Menggunakan jilbab sudah bukan lagi jadi hal yang aneh di Indonesia. Pemandangan wanita berjilbab di sekeliling kita sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa wanita Muslim yang tadinya tak berjilbab pun banyak yang memilih untuk mulai mengenakan penutup kepala yang wajib hukumnya bagi wanita pemeluk agama Islam ini.

Tanpa bermaksud mempengaruhi siapapun untuk berjilbab, kali ini Hipwee akan mengungkapkan hal-hal baik yang bisa kamu dapatkan saat memutuskan untuk mengenakan jilbab. Siapa tahu apa yang Hipwee ceritakan disini bisa memberimu pandangan baru tentang jilbab. Sudah makin ingin tahu apa saja kebaikan yang akan menghampirimu saat kamu mengenakan jilbab?

1. Jilbab Adalah Pintu Awal Untuk Jadi Pribadi yang Mau Berusaha Demi Memenuhi Ajaran Agama

Jilbab adalah pintu awal untuk jadi manusia yang lebih baik via aishah-amin-the-hijab-diaries.blogspot.com

Salah satu bukti keimanan adalah ketika kamu tak keberatan mengikuti aturan yang tertera di kitab suci agama yang kamu yakini. Bagi wanita Muslim, berjilbab jelas wajib hukumnya. Dengan memutuskan untuk berjilbab, kamu sudah menunjukkan niat baik demi menjadi hamba-Nya yang lebih taat.

Dengan berjilbab, kamu telah memperlihatkan upaya untuk jadi manusia yang tak keberatan berusaha demi menaati aturan agama. Memakai jilbab bukanlah hal yang mudah. Bagi yang tak terbiasa, rasa panas yang ditimbulkan dari keharusan menutup kepala bisa bikin mood rusak sepanjang hari.

Advertisement

Kamu yang mau berjilbab paling tidak sudah berusaha untuk mengalahkan diri sendiri demi berproses untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Kalau jilbab sudah bisa dilalui, bukan tak mungkin  ibadah lain yang lebih berat juga mulai bisa kamu lakoni ‘kan?

2. Gangguan yang Datang Padamu Tak Akan Lagi Berbunyi, “Cieee …Ciee” Atau “Suit, Suit!”. Melainkan “Assalamualaikum…”

Gangguan yang datang padamu akan berbeda via sghijabgirl.wordpress.com

Entah kenapa beberapa spesies pria di Indonesia punya hobi mengganggu perempuan yang sedang melintas di hadapannya. Keisengan mereka sering diungkapkan lewat suitan hingga godaan yang diungkapkan lewat kata-kata. Tapi, bagi cewek yang sudah berjilbab godaan yang kamu terima akan sedikit berbeda.

Kamu justru akan digoda dengan ucapan, “Assalamualaikum….” ketika melintas di dekat kumpulan pria kurang kerjaan ini. Tetap mengesalkan, pasti. Mau digoda dengan ucapan apapun sebenarnya yang mereka lakukan adalah tindakan yang sama sekali tak menghargai wanita. Tapi, paling tidak, kamu digoda dengan ucapan doa.

Jawab saja “Waalaikumsalam” dengan cepat dan singkat lalu buru-buru hengkang dari dekat mereka. Kemudian, doakan. Semoga mereka segera dapat pencerahan agar tak lagi suka menggoda wanita.

3. Kamu Tak Perlu Lagi Khawatir Saat Salah Potong Rambut. Pun Tak Lagi Harus Bingung Ketika Menghadapi Bad Hair Day

Salah potong rambut? Tak masalah via lookbook.nu

Berjilbab berarti menutup rambut dari pandangan orang yang bukan muhrim. Secara tak langsung, dengan berjilbab kamu punya kebebasan untuk mengeksplorasi gaya rambut. Mau menata rambut dengan model, warna, dan potongan apapun — hanya kamu dan orang-orang terdekat yang bisa melihat.

Selain kebebasan lebih untuk menata rambut sesuai keinginan, kamu pun tak harus lagi pusing saat bad hair day melanda. Toh rambutmu tertutup oleh jilbab. Buat cewek yang berjilbab, bukan bad hair day yang jadi ancaman. Melainkan saat bahan jilbabmu terlalu licin hingga sudah berantakan di tengah hari. Atau ketika kamu kehilangan jarum pentul yang krusial untuk mempertahankan bentuk jilbabmu, dan sedang tidak membawa cadangan jarum pentul lain di tas.

4. Pakaian yang Selalu Tertutup Lama Kelamaan Bisa Membuat Kulitmu Beberapa Tingkat Lebih Cerah

Lama kelamaan, kulitmu pun akan lebih cerah via purplescrapbook.blogspot.com

Keuntungan lain dari berjilbab adalah tanpa disadari, kamu bisa mendapatkan warna kulit yang beberapa tingkat lebih cerah. Hal ini bisa terjadi karena kamu mau tak mau menggunakan pakaian tertutup setiap harinya. Sinar matahari akan makin jarang menyapa kulit lengan dan kakimu.

Walau tetap menghadapi problema warna kulit tak merata di bagian telapak tangan dan wajah, namun di bagian tubuh lainnya kulitmu akan tampak beberapa tingkat lebih cerah. Tanpa perlu harus repot bersembunyi dari paparan sinar matahari atau repot mengenakan krim pemutih badan, warna kulit yang lebih terang bisa kamu dapatkan.

5. Peringatan Tentang Makanan yang Tak Halal Juga Akan Lebih Mudah Kamu Dapatkan

Akan ada orang yang mengingatkanmu soal makanan halal via refaldofanther.com

Ketika kamu mengenakan jilbab, orang akan dengan mudah mengerti bahwa kamu seorang Muslim. Saat kamu sedang melancong ke luar negeri dan hendak memesan makanan yang mengandung bahan tak halal, peringatan dari orang lain akan lebih mudah kamu dapatkan. Begitu pun ketika kamu memasuki restoran di dalam negeri yang bahan makanannya mengandung kaldu babi, minyak babi, atau ham. Pramusaji biasanya akan sigap mengabarkan bahwa ada makanan tak halal di restoran mereka yang tak bisa kamu coba.

Dengan berjilbab, secara tidak langsung kamu sedang meninggikan pengamanan diri dari bahan makanan haram yang mungkin mampir ke lidahmu. Orang-orang di sekeliling bisa turut mengingatkanmu untuk lebih berhati-hati.

6. Pria yang Mendekatimu Pun Lebih Bisa Diseleksi. Dia yang Tak Sejalan Akan Berpikir Dua Kali Sebelum Datang Menawarkan Diri

Pria yang datang juga bisa lebih diseleksi via lukihermantofotografix.wordpress.com

Berjilbab juga bisa memberimu sistem seleksi dini untuk pria yang datang mendekati. Dia yang tak sejalan secara iman dan keyakinan akan berpikir 2 kali sebelum menawarkan diri untuk mendampingi. Kamu yang berjilbab akan membuat pria yang hanya ingin main-main berpikir dua kali.

Walau gadis yang berjilbab tidak serta merta berarti punya keimanan yang tinggi, tapi secara penampilan kamu sudah terlihat berbeda. Pria yang berani mendekati wanita berjilbab biasanya adalah ia yang paling tidak seiman. Atau malah lebih baik, pria yang mendekati wanita berjilbab tak jarang pula adalah ia yang sudah punya gambaran jelas soal masa depan.

7. Jilbab Adalah Cara Terhalus Untuk Mengingatkan Diri Sendiri Agar Terus Menjaga Perilaku

Jilbab membuatmu tak lagi macam-macam via www.mylittlecreambutton.com

Orang-orang yang berjilbab punya satu kalimat andalan saat hendak melakukan sesuatu yang nyeleneh:

“Gak malu sama jilbab?”

Tak hanya sebagai penutup aurat dan penanda identitas, jilbab juga bisa jadi instrumen pengingat bagimu yang terus ingin menjaga perilaku. Dengan berjilbab, kamu akan berpikir puluhan kali sebelum melakukan sesuatu yang tak pantas dipandang orang lain. Kamu tak ingin memperburuk citramu dan citra jilbab yang kamu kenakan dengan melakukan sesuatu yang di luar batas.

8. Dengan Menutupi Lekuk Tubuh, Sebenarnya Kamu Sedang menghargai Kedaulatan Tubuhmu Sendiri

Kamu sedang menghargai kedaulatan tubuhmu sendiri via www.hautehijab.com

Menutup tubuh dari pandangan orang-orang yang tak berhak memandangnya adalah bentuk kedaulatan tertinggi yang bisa didapatkan oleh seorang wanita. Dengan berjilbab, kamulah yang punya kendali atas akses orang lain ke tubuhmu. Kamu bisa memilih kepada siapa kamu bisa membuka diri sepenuhnya, kepada siapa bentuk tubuhmu harus disembunyikan. Tren berpakaian pun bisa kamu pilah, mana yang bisa kamu kenakan dengan pantas dengan jilbab dan mana yang tidak.

Berjilbab membuatmu lebih punya kendali pada tubuhmu sendiri. Tidak ada orang yang bisa melihat lekuk dan bagian tubuh yang paling pribadi tanpa persetujuanmu. Adakah kemerdekaan yang lebih tinggi daripada ini?

Keputusan untuk mengenakan atau tidak berjilbab tetap ada di tanganmu. Apapun pilihanmu, semoga hati nurani yang paling jujur yang jadi panduanmu dalam menentukan sikap.

Selamat memilih! Doa dari tim Hipwee demi kebaikanmu tak pernah berhenti dipanjatkan dari sini 🙂