadi kenyataan, ada yang selamanya cuma jadi impian. Ada cinta yang bersambut, ada yang patah hati. Ada baju, tas, sepatu, sawah, mobil, hotel, laut, hutan, gajah, kopi, garam, nelayan, guru, pilot, mars, venus, merkurius, dan matahari. Kamu mau memiliki semuanya? Rumahmu muat menampung semua itu?

4. “Aku penasaran berapa banyak kalori yang kubakar ketika aku lari dari masalah.”

Kalau kamu lari keliling komplek perumahan selama lima menit, kamu bisa menghitung secara pasti berapa banyak kalori yang kamu bakar. Kamu jadi tahu berapa banyak risiko menua dengan berbagai penyakit bersarang di badan yang berkurang. Tapi kalau kamu lari dari masalah, nggak ada kalori yang berkurang. Yang ada justru masalah yang semakin menumpuk, dan mengundang penyakit datang. Duh, udah capek, nggak ada gunanya lagi. Kan percuma.

5. “Aku jago multitasking. Aku bisa membuang-buang waktu, menjadi tidak produktif, dan menunda pekerjaan di waktu yang sama.”

Buang-buang waktu jelas buruk. Menjadi tidak produktif juga membuatmu rugi sendiri. Menunda-nunda pekerjaan, hanya akan membuatmu stress dikejar-kejar deadline. Sementara itu, penelitian justru membuktikan bahwa multitasking itu buruk efeknya. Kalau kamu multitasking antara buang-buang waktu, menjadi nggak produktif, dan menunda pekerjaan? Kelar hidup lo.

6. “Aku lucu secara alamiah. Karena memang seluruh hidupku adalah lelucon.”

Funny via 1080.plus

Karena hidup memang berat, dan semua orang tahu itu, mengeluh terus-terusan juga nggak akan membawa perubahan. Daripada murung berlebihan, lebih baik ditertawakan saja. Dengan tertawa, apapun permasalahanmu akan terlihat lebih mudah. Nggak percaya? Coba saja.

7. “Jangan putus asa pada mimpimu. Teruslah tidur.”

Karena kamu bukan Sleeping Beauty, jadi kamu nggak boleh tidur selama seratus tahun atau lebih. Nggak akan ada pangeran tampan yang akan membangunkanmu dengan ciuman romantis. Kamu harus bangun sendiri, dan mulai mengejar mimpimu. Kalau kamu hanya bermimpi tanpa berusaha menjadikannya kenyataan, ya selamanya mimpimu hanya angan-angan~

8. “Tuhan memberikan kita otak untuk bekerja keluar dari masalah. Entah bagaimana, kita justru menggunakannya untuk menciptakan masalah.”

Terkadang masalah yang datang padamu itu berasal dari pikiranmu sendiri. Sifat alamiah manusia terkadang hobi membuat yang mudah menjadi susah. Membuat yang jelas menjadi nggak jelas. Daripada terus-terusan cemas memikirkan yang belum ada atau tidak ada, kenapa hidup tidak dijalani saja? Jatuh dan bangun, itu hal yang biasa. Semua orang mengalaminya.

9. “Aku mendapat 99 masalah, dan salah satunya adalah aku justru menghitung masalahku, bukannya berusaha menyelesaikannya.”

Problems via classpass.com

Setiap manusia yang bernafas pasti memiliki masalah. Meskipun hanya soal memilih menu makan malam ini. Setiap masalah yang datang, ada untuk diselesaikan. Menghindar atau lari darinya hanya akan sia-sia saja, karena masalah punya kemampuan untuk mengejarmu ke mana saja. Daripada dihindari, lebih baik diselesaikan bukan? Karena masalah nggak akan selesai hanya dengan dihitung dan di data saja. Yuk semangat!

Memahami hidup yang serius tidak harus dengan kata-kata bijak ataupun quote-quote mendalam. Karena hidup itu absurd, meski dia serius, kamu bisa tertawa saja. Sambil cari-cari cara untuk menakhlukkannya. Kamu pasti bisa! 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!