Selama menjalani hidup, tentu sudah banyak yang kamu alami. Dari yang menyenangkan sampai kurang diinginkan, semuanya telah kamu lewati. Sebagian besar dari pengalaman ini pun akhirnya jadi memori. Mendekam di pikiranmu selama ini.

Padahal, belum tentu juga menyimpan hal-hal itu ada manfaatnya. Justru ada banyak hal yang pantas kamu hapus selamanya — kamu buang karena tak banyak berguna.

Kalau hal-hal ini nggak ada lagi di hidupmu, dijamin kamu bisa berkembang lebih cepat dari biasa. Nah, hal-hal apa saja sih yang patut kamu hapus selamanya ini? Cek di bawah yuk!

1. Masa lalu sama mantan gak perlu dikenang. Kalian punya hidup masing-masing yang harus dijalani

Memandang masa lalu via shutterstock.com

Masa-masa bersama mantan memang tak perlu dikenang karena sama sekali tidak ada manfaatnya. Selain hanya membung-buang waktu, tentu secara tak langsung kenangan tersebut malah membuat kamu susah move on. Apalagi kalau kamu sudah bersama pasangan baru, teringat mantan bisa membuat hubungan kalian dilanda prahara.

2. Jangan lagi menyalahkan diri sendiri saat kamu gagal mengerjakan sesuatu. Buang perasaan negatif itu

Buang via wallpoper.com

Nggak cuma kamu — orangtua, pacar, sahabat, dan semua orang yang kebetulan semeja denganmu saat ini pernah gagal. Kegagalan adalah hal biasa dan kamu tak perlu bersedih untuknya dalam jangka waktu lama. Apalagi menyalahkan diri sendiri atas kegagalan tersebut. Apa yang sudah kamu alami meskipun itu sebuah kegagalan, anggaplah sebagai awal mula dari keberhasilan. Buang perasaan bahwa kamu tak akan mampu — bangkitlah dan lakukan yang terbaik bagi hidupmu.

3. Sudah bukan saatnya lagi kamu masih menyimpan amarah kepada orangtua. Sebaliknya, sayangi dan terimalah mereka

Mungkin kamu pernah kesal kepada orang tua, kadang malah hingga berlarut rasa itu dalam hati. Namun, kamu bukan anak kecil lagi yang dengan mudahnya marah kepada seseorang, apalagi kepada orang tua. Saat ini kamu telah tumbuh dewasa dan banyak hal yang sudah dialami.

Apa yang kamu dapatkan sekarang tak terlepas dari peran mereka. Dan seberapa sering pun kamu berantem, percaya deh — kebahagiaanmu cuma akan sempurna jika bisa mereka bahagia juga.

4. Buang jauh-jauh rasa kesal yang ada pada teman. Nggak ada manusia yang sempurna, bukan?

Buang kemarahanmu via www.glogster.com

Tentu kamu tahu bahwa tak ada manusia yang sempurna. Dengan demikian, siapa saja wajar melakukan kesalahan, begitupun dengan dirimu. Oleh karenanya, buang jauh-jauh rasa kesal yang kamu miliki terhadap teman. Karena pada dasarnya manusia tidak pernah selesai melakukan salah dan suatu saat akan melakukan kesalahan lagi. Jadilah contoh yang baik dengan membuang rasa kesal dan berperilaku baik sewajarnyalah kepada mereka.

5. Membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain sama sekali tak ada manfaatnya. Kalian punya jalur yang berbeda — buat apa dijadikan sama?

Udah lah. Nggak usah membanding-bandingkan via bahasa.aquila-style.com

Kadang, kamu iri dengan orang lain. Apa yang mereka punya membuatmu jadi sering membanding-bandingkan, meskipun orang tersebut tak ada masalah denganmu. Perasaan yang seperti ini tak ada manfaatnya, malah yang ada kamu terus-terusan membanding-bandingkan. Ikhlaslah terhadap apa yang sudah kamu punya dan percayalah kalau kamu dan mereka sudah punya hidup masing-masing. Jalani saja hidupmu sekarang dan lakukanlah yang terbaik.

6. Berhentilah khawatir berlebihan. Jangan sampai itu menghalangi dirimu meraih cita-cita di masa depan.

Berhenti khawatir, Sayang via confusedlarch.tumblr.com

Pernah merasa khawatir saat kamu ingin mengerjakan sesuatu? Hal seperti itu pasti pernah terjadi, apalagi yang kamu kerjakan itu merupakan hal baru bagimu. Namun, jangan sampai hal ini menjadi penghalang untuk meraih cita-cita. Kamu harus ingat bahwa di depan sana ada banyak hal yang sudah menantimu untuk diraih. Mereka menunggu pencapaianmu segera mungkin. Buanglah rasa khawatir itu dan ganti dengan semangat agar cita-citamu mudah digapai.

7. Agar kesehatan selalu terjaga, buang hasratmu untuk makan junk food. Gantilah dengan mengonsumsi makanan lebih sehat dan bermutu!

Sehat Mbak? via blog.mediabakery.com

Tak hanya mengenai perasaan dan pikiran, tapi kamu juga perlu membuang hal-hal tidak bermanfaat pada tubuh. Misalnya saja yang dapat mengganggu kesehatan seperti mengonsumsi makanan junk food. Karena junk food memang tak baik bagi kesehatan, maka sebaiknya kamu hindari. Buang jauh-jauh makanan yang tak bermanfaat karena hanya menyia-nyiakan waktu dan tubuhmu saja.

8. Tak hanya junk food, junk file pada smartphone Android juga. Daripada menumpuk, lebih baik buang saja!

buang via rsvpmagazine.ie

Apa yang kamu punya dan harus dibuang ternyata memang nggak sekadar apa yang ada dihati dan pikiran, tapi juga barang-barang yang dimiliki. Kalau kamu berniat menjaga kesehatan tubuh dari junk food, mengapa tak sekalian juga menjaga kesehatan smartphone dari junk file? Apalagi, smartphone sudah jadi bagian dari hidupmu sehari-hari. Kamu tentunya akan repot kalau hidup tanpa ini.

Kalau junk food bisa merusak tubuh, hal ini pun sama dengan junk file yang ada pada smartphone android-mu. Saat ini ada acara yang cukup berbeda untuk membuang junk file dari smartphone, yaitu dengan menggunakan feature baru di dua aplikasi Baidu. Pada aplikasi DU Speed Booster dan DU Battery Saver yang sudah kamu punya, sekarang sudah ada menu baru Trash Dash.

DU Trash Dash adalah permainan HTML sederhana yang
akan membantumu menghapus file-file gak berguna.
Kamu tinggal main game dari DU Trash Dash saja!

Bagimu yang masih mengabaikan junk file, sebaiknya mulai sekarang diperhatikan ya. Karena semakin jarang dibersihkan, maka kinerja smartphone akan melambat.

Wah, kalau mau hidup terus berkembang, tentunya kamu harus punya gadget yang mendukung, dong? Makanya, pelihara gadget kamu dengan DU Trash Dash yuk!

Hal-hal tak penting dalam hidup memang sebaiknya kamu buang. Karena biasanya hal itu memang tidak bermanfaat disimpan lama-lama. Buat apa juga kamu simpan kalau hanya menghabiskan waktu dan tenagamu. Buang dari sekarang yuk biar hidupmu lebih bermakna dan berkualitas. 😉