Mayoritas dari kita pasti sudah akrab dengan nasihat-nasihat yang mengatakan bahwa kita harus keluar dari zona nyaman. Bahkan Hipwee juga pernah nulis alasan-alasan kenapa kamu harus meninggalkan zona nyamanmu disini. Tapi sebenarnya pada saat seperti apa sih kita sudah masuk ke dalam zona nyaman? Lalu kenapa juga ya zona nyaman itu dikatakan bahaya buat kita? Nah, baca dulu yuk penjelasannya di bawah ini:

Yang Disebut Zona Nyaman Itu…

Zona nyaman adalah situasi dimana kamu benar-benar merasa aman, rileks, dan puas dengan apa yang saat ini telah kamu miliki. Ketika kamu terperangkap dalam zona nyaman, kamu nggak akan mau mencoba hal-hal baru atau mengambil risiko besar. Jadi ketika satu kesempatan datang, kamu mengabaikannya. Kamu bilang hidupmu sudah mapan, enak, nyaman, dan banyak sudah-sudah yang lainnya.

Bisa jadi kamu memang sudah mapan, tapi kamu nggak akan pernah bisa sukses kalau tenggelam dalam kemapanan itu. Calon orang-orang sukses paham bahwa zona nyaman itu jebakan hidup, dan betapa bahayanya jika terperangkap dalam zona “setan” ini.

Nah, emang apa saja sih bahayanya zona nyaman?

1. Zona Nyaman Menutup Kesempatanmu Untuk Tumbuh Dan Berkembang

menutup kesempatanmu untuk berkembang via farm8.staticflickr.com

Advertisement

Saat berada di zona nyamanmu, wajar untuk merasa puas dengan kehidupanmu. Namun sebenarnya kepuasan yang kamu rasakan itu adalah semu, karena kamu menutup mata terhadap berbagai perubahan dan kemajuan yang ada di sekelilingmu.

Padahal guys, perubahan itu ada dan akan selalu ada selama manusia masih menghembuskan napasnya. Akuilah bahwa alasanmu untuk menutup mata dan bergelung dalam zona nyamanmu hanyalah karena kamu terlalu takut untuk menghadapi ketidaknyamanan saat kamu menerima perubahan itu. Ketakutanmu pada perubahan itulah akan menutup kesempatanmu untuk tumbuh, berkembang dan bersinar layaknya mereka-mereka yang menjadi sukses dalam kehidupannya.

2. Berkutat Di Zona Nyaman Sama Dengan Menyulitkan Dirimu Sendiri

berada di zona nyaman sama dengan menyulitkan dirimu sendiri via farm3.staticflickr.com

Karena kehidupan selalu berubah, kita juga harus mau menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Mereka yang tetap stagnan dan terlalu takut untuk berubah akan ditinggalkan oleh kehidupan.Memang apa yang bisa kamu harapkan pada dirimu yang lebih asyik dalam zona nyamannya dan tidak ingin mengembangkan segala potensi yang dimilikinya di saat orang lain tengah sibuk menantang dirinya?

Sekarang kamu mungkin masih merasa bahwa hidupmu baik-baik saja. Tapi seiring berjalannya waktu baru kamu akan menyesal karena kamu terlalu asyik dengan zona nyamanmu. Usiamu menua, pengalamanmu minim, teman-temanmu kebanyakan telah sukses dengan pekerjaannya atau dengan usaha yang dirintisnya. Kalau sudah begitu kamu masih mau bermalas-malasan dengan zona nyamanmu?

3. Zona Nyaman Cenderung Membuatmu Berpikir Negatif

zona nyaman membuatmu cenderung berpikir negatif via farm8.staticflickr.com

Terlalu asyik dengan zona nyamanmu dengan tidak melakukan apapun akan membuat pikiranmu kosong. Tidak ada masalah yang harus kamu pikirkan, tidak ada kesibukan yang harus kamu kerjakan, dan tidak rencana yang harus dimatangkan. Pikiran yang kosong ini memiliki banyak dampak negatif lho untuk dirimu.

Selain memudahkanmu untuk kerasukan atau kesambet, pikiran yang kosong cenderung akan membuatmu memikirkan hal-hal negatif. Karena alasan-alasan ini pula pikiran kosong sering dikatai bakal diganggu setan.

4. Kamu Akan Dilanda Kebosanan Akut Dan Ketidakpuasan Terhadap Hidup

dilanda kebosanan akut via farm8.staticflickr.com

Zona nyaman juga akan membuatmu bosan tidak ketulungan terhadap kehidupanmu. Ditambah dengan kecenderungan berpikir negatif, kamu bisa semakin meratapi nasib. Kamu perlahan mulai merasa merasa terasing, merasa paling tidak beruntung dan tak ada satupun yang mengerti dirimu.

Padahal penyebabnya hanya satu: kamu terlalu nyaman berlama-lama dalam zona nyamanmu. Secara tidak sadar kamu menutup mata terhadap berbagai hal baru, pengalaman dan kesempatan baru untuk merasakan keindahan hidup yang sebenarnya datang padamu.

5. Perlahan Kamu Kehilangan Arah Dan Bingung Dengan Tujuan Hidupmu Sendiri

membuatmu kehilangan tujuan hidup via farm9.staticflickr.com

Berada dalam zona nyamanmu, secara tidak langsung berarti membiarkan dirimu hidup tanpa arah dan tujuan. Kamu tidak lagi memiliki motivasi yang membuatmu bersemangat memulai harimu. Kamu tidak lagi menikmati serunya menghadapi cobaan hidup yang tak bisa diprediksi. Kamu juga bingung sendiri tentang tujuan hidup yang sekarang kamu jalani.

6. Kamu Akan Kehilangan Banyak Kesempatan

kehilangan banyak kesempatan hidup via farm5.staticflickr.com

Orang-orang dapat meraih kesuksesan mereka karena selalu mencari-cari peluang dan kesempatan yang ada di sekeliling mereka.

Karena itu, mereka yang tidak berani keluar dari zona nyamannya tidak akan pernah bisa meraih kesuksesan. Kamu sudah cukup puas dengan hidupmu sehingga berbagai kesempatan yang datang padamu tetap saja terlihat tidak cukup baik untukmu.

7. Kamu Yakin Kamu Benar-Benar Bahagia Dalam Zona Nyamanmu?

hidup baru dimulai saat kamu berani meninggalkan zona nyamanmu… via farm8.staticflickr.com

Saat membaca artikel ini, atau di saat kamu sedang merasa stagnan dan jenuh dengan hidupmu, cobalah bertanya pada dirimu sendiri. Apakah kamu telah masuk dalam jebakan zona nyaman? Apakah kamu benar-benar bahagia dengan yang selama ini kamu lakukan? Atau apakah kondisimu saat ini adalah kondisi yang kamu cita-citakan sejak dahulu?

Tak perlu dengarkan komentar orang lain yang mungkin akan mengataimu kurang waras karena meninggalkan “kehidupan enak” yang selama ini kamu nikmati. Mulai cari tahu tentang apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidupmu dan terima kesempatan yang menghampirimu. Tak perlu ragu dan takut dengan resiko yang akan kamu hadapi, karena harusnya kamu percaya resiko tersebut akan sebanding dengan kepuasaan penuh yang akan kamu rasakan ketika kamu berani mengejar mimpimu.

Jika kamu masih ragu untuk keluar dari zona nyamanmu, maka renungkanlah motto organisasi Narcotics Anonymous di bawah ini:

“Insanity is doing the same things over and over again, expecting different results.”

masih nunggu apa lagi untuk keluar dari zona nyamanmu? Kamu tentu nggak mau kan ditinggalkan oleh kehidupan?