Sebelumnya, Hipwee udah menulis artikel mengenai realitas hidup sebelum usia 30-an. Yup, usia 30-an memang sering dianggap “sakral” dan penting. Di usia ini kamu sudah memasuki dunia kerja, mulai mengenyam banyak pengalaman, punya banyak skill. Di usia ini pula mulai muncul keinginan untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Jika kamu udah siap untuk menempuh fase baru dalam kehidupanmu, berikut ini beberapa target yang perlu kamu capai saat menginjak usia 30 tahunan. Tentunya kamu selalu ingin mendapatkan hidup yang lebih baik ‘kan?:

1. Umur 30-an adalah saatnya menjalani kehidupan yang lebih mapan. Sepanjang umur 20-anmu pastikan kamu telah menjalani pekerjaan yang cukup menjanjikan

Dapat job oke via www.morganmckinley.ie

Di saat menginjak usia 30 kamu udah gak seharusnya masih berkelana hilir mudik buat mencari pekerjaan yang sesuai denganmu. Jauh sebelum berusia kepala tiga kamu seharusnya udah membangun jaringan yang bisa membawa kontribusi dalam pengembangan karir kamu.

Jaringan yang udah kamu punya sebelumnya semestinya telah membawa kamu ke pekerjaan/jabatan yang udah mantap bagi kamu. Mantap dalam artian gajinya cukup (bahkan bisa nabung), suasana yang nyaman dan memberi kesempatan luas utuk kamu meniti karir ke level top.

2. Hidup bukan hanya tentang diri sendiri. Lihat lagi dirimu sendiri: sudahkah kamu punya sesuatu untuk dibagi?

Advertisement

Sukses bukan hanya soal mengisi gelasmu sendiri sampai penuh. Pribadi yang sukses adalah dia yang juga bisa memberikan sesuatu bagi orang lain. Di usia 30-an, seharusnya kamu sudah bisa membagi pengalamanmu demi kemajuan orang di sekitarmu.

Karena udah mengumpulkan banyak pengalaman, kamu udah mulai menjadi mentor bagi bawahan dan angkatan kerja baru. Ketika para junior ini memandang kamu sebagai panutan, maka jangan gegabah dalam bertindak. Jangan pula menganggap ini sebagai beban karena memberi ilmu pada junior itu membawa beberapa keuntungan:

  • Mentoring memberimu kesempatan untuk menemukan rekan junior yang punya potensi besar untuk berperan besar bagi kantor di masa depan.
  • Selain memberi ilmu kamu juga mendapat ilmu baru: skill kepemimpinan dan komunikasi.

3. Lupakan hura-hura dan bersenang-senang. Kini saatnya kelebihan uang masuk kantung investasi dan rekening simpanan

Nabung… Nabung via littleworksofheart.typepad.com

Di usia sekarang kamu udah harus benar-benar menyiapkan masa depan secara matang. Tabungan semestinya bukan hanya berbentuk rekening gede di bank. Tapi usahakan memecah tabunganmu dalam berbagai bentuk bisa seperti aset, lahan, asuransi dan surat hutang.

Investasi juga jadi hal yang tidak lagi asing buatmu. Kamu benar-benar telah mempersiapan masa depan lewat ikut instrumen investasi yang menguntungkan. Memang membutuhkan waktu lama dan usaha untuk mencapai hal ini tapi jika kamu udah tahu dari sekarang, kamu udah tahu mau dibawa ke mana uang itu jika udah di tanganmu nantinya.

 4. Kebugaran tubuhmu juga perlu dijaga. Kamu tak akan punya metabolisme sehebat saat ini selamanya

Tetapkan targetmu via www.lenasblackbook.com

Seiring bertambahnya umur, tubuh kamu makin rentan terhadap penyakit. Kamu pun makin sadar bahwa kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya.Untuk itu kamu berusaha lebih keras untuk menjaga kesehatan.

Agar tetap fit jadwalkan untuk berolahraga dan tetapkan targetnya. Misal, kamu menargetkan untuk berlari dengan jarak total sejauh 5 kilometer dalam seminggu (atau sebulan). Jika berlari bukan latihan yang cocok bagimu, bikin target untuk menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan peningkatan kebugaran. Dengan begitu tubuh kamu akan memilih sendiri program latihan apa yang cocok bagi kamu.

5. Walau sudah memasuki kepala 3 semangat belajarmu harus terus dipompa. Tak ada salahnya kini mengambil S2 atau bahkan S3

Asik kuliah lagi via cyberedhoy.blogspot.com

Mapan secara karier sebelum usia 30-an tidak membuatmu bisa begitu saja berhenti belajar. Mengejar pengalaman, belajar untuk menjadi lebih bijak, dan penerapan ilmu masih bagian dari proses belajar yang tidak pernah selesai kamu lakoni. Setelah kamu memiliki kestabilan karir dan pribadi gak ada salahnya kalau kamu mulai memikirkan untuk kembali duduk di bangku kuliah untuk gelar pasca sarjana atau gelar sarjana bagi kamu yang belum sempat kuliah langsung selepas masa SMA.

Memang benar kuliah membutuhkan dedikasi yang tinggi untuk dilaksanakan namun jika kamu gak punya waktu di siang hari coba pertimbangkan untuk mengambil program kelas malam seperti yang sering dilakukan para profesional. Selain itu, di era internet seperti sekarang kamu juga bisa mengambil kelas-kelas online.

6. Buka dirimu seluas-luasnya. Kenal orang baru, perkaya dirimu dengan keterampilan yang sebelumnya belum akrab denganmu

Ikuti kelas kerajinan via www.blesstheweather.com

Jika kamu mengira kamu udah terlalu tua untuk mempelajari hal baru maka sadarilah bahwa selalu ada ruang untuk menambah ilmu baru. Ikutin kursus bahasa yang selama ini bikin kamu penasaran, pelajari cara memasak dari ahlinya,atau mendaftar di kelas kerajinan tangan merupakan beberapa hal yang gak ada salahnya kamu coba.

Dengan mempelajari hal baru, kamu dapat membuktikan kalau pikiran dan badan kamu masih punya semangat anak muda. Punya bahasa baru yang dikuasai bikin traveling kamu gak seribet sebelumnya dan punya skill anyar entah itu dibidang kuliner, kerajinan, komputer dan lain-lain bisa memberi kamu keiatan di kala bengong. Siapa tahu jadi sumber pemasukan jika kamu memutuskan pensiun nantinya.

7. Kepemilikan tempat tinggal sebelum umur 30 akan sangat melegakan. Paling tidak uangmu tak harus banyak terbuang untuk biaya kost atau kontrakan

Aik rumah sendiri via www.axltwentynine.com

Walau didapat melalui KPR, memiliki rumah sendiri akan memberi kamu kenyamanan tiada tara. Ini merupakan pencapaian yang harus kamu kejar sesaat kamu udah mantap dengan pekerjaan kamu. Tapi harap diingat mengajukan KPR butuh persiapan dan perhitungan matang, pastikan kamu siap berkomitmen selama bertahun-tahun dengan pihak kreditor.

8. Sebelum masuk umur 30-an bebaskan dirimu dari hutang dan ciptakan kemerdekaan finansial

Setidaknya aman dulu baru merdeka via valueinformation.net

Seringkali disebut juga sebagai “Merdeka secara Finansial”, namun apakah merdeka namanya jika kamu masih memiliki KPR dan/atau cicilan mobil yang jumlahnya melebihi pendapatanmu sendiri?

Menjadi usia 30-an gak mengahruskan kamu benar-benar lepas dari hutang, namun setidaknya kamu udah berada pada posisi “Aman” yakni, punya pekerjaan, punya rumah sendiri dan memiliki tabungan. Satu yang penting, kamu bisa menyesuaikan kemampuan finansial dengan gaya hidup.

9. Ini adalah saat terbaik untuk mulai berkeluarga. Dengan begitu kamu punya waktu yang cukup panjang untuk menikmati kebahagiaan berdua

Memulai keluarga via www.muslumananneler.net

Ada yang bilang kalau jodoh adalah urusan Tuhan namun ada juga jodoh ada di tanganmu asalkan kamu memantaskan diri, makanya Hipwee gak mau menentukan pada umur berapa kamu harus menikah.

Namun jika dilihat dari kacamata sains kamu harusnya menikah setelah di atas usia 25 tahun. Artinya, sebelum memasuki usia 30 tahun kamu sudah harus tahu apakah mau menikah atau tidak, dan mengetahui apa yang harus kamu lakukan dengan keputusanmu itu.

Dari 9 hal di atas, sudah berapa yang kamu raih hari ini?

Kredit gambar andalan: mysweetsourlife.blogspot.com