Banyak dari kita yang sudah tak asing lagi dengan beberapa tembang hits milik penyanyi bernama lengkap Raisa Andriana ini. Dari lagu sendu yang mampu bikin sakit dada seperti Apalah Arti Menunggu, hingga yang bernada ceria penuh pesan optimisme seperi Melangkah. Ada satu hal yang mungkin nggak disadari oleh banyak dari kamu. Yakni banyak lagu Raisa yang punya pesan kuat tentang perempuan. Bahwa perempuan jauh lebih tangguh daripada pria dalam hal sembuhkan luka. Mereka lebih bisa memaknai patah hati sebagai bagian dari proses pendewasaan. Sepahit apa kisah cinta yang lalu, perempuan selalu punya cara untuk kembali percaya cinta dan optimis menghadapi masa depan. Seperti makna yang terkandung dalam 6 lagu Raisa berikut ini.

1. Serba Salah. Kalau hubunganmu sudah menampakkan ketidakjelasan, berani mengambil keputusan untuk mengakhiri, pertanda kamu pribadi yang berani

Bukan
Karena rasa itu t’lah sirna
Maafkanlah
Kuhanya tak ingin
Ku tak ingin, ku tak ingin
Ku terluka
Karena cinta

Hubungan yang nggak jelas arahnya malah bikin kamu lelah. Bimbang berkepanjangan antara masih sayang namun sudah malas menghadapi permasalahan yang tak kunjung usai. Daripada saling menyakiti kalau dilanjutkan, baiknya kamu yang berinisiatif untuk mengambil langkah. Sudah nggak zamannya lagi cewek hanya menunggu ketuk palu dari cowok. Nggak perlu khawatir bakal putus komunikasi. Walau sudah tak lagi berkomitmen, kamu dan dia masih bisa kok menjalin pertemanan. Putus bukan berhenti menyayangi, tapi sesederhana berhenti untuk saling menyakiti.

2. Apalah Arti Menunggu. Menunggu seseorang terlalu lama itu sia-sia, masih banyak mimpi yang harus kamu kejar. Hanya cewek tangguhlah yang berani berhenti menanti sesuatu yang nggak pasti

Dahulu kaulah segalanya
Dahulu hanya dirimu yang ada di hatiku
Namun sekarang aku mengerti
Tak perlu ku menunggu
Sebuah cinta yang semu

Nampaknya ini menjadi permasalahan klasik kaum hawa. Jatuh cinta diam-diam dengan seseorang, sampai rela menantinya hingga bertahun-tahun. Memang sih, punya rasa yang cukup dalam seseorang itu hal yang lumrah. Tapi, sebagai cewek kamu berhak untuk bahagia. Apa iya, membiarkan perasaan terus bersemayam itu baik untukmu ke depannya? Sangat disayangkan kalau waktumu terbuang percuma hanya untuk satu orang yang belum pasti menjadi jodohmu. Karenanya, hanya perempuan yang tangguhlah yang bersedia untuk move on. Nggak mesti melupakan, yang penting bersedia membuka hati untuk yang baru.

3. Bye bye. Sudah kodratnya cewek, apa-apa pakai hati. Tapi kalau dia yang kamu sayang nggak memperlakukanmu dengan baik, meninggalkannya pertanda kamu pribadi yang tegas

Advertisement

Bye bye.. yeah
Say bye bye..
Say bye bye.. yeah
If he doesn’t treat you right then who is he to stick around just say goodbye.. ooh

Menjadi perempuan, nggak berarti kamu haram untuk mengambil tindakan. Jika dia yang kamu cinta tak pernah membuatmu bahagia, jangan ragu untuk meninggalkannya. Kamu boleh saja menjadi pribadi yang lemah lembut. Namun, tunjukkan padanya bahwa dibalik kelemah-lembutanmu, kamu sebenarnya pribadi yang tegas. Dengan begitu, dia tak akan meremehkanmu lagi. Seperti lagu Bye bye miliknya Raisa satu ini.

4. Usai Di Sini, cewek tangguh tak pernah takut jadi single. Entah ditinggalkan atau meninggalkan, mereka akan tetap percaya cinta

Bukannya aku mudah menyerah

Tapi bijaksana

Mengerti kapan harus berhenti

Ku kan menunggu tapi tak selamanya

Banyak yang bilang bahwa perempuan jauh lebih tangguh menghadapi kesendirian. Mereka lebih paham caranya menikmati hidup. Memilih tidak berkomitmen dengan siapa-siapa dimaknai sebagai kesempatan untuk bebas mengembangkan diri. Hubungan yang gagal di masa silam, tak lantas membuat jera untuk percaya cinta. Perempuan selalu tahu caranya kembali jatuh cinta. Seringnya cewek lebih bijak dari pada cowok dalam hal memaknai patah hati sebagai bagian dari proses pendewasaan diri. Jatuh cinta, patah hati, dan nggak takut untuk kembali percaya cinta.

5. Melangkah, tentang bagaimana perempuan mampu sembuhkan luka. Untuk menjadi tangguh pantang bagimu terjebak masa lalu

Ohhh Dan
Tak ku sesali
T’lah ku lupakan dirimu
Tak mengapa aku melangkah
Sendiri dapat ku jalani

Semua cewek pasti berangan untuk punya kisah cinta yang mulus dan nggak drama. Sayangnya, harapan dan kenyataan selalu punya jalannya sendiri-sendiri. Hubungan yang kamu harap bisa berjalan dengan langgeng, justru berakhir dengan pahit. Tapi, pada akhirnya cewek selalu mampu menyembuhkan luka. Mereka enggan berlama-lama terjebak dengan rasa sakit. Seperti lagu Raisa yang satu ini, yang menunjukkan betapa optimisnya cewek menghadapi masa depan pasca patah hati.

6. Jatuh Hati, mengagumi seseorang tanpa harus memiliki. Pertanda bahwa kamu pribadi yang kuat untuk mencintai

Ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu
Terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia
Kuharap kau tahu bahwa ku terinspirasi hatimu
Ku tak harus memilikimu, tapi bolehkah ku selalu di dekatmu?

Ketika seorang cewek sudah benar-benar jatuh hati, mereka tak lagi peduli tentang arti memiliki. Bisa berada di dekatnya saja sudah cukup membuat bahagia. Hanya cewek yang paham hal ini. Bukannya pengecut untuk memperjuangkan, tapi terkadang perasaan pada seseorang jauh lebih bermakna ketika tidak dilantangkan. Ini jadi bukti kalau kebanyakan cewek adalah pribadi yang kuat untuk mencintai. Kira-kira kamu banget nggak nih?

Kalau sudah mendengar 6 lagu di atas, kamu bakal berhenti memandang cewek sebagai makhluk yang lemah. Sebaliknya, mereka adalah pribadi tangguh yang bijak memaknai rasa sakit sebagai bagian dari proses pendewasaan diri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya