Ini mungkin jadi mimpi yang terbilang lumrah bagi sebagian besar cewek. Bisa menikah dengan pria mapan, masa depan cerah pun sudah dalam genggaman. Sayangnya, untuk bisa hidup nyaman bersama pasangan yang mapan dibutuhkan perjuangan yang berdarah-darah. Dalam artian, nggak bisa dengan mudah kamu dapatkan tanpa perjuangan.

Karenanya kamu harus mempersiapkan hal-hal ini dulu sebelumnya. Sebab hidup tak seindah dongeng atau drama Korea, yang jodoh bisa datang tiba-tiba tanpa usaha.

1. Pencapaian akademis yang membanggakan akan lebih berharga dibanding cantiknya wajah

Pencapaian akademis layak kamu perjuangkan via www.theodysseyonline.com

Memang ungkapan “Dari mata turun ke hati itu benar adanya,”. Tapi nyatanya masih banyak pula cowok yang mengutamakan kecerdasan sebagai tolak ukur saat mencari pendamping hidup. Sebab ibu yang cerdas berpotensi melahirkan anak-anak yang berotak cemerlang pula.

Kamu boleh saja merasa cantikmu itu biasa saja. Tapi bukan berarti pencapaian akademismu boleh biasa-biasa saja.

2. Kamu harus berada di lingkungan yang sama dengan mereka, setidaknya kamu pernah menimba ilmu bersama dengannya

Advertisement

Kate dan William, sesaat setelah kelulusan mereka. via www.cnn.com

Banyak wanita yang berharap berjodoh dengan pria mapan, namun menjadi mustahil lantaran tak pernah berkesempatan untuk berada di lingkungan yang sama. Mengapa lingkungan begitu penting? Sebab di situlah segala kemungkinan tercipta. Kamu mungkin nggak bisa berada di lingkungan tempat tinggal yang sama dengan dia, tapi setidaknya kamu punya kesempatan untuk satu kampus atau pernah menimba ilmu di kampus yang sama dengannya. Dengan begitu kamu punya kesempatan untuk berteman dengannya.

3. Dalami hobimu saat ini. Cewek akan semakin menarik kalau ada sesuatu yang  ia tekuni

Ada hobi yang kamu tekuni via unsplash.com

Cewek akan semakin terlihat stunning saat mereka menyeriusi hobi tertentu. Kamu mungkin nggak berparas ayu, tapi cowok mana pun bakal tersentuh hatinya kalau kamu jago main gitar atau punya hobi fotografi yang bisa menghasilkan uang.

Kemampuanmu pada hal tertentu malah yang kadang bisa bikin cowok jatuh cinta. Penampilanmu yang biasa saja, akan tertutup dengan kharisma yang kamu pancarkan lewat kemampuanmu yang tak semua cewek miliki. Setidaknya ada nilai plus yang telah berhasil kamu tunjukkan. Toh penampilan fisik tak bisa selamanya bertahan ‘kan?

4. Menjaga manner wajib hukumnya, tapi tetaplah menjadi dirimu apa adanya yang menyenangkan

Tetap menjadi pribadi yang menyenangkan via www.indiaearl.com

Menjaga perilaku di depan orang lain memang wajib hukumnya. Hal ini semata-mata dilakukan agar kamu bisa mendapatkan citra baik di depan umum. Tak selalu berarti negatif, kadang pencitraan memang butuh kamu lakukan.

Namun bukan berarti kamu harus menyembunyikan jati dirimu yang sebenarnya. Apa adanya kamu harus tetap kamu pertahankan. Kamu tak perlu menjadi orang lain untuk menarik perhatian pria yang kini sedang menggetarkan hatimu. Tetap tunjukkan sosok dirimu yang periang. Toh kalaupun dia nantinya jatuh cinta, dia sudah melihat dirimu yang sebenarnya.

5. Cantikmu memang biasa saja, tapi kamu tahu bagaimana caranya mengusahakan cita-cita

Kamu tahu caranya mengusahakan cita-cita via unsplash.com

Alih-alih manja dan menunggu pangeran tampan menjemputmu, kamu memilih menjadi gadis mandiri dan tangguh. Kamu tak lagi memikirkan bagaimana berpenampilan menarik di depan banyak orang. Kamu tahu kekurangan yang kamu miliki bukan ada untuk disesali. Sebaliknya kamu justru menampilkan sisi lain dari dirimu yang bisa kamu jadikan kelebihan.

Kamu adalah gadis yang tahu bagaimana caranya berjuang. Mengupayakan cita-cita yang telah sejak lama kamu impikan. Bukan tidak mungkin, ketangguhan yang kamu tunjukkan inilah yang nanti membuat cowok jatuh cinta. Kelak saat menjadi istri, cewek tak hanya dituntut untuk bisa bersikap manis saja, namun juga harus memiliki sikap tangguh yang luar biasa.

Jodoh memang sudah digariskan. Namun tak berarti kamu hanya bisa berdiam diri. Terkadang memang harus ada hal-hal yang kamu perjuangkan mati-matian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya