Salah satu proses dari menjadi dewasa adalah menemukan jati diri dan nyaman dengan diri kita sendiri. Sayangnya, kita tidak pernah diajari cara untuk menemukan siapa diri kita sebenarnya. Seringkali saat kita sudah mengambil sebuah keputusan, kita masih dibuat bingung dengan nilai-nilai serta apa yang sebenarnya kita inginkan dalam hidup. Pada akhirnya kita tumbuh menjadi ‘orang dewasa’ yang tidak tahu apa yang memotivasi kita, kekuatan, passion dan tujuan hidup kita. Karenanya, kita mungkin sulit merasakan kepuasan batin. Hidup menjadi sekadar hidup namun tidak merasa hidup.

Dari mana kita harus memulainya? Sebenarnya kita tidak harus melakukan hal-hal memberatkan seperti yang dibayangkan untuk bisa menjawab siapa jati diri kita sebenarnya. Beberapa pertanyaan sederhana ternyata bisa membantu kita untuk lebih mengenal diri sendiri. Bukan berarti pertanyaan-pertanyaan ini bakal mudah untuk dijawab. Seiring berjalannya waktu, jika kita semakin nyaman dan yakin dengan jawabannya, itu juga berarti bahwa kita sudah menemukan jati diri kita yang sebenarnya.

1. Hal apakah yang sebenarnya membuatmu senang dan nyaman saat melakukannya?

Tahu kunci kebahagiaan diri sendiri via unsplash.com

Jawaban dari pertanyaan ini adalah sebuah daftar tentang hal-hal yang membuat kamu merasa senang dan excited, hal -hal yang memberi kamu inspirasi, energi positif dan menjadikanmu merasa lebih hidup. Hal-hal yang benar-benar berarti untukmu. Apapun itu, cobalah menuliskannya mulai dari siapa, benda apa hingga aktivitas apa yang membuatmu senang.

Misalnya saja, kamu benar-benar bersyukur dan menikmati keluarga dan teman terdekatmu, menulis, berkolaborasi dengan orang-orang kreatif, melukis, mengajar, berbagi ilmu, mengeksplorasi tempat baru dan bertemu dengan teman-teman baru. Jika kamu merasa kesulitan harus memulainya dari mana, coba lakukan dengan cara terbalik. Setiap kali kamu merasa senang, semangat, dan terinspirasi, tuliskan apa yang terjadi atau apa yang kamu lakukan. Dengan berjalannya waktu, kamu akan menemukan polanya, kok.

2. Hal apakah yang membuatmu benar-benar bangga dalam menjalani hidup?

Advertisement

Harus punya hal yang dibanggakan dalam hidup via unsplash.com

Ini adalah daftar tentang semua hal dalam hidup yang kamu banggakan dan membuatmu merasa sukses saat menjalaninya. Hal-hal yang bisa disebut dengan ‘prestasi’ ini terjadi saat kamu mengakses kekuatan dirimu. Ketika kamu menganalisa kesuksesanmu ini, coba analisa, apakah itu sebuah sikap, perilaku, tindakan atau strategi? Ini juga termasuk hal-hal yang dengan mudah bisa kamu kerjakan. Jika kamu ingin tahu apa kekuatanmu, coba analisa prestasi yang kamu dapatkan. Jadi, apapun yang kamu banggakan adalah kelebihan utama yang kamu miliki.

Misalnya, hal-hal yang membuatmu bangga adalah ketika kamu berhasil mengotak-atik gadget yang sudah lama tidak di-set. Karena ketidaktahuanmu, lantas kamu mencari tutorialnya lewat internet. Setelah hampir 1 jam akhirnya kamu berhasil dan hal in membuatmu bangga. Bisa jadi, kelebihanmu adalah rasa keingintahuan yang sangat dalam. Suka mengulik, gigih berusaha, dan tak pernah berhenti sampai melihat titik akhirnya.

3. Apakah impian yang ingin kamu wujudkan sebelum waktumu di dunia berakhir?

Mimpi yang harus terwujud biar hidup berarti via unsplash.com

Pertanyaan ini merupakan salah satu yang paling sulit untuk dijawab. Impian terbesarmu adalah takdir dan panggilanmu. Kelebihan yang kamu miliki adalah panggilanmu untuk bisa mencapai impian tersebut. Sedangkan passion-mu adalah tanda-tanda dan jalan untuk mencapai impianmu. Jika tidak ada batasan dan kamu benar-benar jujur dengan sendiri, coba temukan jawaban tentang apakah yang menjadi impianmu? Ingin jadi orang seperti apa kamu, dengan kualitas seperti apa? Ingin melakukan apa? Ingin menciptakan apa?

Dalam perjalanan menjawab pertanyaan ini, jawaban yang mungkin kamu temukan adalah saling menginspirasi satu sama lain. Caranya? Dengan menjadi diri sendiri, percaya pada kelebihan diri sendiri dengan benar-benar memaksimalkan passion untuk bisa mewujudkan impian.

4. Siapakah orang yang benar-benar bisa menginspirasimu?

Siapa sosok yang mengisnpirasimu? via www.sheknows.com

Kita cenderung mengidolakan seseorang karena orang-orang ini memiliki kualitas yang mirip atau yang kita inginkan tetapi mereka sudah berhasil mengalahkan hal-hal yang membatasi diri mereka. Berangkat dari kesamaan pandangan ini, cobalah untuk menuliskan 3 orang yang benar-benar mengisnpirasi hidupmu, lalu menuliskan kualitas-kualitas yang dimiliki orang tersebut. Bukan melulu tentang sukses, harta, bendanya, tapi karakternya.

Setelah kamu tahu kualitas-kualitas apa yang dimiliki oleh orang yang kamu idolakan, berarti itulah kualitas dalam dirimu yang saat ini perlu diasah. Dunia adalah cermin diri kita, kita hanya bisa melihat kualitas tersebut jika kualitas itu sudah ada di dalam diri kita.

5. Jika kamu memiliki akses ke uang yang sangat banyak, apa yang akan kamu lakukan?

Uang itu kekuasaan. Kira-kira jika memiliki kuasa, apa yang akan kamu lakukan? via unsplash.com

Jawaban yang diharapkan dari pertanyaan ini adalah selain keliling dunia, membeli rumah dan mobil impian, membeli semua barang-barang yang kamu inginkan, donasi ke keluarga dan charity, atau membuka usaha sendiri. Satu hal yang perlu dijadikan fokus untuk menjawab pertanyaan ini adalah, apa yang akan kamu lakukan dengan hartamu sebelum kamu meninggal?

Coba benar-benar pikirkan tanpa batasan. Rasakan apa yang benar-benar kamu ingin lakukan dan menjadikan dirimu berarti. Buatlah daftar sebanyak-banyaknya dalam waktu 15 menit. Lalu lihat dari 100 hal yang kamu tuliskan, manakah hal yang paling mencolok. Hilangkan segala batasan yang menghalangimu, dan bayangkanlah hal-hal luar biasa yang bisa kamu dapatkan sebelum namamu hanya akan menjadi kenangan.

6. Jika tidak ada batasan terhadap apa yang bisa kamu miliki atau lakukan di dunia ini, apakah itu?

Bayangkan jika tak ada batasan, kamu mau jadi apa? via unsplash.com

Seperti apa hidup yang paling ideal untukmu? Bayangkan jika kamu bangun di masa 5 tahun dari sekarang, seperti apakah hidupmu? Kamu tinggal dimana? Dengan siapa? Rumahmu seperti apa? Dikelilingi apa? Apa yang kamu lakukan? Apa pekerjaanmu? Bagaimana kamu membawa perubahan? Apa yang kamu lakukan di hari itu? Bisakah kamu membayangkannya dengan sangat detil untuk menjawab pertanyaan ini?

Kebanyakan orang yang melakukan hal ini akan mengalami kesulitan. Kenapa? Karena mereka merasa terlalu berangan-angan dan tidak realistis. Tapi, mimpi bukan tentang realita, tetapi mengajak kita untuk mendekatkan diri ke hidup yang benar-benar kita inginkan dan layak untuk kita dapatkan. Jika kita terlalu takut untuk bermimpi, bagaimana kita bisa mencapainya?

Jangan kuatir jika kamu tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dalam 1 malam. Tetapi ingatlah terus pertanyaan-pertanyaan ini, dan suatu hari nanti, kamu akan bisa menjawabnya dengan keyakinan tinggi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya