Definisi kebahagiaan bagi tiap orang memang berbeda. Ada yang baru merasa bahagia dengan memiliki banyak uang, bisa belanja apapun yang diinginkan, atau malah cukup bisa bahagia kalau melihat orang terdekatnya bahagia. Dan ukuran kebahagiaan bagi setiap orang juga jelas berbeda.

Sebenarnya kebahagiaan nggak cuma soal kepuasan materi saja. Ada hal-hal ini yang sebenarnya bisa dengan mudah menciptakan kebahagiaan, namun seringnya tak kamu sadari saja.

1. Bisa sehat dan melakukan aktifitas seperti biasa saja seharusnya sudah bisa membuatmu terus bersyukur dan bahagia selalu

sehat itu mahal via dylandsara.com

Siapa saja pasti pernah merasakan betapa tersiksanya saat sakit mendera. Mau ngapain aja susah, mau kemana aja juga nggak enak. Bisa bangun di pagi hari, menghirup udara dan melihat sinar matahari dengan keadaan baik harusnya bisa menjadi kebahagiaanmu setiap hari.

Mengawali hari dengan keadaan sehat dan sempurna, bisa menjadi bekalmu melewati kejamnya dunia. Saat sakit pun kamu pasti membutuhkan biaya yang nggak sedikit untuk berobat. Maka syukurilah saat kamu sehat dan bisa menjalani aktifitasmu seperti biasa. Bahagia itu sesederhana kamu bisa menghirup udara dengan tenang dan sehat.

2. Pengalaman adalah guru yang paling baik. Jadi, saat kita mendapat banyak pengalaman baru di situlah bahagia tertuju

Advertisement

bisa tambah pengalaman setiap hari

Menjalani hari dari pagi sampai malam, mustahil jika kamu nggak belajar dan mendapatkan pengalaman baru. Misal, kamu yang kemarin adalah kamu yang nggak bisa masak, di hari ini kamu cukup melihat Ibumu memasak sarapan untuk keluarga. Disitulah kamu belajar dan mendapat pengalaman baru. Remeh memang, tapi pengetahuanmu pun bertambah sendirinya.

Kebahagiaan akan kamu dapatkan dengan banyaknya pengalaman yang tanpa disadari telah kamu kecap dan kamu rasakan sendiri. Pengalaman remeh tapi setiap hari selalu berganti akan membuatmu menjadi pribadi yang kaya dengan pengetahuan.

3. Memiliki ketakutan yang mengganjal, tentu membuat nggak nyaman. Dan ketika kamu bisa menaklukannya, kebahagiaanmu pasti tak terkira

Bisa mengalahkan ketakutan via dylandsara.com

Kita sering merasa takut pada hal-hal yang sebenarnya dibentuk oleh diri kita sendiri. Seperti sering takut menghadapi kegagalan, padahal kamu sama sekali belum mencoba. Jadi dari mana kamu tahu kalau kamu tidak mampu?

Memang tidak mudah melawan rasa takut itu, karena kamu terlalu memegang erat kekhawatiranmu sendiri. Cepat atau lambat, kamu harus belajar melepaskannya, kemudian menghadapi ketakutan tersebut. Saat kamu bisa melewatinya dan berhasil, tak sekadar bahagia yang akan kamu rasakan, namun juga kebanggaan.

4. Punya keluarga yang super sibuk memang bikin rindu. Saat kamu punya kesempatan berkumpul dengan mereka, rasanya tidak ingin hari cepat berlalu

bisa kumpul keluarga sudah kebahagiaan via elitedaily.com

Memiliki keluarga yang sama-sama sibuk di luar rumah memang kerap membuat kita merasakan kesepian dan rindu kebersamaan. Saat kamu bangun, orang seisi rumah sudah meninggalkan rumah untuk memulai aktifitasnya, dan saat kamu pulang mereka sudah terlelap.

Saat kalian bisa berkumpul, walau hanya untuk makan malam bersama, itu sudah cukup membahagiakan untukmu. Memandang wajah orang-orang terkasih sambil menyantap makanan bersama. Tidak ada yang bisa menukar kebahagiaan bersama keluarga, sekalipun ditukar dengan uang, ia tidak akan sanggup mengganti kebahagiaan saat berkumpul bersama keluarga

5. Tertawa dan berbagi cerita dengan sahabat adalah kebahagiaan paling sederhana

kumpul dengan sahabat juga membahagiakan via elitedaily.com

Saat lelah setelah bekerja, bertemu dengan sahabat tercinta adalah obat paling mujarab yang bisa mengobatimu dengan segera. Nggak cuma bisa mengurangi beban di pundak, dengan sahabat kamu bisa menumbuhkan kebahagiaan.

Dengan candaan receh, obrolan seputar masa kecil, atau hal-hal remeh lainnya akan menepikan kegelisahanmu setelah seharian bekerja. Sahabat tentu adalah orang yang paling memahamimu serta tahu bagaimana cara menghibur kamu. Tak heran bila dengan sahabat, kamu bisa lupa dunia dan merasakan kebahagiaan melimpah.

6. Kebahagiaan memang nggak bisa diukur dengan materi. Tapi, tentu senang saat kamu dapat rezeki dari hasil keringatmu sendiri

bisa cari uang sendiri via www.logancoleblog.com

Punya uang hasil jerih payah sendiri memang memiliki kepuasan serta kebahagiaan tersendiri. Mungkin tak seberapa banyak kalau kita minta langsung pada orangtua dan nggak perlu bersusah payah dulu untuk mendapatkannya. Namun uang yang dihasilkan dengan keringat sendiri, tentu memilki kesan yang nggak akan terganti.

Bisa membelanjakan uang setelah bekerja pasti akan terasa jauh lebih menyenangkan, kita pun jadi tahu bagaimana cara menghargai hasil jerih payah ini. Tak lagi seenaknya mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sia-sia.

7. Dan kemudian kamu akan menyadari, kalau kebahagiaan yang sebenarnya adalah dengan mencintai dan mensyukuri diri sendiri

cintai diri sendiri via dylandsara.com

Jangan habiskan waktu untuk merutuki ketidaksempurnaanmu. Kamu dilahirkan dengan memiliki kekurangan, pasti sepaket dengan kelebihannya. Daripada terus menerus mengeluh dan memimpikan hidup orang lain, tentu lebih baik untuk mensyukuri apa yang kamu punya.

Sadarilah, bahwa hidupmu saat ini adalah hidup yang jadi impian orang lain yang kurang beruntung di luar sana. Kamu berhak bahagia, dan mulailah dengan mencintai diri sendiri. Jangan mempersulit kebahagiaanmu sendiri dengan hal-hal yang sebenarnya jauh dari jangkauanmu.

Bahagia itu kamu yang menciptakan. Tidak melulu soal uang atau jabatan. Bahagia adalah bagaimana caramu menikmati hidup. Nikmati kebahagiaanmu sekalipun dengan cara yang sederhana.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya