Banyak hal yang mungkin jadi pikiran hampir kebanyakan orang kalau melihat teman yang sukanya menyendiri, seperti orang yang nggak suka bergaul. Kepolosan dan keunikan yang mereka miliki kadang jadi bahan gunjingan teman-teman yang lain. Tapi apakah kamu yang sering dicap kurang gaul itu memang seaneh itu? Tentunya pikiran negatif seperti ini banyak cacatnya, karena di balik penampilan dan sifatmu, orang lain sejatinya tak pernah tahu kelebihan dari dirimu.

Bisa saja bagi kamu sikap untuk asyik dengan diri sendiri adalah cara yang paling ampuh untuk memaknai hidup dan belajar banyak hal. Namun nggak menutup kemungkinan kamu sedang dirundung masalah. Tapi apapun itu ambil positifnya deh, kamu pasti punya pertimbangan sendiri dan tentunya memiliki kelebihan yang nggak dipunyai kita dan teman-teman yang lain.

1. Kepolosanmu itu tanda, bahwa mereka ini belum terkontaminasi hal-hal di luar sana yang merugikan

Masih jernih dan murni nih pemikirannya… via www.pexels.com

Memangnya, kalau pun bergaul dan akrab dengan dunia luar jadi semakin baik? Malah, kalau kita sesukanya bergaul dan dunia dimaknai dengan ngawur akan membimbing kita pada kesesatan dan perundungan yang kacau. Kalaupun ingin jadi orang yang pandai bergaul, mereka juga mengenali diri sendiri. Beruntunglah mereka yang masih asyik menata sikap dan perhatian kepada diri sendiri.

2. Kadang saat sedang sendiri, kamu jadi lebih mudah belajar banyak hal, sebab fokusmu tak terbagi-bagi

Imajinasi dan kerja nyata harusnya seimbang sih ya… via www.pexels.com

Advertisement

Waktu memang mahal, nggak ada yang jualan waktu. Seringnya waktu terlewatkan begitu saja dengan kegiatan yang nggak berfaedah, membuat siapapun terlambat untuk sekadar mengenal dirinya sendiri. Sementara kamu yang lebih punya waktu menyendiri lebih banyak dan jarang bergaul lebih sering mengisinya dengan belajar serta mengamati banyak hal. Hal seperti ini yang membuatmu pun terbiasa fokus dengan satu hal. Wajar kalau orang seperti kamu biasanya cerdas-cerdas.

3. Bukan berarti tak suka punya banyak teman atau sulit bergaul, tapi kamu memang punya banyak hal yang bisa dilakukan bersama keluarga

Buat siapapun memang keluarga tempat paling nyaman via www.pexels.com

Kadang orang lain kepalang skeptis menilai orang-orang yang jarang ke luar rumah dan bergaul dengan teman. Padahal kamu sendiri aslinya mau-mau saja bergaul dengan banyak orang. Meski alasan untuk sering berada di rumah pun memang lebih banyak, salah satunya ya menghabiskan waktu bersama keluarga. Seperti saat akhir pekan, kamu lebih sering memilih sibuk membantu keluarga di rumah, entah itu pekerjaan rumah biasa, atau mungkin bantu usaha orangtua seperti berjualan di toko sembakonya.

4. Rasa malu-malu yang kadang buatmu lebih banyak diam, meski aslinya pikiran serta hatimu berbicara atau mengkritisi banyak hal

Sekali diberi kesempatan bicara pun mereka kadang memendam beberapa hal… via www.pexels.com

Kadang kamu juga sedikit bicara. Tipikal orang sepertimu memang hemat kata dan nggak mau ribet dengan perdebatan lisan. Tapi dalam hati, kamu adalah sosok yang cerewet. Tak heran jika kamu menuliskan sesuatu mengenai suatu hal, pemikirannya jadi kritis dan banyak hal yang bisa dikemukakan.

5. Kepolosanmu itu tanda kalau kamu punya rasa penasaran yang terlampau tinggi, tapi sayangnya dirimu lebih suka menyendiri

Rasa penasarannya tinggi nih… via www.pexels.com

Orang yang jarang bergaul banyak tipikalnya, salah satunya itu kamu yang selalu banyak pertanyaan, sebab dirimu selalu dirundung rasa penasaran. Hari-harinya akan disi dengan banyak hal tentang pertanyaan. Sampai kadang kamu sendiri mempertanyakan, apa salah kalau kamu tak punya banyak teman? atau pertanyaan lain tentang sikap serta pandangan orang terhadapmu.

6. Bukan malu atau takut, mereka sepertinya punya dunia sendiri yang penuh imajinasi dan pemikiran yang unik

Imajinatif dan punya pandangan yang unik biasanya… via www.pexels.com

Sebab dunia yang kamu hadapi adalah semua hal tentang ketenangan. Kamu punya banyak waktu untuk merangkai imajinasi. Nggak jarang kan para ilmuwan dan penemu di dunia ini kebanyakan bukan tipikal anak gaul yang unggul di kalangan pertemanan.

7. Kamu punya banyak cara untuk berbahagia. Tak seperti orang pada umumnya yang perlu banyak teman untuk

Beruntung sih mereka yang bisa bahagia tanpa kehadiran teman… via www.pexels.com

Hanya dengan mengamati dunia luar, kamu bisa menemukan hal yang nggak pernah di pikirkan orang lain. Karena kamu punya sudut pandang yang unik, mengharuskan dirimu melihat banyak hal sedetail mungkin. Kebahagiaan terbaik kamu sendiri, saat dianggap berhasil oleh orang-orang terdekat.

8. Kamu sosok yang sayang sekali dengan keluarga, sebab buatmu keluarga satu-satunya tempat paling nyaman di dunia

Hang-out pun kadang harus bareng kakak adik… via pixabay.com

Keluarga buatmu tempat dimana rasa tenang, nyaman dan aman berkumpul. Karena itu orang-orang terkasih tersebutlah yang jadi pondasi kebahgiaanmu. Kamu mencintai keluarga dan tak hanya berusaha berbakti kepada orangtua, tapi juga mengusahakan diri agar tak mengecewakan mereka termasuk kakak atau adikmu sendir..

9. Walaupun jarang bergaul, sekalinya punya teman, kamu sudah pasti setia dan loyalnya kebangetan

Sahabat setia dan nyaman buat curhat… via pixabay.com

Berbahagialah orng-orang yang bersahabat denganmu. Karena cap kurang pergaulan yang ada di dirimu jadi penanda kalau kamu tipikal orang yang loyal dalam pertemanan. Saat itu pula, kamu banyak mengeluarkan isi hati, curhat dan berbagi pengalaman.

Positif kan? Jadi, jangan menilai orang dari pergaulan, kita sama-sama nggak tahu apa yang ada di benak masing-masing. Begitu juga antara kita dan mereka, di antara kita pasti punya sisi rahasia, privasi kita sendiri bagaimana melihat dunia luar. Sebenarnya nggak ada bedanya, semua sama kok buat mereka yang kurang bergaul, atau pun kita yang kadang kebablasan bergaul. Semua sama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya