Berapa banyak majalah atau buku tentang kepribadian yang udah kamu baca? Atau, berapa kali kamu harus pasang muka “pura-pura paham” ketika ibumu mulai ceramah soal gimana caranya jadi cewek yang baik?

Well…kalau kamu memang punya keinginan jadi “cewek yang baik”, sebenarnya ini kebiasaan-kebiasaan tipikal cewek yang menurut Hipwee harus dipikir ulang sebelum kamu lakukan:

1. Foto Muka Bebek

foto muka bebek via www.wowkeren.com

Nggak tau mulainya kapan, tapi tren yang satu ini emang bertahan banget ya, girls! Entah kenapa cewek-cewek hobi banget foto dengan bibir yang dimonyong-monyongin. Mungkin biar keliatan seksi, wajahnya jadi lebih tirus, atau emang lagi males difoto? Entahlah…

2. Nyinyir

nyinyir via detectenergy.com

Advertisement

Ini lho, kebiasaan cewek yang wajib banget segera dihentikan. Yup, nyinyir alias ngomongin orang! Mending sih kalau ngomongin yang baik-baik, misal:

“Wah, alhamdulilah ya rajin sholat. Calon istri idaman, tuh!”

Tapi, nyinyir identik sama ngomongin yang jelek-jelek, misal:

“Ih, liat deh cewek itu, bajunya alay banget. Ya elah, padahal mukanya nggak cakep-cakep amat!”

3. Cewek Dandan Berarti Bodoh?

cewek dandan = bodoh ? via www.thebeautyexperts.net

Menganggap kalau cewek-cewek yang suka dandan dan memperhatikan penampilan itu bodoh jelas nggak sepenuhnya benar. Banyak kok cewek-cewek yang punya paket komplit: cantik, bisa dandan, dan pintar. Memang, ada juga yang cuma bisa dandan, tapi males mikir. Tapi bukan berarti kalau cewek yang nggak dandan otomatis juga nggak males mikir. Intinya, jangan menilai seseorang dari luarnya aja.

4. “Oh, I Hate Drama!”

oh, i hate drama via www.keepcalm-o-matic.co.uk

Biasanya, cewek-cewek yang bilang “I hate drama!” adalah justru yang paling dramatis di antara kaumnya. Ya udah sih kalau cewek emang suka drama-drama nggak jelas. Mungkin itu semacam anugrah atau takdir.

5. “Aku Nggak Apa-Apa Kok Makan Di Warteg. Yang Penting Temen Makannya, Bukan Tempat Atau Makanannya.”

aku nggak papa makan di warteg via www.flickr.com

Biasanya, kata-kata ini sengaja dipakai sama cewek-cewek yang lagi nge-gebet cowok berduit. Biar nggak dibilang matre atau mata duitan, keluarlah kata-kata sakti ini.

Kalau emang beneran nggak masalah buat makan di warteg, nggak perlu diomongin juga kali…

6. Cowok, Cowok, Dan Cowok

mikirin cowok terus via loved-and-lost.blogspot.com

Nggak ada cowok berarti dunia kiamat. Nah, cewek yang punya pemikiran semacam ini emang bikin males. Menganggap kalau pacar atau gebetan itu yang terpenting. Kemudian, mengabaikan sahabat-sahabat cewek yang sebenarnya justru paling peduli.

7. “Temenan Sama Cowok Lebih Enak Daripada Sama Cewek”

pilih berteman sama cowok via cutelovepics.wordpress.com

Yakin temenan sama cowok lebih enak daripada sama cewek? Kalau mau ngomongin PMS, haid nggak lancar, cari shampo yang cocok, atau merek bra yang bagus, bisa nggak sama teman cowok?

Bagaimanapun kamu tumbuh sebagai cewek yang secara alamiah emang butuh teman cewek. Banyak hal yang nggak dimengerti cowok dan cuma bisa dijelaskan pada sesama cewek. Begitu juga sebaliknya, ketika berteman sama cowok dan jadi satu-satunya cewek dalam acara mereka, kamu bakal merasa canggung.

8. Selalu Jadi Headline

ngomongin masalahmu via infed.org

Pernah nggak mengalami punya teman cewek yang hobi banget curhat? Setiap kali ketemu, dia bakal jadi pembicara dan kamu cuma pendengar. Topiknya cuma seputar masalah pribadi dia, mulai dari cowok, kerjaan, sampai keluarganya. Kamu nggak pernah punya kesempatan buat ngomong.

Nah, sebel nggak sama teman yang seperti itu? Kalau udah tau betapa menyebalkannya jadi korban, jangan pernah bersikap seperti itu ke temanmu.

9. Eksis Agak Kelewatan

exist-nya kelewatan via newstotalk.com

Boleh kok kalau pengen eksis di media sosial. Tapi, dipikir-pikir juga — dalam sehari, berapa kali kamu update status, nge-tweet, atau posting foto? Kalau tujuanmu jelas sih nggak apa-apa. Misal, pengen kampanye menolak reklamasi Bali atau mengkritisi pemilu presiden kemarin. Posting selfie juga nggak apa-apa kok! Asal jangan posting 10 selfie yang berbeda dalam sehari. Kalau sudah begini, mungkin kamu lelah…

10. Suka Ngeluh

suka mengeluh via www.spinedu.com

Girls, semua orang di dunia ini punya masalahnya masing-masing. Jangan mengeluh sambil merasa jadi orang paling menderita se-dunia. Di luar sana masih banyak orang yang nggak seberuntung kamu.

Jadi, kalau kamu mengeluh cuma gara-gara lagi bokek atau kesepian di malam minggu, kamu harus cepat bertobat.

11. Terobsesi Sama Mantan

terobsesi sama mantan via tutzone.org

Banyak cewek mengalami yang namanya terobsesi sama mantan. Mereka biasanya belum bisa move-on walaupun udah putus dalam waktu lama. Selain stalking akun media sosial si cowok, cewek yang obses biasanya nggak pernah capek buat cerita tentang mantannya.

Nah, yang jadi korban adalah teman-teman si cewek yang biasa jadi pendengar. Bukan lagi sebel, mereka biasanya udah sampai di level muak.

12. Sok Cool!

nonton bola biar keren via www.demotix.com

Salah satu sifat cewek yang lumayan menyebalkan adalah bersikap sok cool. Biasanya, sikap ini ditunjukkan saat berada di lingkungan baru atau bertemu orang-orang baru. Sok jagoan, sok ngerti bola, sok jago basket, dan sok-sok lainnya.

13. Kekeuh, Nggak Mau Terlihat Menangis

nggak mau keliatan nangis via ardie.hubpages.com

Nah, kalau yang satu ini namanya sok kuat! Punya perasaan yang lebih sensitif dan lembut, nggak ada salahnya kalau cewek jadi mudah menangis. Menangis bukan berarti cewek itu lemah atau rapuh. Tapi, lebih pada meluapkan perasaan agar setelah itu merasa lega.

14. Nggak Mau Speak-Up

nggak mau speak-up via christians.deviantart.com

Walaupun nggak terjadi sama semua cewek, kebanyakan cenderung bersikap pendiam dan nggak mau banyak omong. Sama pacar atau sama teman, cewek lebih milih bilang ‘iya’ atau ‘oke’ walaupun sebenarnya dia nggak setuju.

Akhirnya, cewek cuma bisa memendam apa yang sebenarnya ia inginkan. Kalau terus-terusan seperti itu, apa nggak makin banyak kerutan di wajah, tuh?

15. Manja

Sesekali bersikap manja sama pacarmu sih boleh-boleh aja, misal lagi capek dan minta diantar-jemput ke kantor. Tapi, sikap manja itu nggak boleh dipelihara terus-menerus. Jangan sampai kamu bersikap manja sama keluarga atau temanmu juga.

Dengan bersikap seperti itu kamu justru mengkerdilkan dirimu sendiri. Membuat dirimu seakan-akan lemah dan perlu selalu dibantu. Ayo tunjukkan kalau kamu cewek mandiri yang bisa berdiri di atas kakimu sendiri!

Buat para cewek nih, udah siap berubah belum? Percaya deh, ketika kamu bisa membuat perubahan untuk hal-hal di atas, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik. Semangat ya!