Ada kalanya kamu tak mempedulikan status jomblomu ini, dan percaya kalau jodoh memang datang di waktu yang tepat. Toh selama ini kamu pun tak menutup diri. Tapi, ada kalanya juga kamu baper sendiri dengan omongan serta pertanyaan orang yang keluar masuk telinga. Mulai dari alasan kenapa belum punya pacar, sampai dicap tak laku-laku.

Rasanya ingin sekali marah, tak hanya kepada orang yang bertanya atau berkomentar, tapi juga ke diri sendiri. Kenapa sih sampai pertengahan usia kepala dua ini belum punya tambatan hati. Sementara teman-temanmu yang lain kalau tak sudah tahunan pacaran, ya sudah berumah tangga. Sulit memang berada di keadaan seperti ini, kadang kekesalan tadi berujung kesedihan. Tapi keadaan seperti ini juga yang harusnya buatmu lebih bijak dengan berpikir, kalaupun belum punya pasangan, kamu masih memiliki beberapa hal ini.

1. Punya kesempatan merasakan hidup sampai detik ini dengan jiwa dan raga yang sehat

Sehat jiwa dan raga

Hal pertama yang sering kamu lupakan. Padahal ini hal utama yang perlu kamu syukuri setiap pagi saat dirimu masih bisa membuka mata, menghirup udara, mendengar keriuhan pagi, merasakan tubuhmu yang terasa segar dan sehat. Bukankah memiliki hidup sama dengan memiliki harapan, salah satunya ya soal pasangan masa depan.

2. Biarpun tak ada kekasih, toh hidupmu tak sepi, karena keluarga dan teman masih kamu miliki

Kakak via dylandsara.com

Advertisement

Kesepian itu kamu sendiri yang menciptakan, dan tak ada pasangan pun bukan penyebab utamanya. Toh sebenarnya masih ada orang lain di hidupmu, seperti ayah, ibu, adik, kakak, sepupu-sepupumu hingga teman-temanmu. Mereka juga bukan orang-orang yang dengan begitu saja meninggalkanmu sendiri. Karena setiap kali ada waktu luang mereka mengajakmu berkumpul, berbincang, sampai bercanda menetawakan apapun yang ada di hidup ini. Kadang juga bisa sangat seru dengan travelling bareng atau sekadar makan-makan.

3. Penghasilan sendiri, biarpun nominalnya tak banyak tetap saja bisa kamu gunakan sesuka hati

Belanja via www.rd.com

Di usia 25-an kamu pasti sudah punya penghasilan sendiri ‘kan? Setidaknya kamu punya uang sendiri, tak perlu lagi minta orangtua, malah kadang kamu memberi ke mereka. Paling penting lagi, sedikit atau banyak gajimu tetap saja kamu bisa menggunakannya sesuka hati, asalkan tak terlalu berlebihan dan dirimu masih memikirkan tabungan masa depan.

Biarpun bahagia tak bisa dibeli dengan uang. Tapi paling tidak penghasilan sendiri ini bisa jadi bukti kalau belum ada pasangan atau tidak kamu tetap punya segalanya.

4. Saat temanmu yang punya pacar tak punya banyak waktu untuk sendiri, sementara kamu kapan pun bisa memanjakan diri

Memanjakan diri via www.pexels.com

Akhir pekan atau liburan memang menyenangkan kalau dihabiskan dengan orang-orang terkasih. Tapi bukankah dirimu kadang membutuhkan waktu untuk menyendiri dulu. Menyendiri bukan hanya merenung, tapi memanjakan diri. Kamu bisa maskeran wajah plus rambut sambil bersantai di kamar sendiri. Setelah itu bisa lanjut luluran. Bisa juga dengan pergi ke spa untuk rileksasi. Dan pastinya kamu punya banyak waktu untuk melakukan itu semua. ‘Kan tak ada jadwal kencan sampai seharian penuh dengan pacar.

5. Punya kebebasan untuk sekadar nongkrong atau jalan dengan temanmu yang cowok, selama mereka bisa dipercaya menjaga kamu

Jalan sama teman cowok via www.nessakphotography.com

Bukankah saat ini kamu nggak perlu khawatir ada yang marah atau merasa tersinggung saat dirimu memutuskan untuk ikut nongkrong bareng teman-temanmu yang cowok. Bukannya ingin merasakan hidup bebas sebebas-bebasnya, tapi setidaknya saat ini kamu bisa mengambil keputusan tanpa ada intervensi dari pihak luar. Toh sudah sebesar ini, orangtuamu pun memberi kepercayaan penuh kepadamu untuk persoalan pergaulan. Selama semua ada di jalur yang aman dan wajar ya santai saja.

6. Rata-rata punya pasangan mengharuskanmu berhati-hati dalam bersikap, tak seperti sekarang ini bebas berekspresi

Bebas berekspresi via www.nessakphotography.com

Jangan pakai baju itu, Yang, terlalu seksi deh kayaknya.

Kamu yakin mau ikut kemping, pesertanya kebanyakan cowok semua lho.

Kamu nih suka banget ngobrol sama orang asing.

Sementara sekarang ini, tak ada cowok yang mengharuskanmu menjaga sikap. Kamu bisa dengan leluasa berekspresi atau melakukan kegiatan apapun. Sedangkan orangtuamu masih sama cuma berpesan, “jangan lupa jaga diri saja, dan hati-hati dalam pergaulan dimanapun dan dengan siapapun,”.

Hal-hal seperti tadi yang seringnya kamu lupakan karena satu ambisi memiliki pasangan. Padahal kalau saja kamu bersyukur, hidup ini terasa lebih mudah begitu halnya soal jodoh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya