Muhammad Iman Usman adalah salah satu pendiri Ruangguru.com, sebuah situs yang menyediakan ruang untuk ‘belajar apapun dari siapapun’. Berbagai pilihan kelas belajar online maupun kelas privat offline ditawarkan lewat situs ini. Jadi para pelajar dari berbagai tempat di Indonesia bisa mencari guru privat sesuai kebutuhan dan kriteria mereka. Dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, tidak salah kalau Ruangguru disebut sebagai salah satu startup terdepan dalam bidang pendidikan.

Iman tampaknya benar-benar percaya terhadap tagline perusahaannya, bahwa kita bisa belajar apapun dari siapapun. Buktinya ketika ditanya siapa inspirasi terbesarnya hingga bisa berhasil jadi pengusaha sukses di usianya yang masih 24 tahun ini, Iman menjawab dengan singkat, Harry Potter. Bukan Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau pengusaha dunia lainnya, tapi uniknya justru serial fiktif tentang penyihir cilik karya J.K Rowling. Mau tahu bagaimana sosok anak muda gemilang Indonesia ini bisa belajar dan terinspirasi dari cerita fiksi tentang penyihir dengan bekas luka di dahi itu? Yuk, disimak bersama!

Hanya karena tak ingin lama-lama tunggu Harry Potter terjemahan Bahasa, Iman ‘memaksa diri’ belajar Bahasa Inggris. Sekarang, dia telah jadi pembicara internasional di lebih dari 30 negara

Jadi pembicara termuda di majelis PBB.

Dari belajar menerjemahkan Harry Potter sampai jadi pembicara termuda di PBB via changemakers.com

Percaya atau nggak, Harry Potter begitu membawa pengaruh besar dalam hidup seorang Iman. Awalnya mungkin terdengar sederhana yakni dari ketidaksabaran Iman menunggu versi terjemahan Harry Potter ke Bahasa Indonesia. Demi bisa membaca serial favoritnya lebih cepat, Iman memberanikan diri membeli versi asli Bahasa Inggris. Dengan berbekal kamus elektroniknya, Iman menerjemahkan kata per kata dalam buku tersebut sampai akhirnya dia tak lagi memerlukan bantuan kamus penerjemah. Kebiasaan chatting dengan komunitas pecinta Harry Potter internasional menjadikan kemampuan Bahasa Inggrisnya makin mumpuni. Begitulah awal sederhana bagaimana Harry Potter menginspirasi perjalanan hidup seorang Muhammad Iman Usman.

Tentunya tak semua orang bisa mengambil inspirasi kecil dari sebuah kisah fiktif dan menciptakan kesuksesan di dunia nyata, seperti halnya Iman. Titel pembicara dalam berbagai forum internasional, telah dikantonginya sejak masa kuliah di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Bahkan, cowok kelahiran Padang, 21 Desember 1991 ini juga berhasil terpilih jadi pembicara termuda di majelis PBB sebagai Duta Muda ASEAN saat usianya masih 19 tahun. Karena terinspirasi Harry Potter dan belajar Bahasa Inggris mati-matian, Iman sudah mengelilingi lebih dari 30 negara di dunia. Hebat ya?! Kita yang juga baca Harry Potter kok begini-begini aja ya?

Serial penyihir Hogwarts ini juga inspirasinya untuk membangun bisnis. Berjualan pernak-pernik Harry Potter adalah bisnis pertama yang digeluti Iman ketika usianya masih 14 tahun

Advertisement
Saat Iman bertemu dengan idolanya - Daniel Radcliffe sang pemeran Harry Potter.

Dari berjualan merchandise sampai bertemu aktor aslinya via youtube.com

Kecintaan Iman pada kisah fantasi Harry Potter begitu dalam. Karena Harry Potter-lah Iman sudah belajar jadi pengusaha di usia muda. Yup, di usia 14 tahun Iman sudah berjualan pernak-pernik Harry Potter di situs miliknya. Tapi disamping kecintaannya terhadap serial fiksi ini, jiwa kewirausahaan Iman memang sudah terlihat menonjol sejak usia dini. Ketika masih di bangku SD, Iman berinisiatif mendirikan perpustakaan kecil yang juga menawarkan jasa tutoring pada teman-temannya di teras rumahnya. Konsep yang nantinya disempurnakan dan direalisasikan melalui Ruangguru yang dirintis bersama sahabatnya, Belva Devara.

Meneladani Harry Potter yang selalu rela berkorban demi sahabat dan dunia sihir, Iman juga aktif mengikuti organisasi sosial dan program pengembangan masyarakat

20141209133405

Aktif bangun usaha yang tujuan utamanya kesejahteraan bersama via www.ziliun.com

Disamping sukses bisnisnya lewat Ruangguru, penjabaran kesuksesan hidup Iman Usman tentunya tak dapat dilepaskan dari segudang pencapaian akademis dan aktivitas organisasinya. Peraih nilai UN IPS tertinggi di Padang, Pemimpin Muda Indonesia 2008, Duta Muda ASEAN 2011, penerima nominasi Kick Andy Heroes 2011, Mahasiswa Berpretasi Utama Tingkat Nasional 2012, sampai UNICEF Young Innovator to Watch 2015, hanya sejumlah kecil predikat serta penghargaan yang diterima Iman. Di tahun 2009 Iman juga turut menggagas Indonesian Future Leader, organisasi pemuda non-profit yang bertujuan untuk memberdayakan anak muda Indonesia untuk program-program pengembangan masyarakat.

Berkat resume hidupnya yang luar biasa ini, Iman selalu berhasil mendapatkan beasiswa di hampir semua jenjang pendidikannya. Dari pertukaran pelajar AFS ke Jepang semasa SMA sampai jadi penerima Riady Scholar di tahun 2013 untuk menyelesaikan gelar master-nya di salah satu universitas paling bergengsi di dunia, Columbia University di New York. Dan ketika ditanya bagaimana dia bisa meraih segala pencapaian luar biasa tersebut? Inspirasinya adalah Harry Potter, sedangkan prinsipnya adalah kerja keras dan tak pernah bersembunyi dibelakang sebuah alasan untuk tidak melakukan sesuatu, just do it!

Nyatanya bahwa usia Iman yang masih 24, akhirnya bikin kita sadar kalau sukses memang nggak harus menunggu tua jika tak segan belajar apapun dari siapapun!

Sukses nggak harus menunggu tua.

Sukses tak harus menunggu tua via id.techinasia.com

Segala pencapaian Iman baik dalam bidang akademis maupun sosial bikin kita serasa ditampar. Bahwa kesuksesan harus diperjuangkan selagi tabungan energi masa muda kita masih penuh. Satu lagi nih, jangan sepelekan kecintaanmu pada tokoh atau cerita tertentu meski tak nyata sekalipun. Karena bisa jadi itulah yang akan menuntunmu pada banyak pencapaian seperti halnya kisah sukses Iman ini. Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk tokoh fantasi sekalipun. Seperti kecintaan Iman pada Harry Potter yang menuntunnya pada kesuksesan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya