Menjalani pekerjaan sesuai keinginan sudah pasti menjadi impianmu seusai lulus kuliah. Namun terkadang impian tersebut tak sejalan dengan keinginan orangtua. Kebanyakan orangtua memiliki pandangan tersendiri mengenai pekerjaan yang dirasa cocok untukmu. Saat kamu bekerja tak sesuai keinginan mereka, pekerjaanmu belum juga mendapat restu. Dilema pasti akan kamu rasakan, ingin berbakti atau mengikuti kata hati dan menjadi diri sendiri.

Tak perlu khawatir lagi ketika pekerjaanmu yang sekarang belum mendapatkan restu dari orangtua. Coba deh lakukan cara-cara di bawah ini dulu, siapa tahu kamu bisa mendapatkan restu akan pekerjaanmu.

1. Lulus kuliah dan mencari pekerjaan jadi masa-masa genting, kamu ingin bekerja sesuai renjanamu sendiri, tapi orangtua menginginkan pekerjaan yang cukup bergengsi

Lulus kuliah, maunya kerja sesuai passion via www.showbiz.liputan6.com

Terlepas dari apa yang kamu kerjakan semasa kuliah, beberapa pekerjaan sudah kamu idamkan sejak lama. Kamu pun telah menyusun renjana sedemikian rupa agar bisa bekerja sesuai dengan impianmu. Namun, berbeda halnya dengan orangtuamu. Mereka menginginkan kamu memiliki pekerjaan bergengsi. Seperti bekerja kantoran, pakai kemeja, dan nantinya berpenghasilan tinggi.

Sebagai anak muda yang masih idealis, kamu pun lebih memilih bekerja sesuai dengan keinginanmu. Terlepas dari segala atribut kantoran dan memilih bekerja sesuai passion-mu.

2. Mereka pun seakan belum memberimu restu akan pekerjaan yang kamu pilih itu. Bagi mereka masih banyak pekerjaan yang lebih pantas untukmu

Advertisement

Belum mendapat restu via www.unsplash.com

Karena tak sesuai dengan keinginan mereka, kamu pun seakan belum mendapat restu atas pekerjaanmu yang sekarang. Bagi kedua orangtuamu, masih banyak pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan. Bahkan tak jarang, mereka membanding-bandingkan penghasilanmu dengan pekerjaan yang mereka inginkan itu. Kamu pun jadi semakin dilema dibuatnya.

Ibu: Coba dulu kamu kerja kantoran, nak. Pasti nggak perlu capek-capek pulang malem kayak gini. Gajinya juga nggak sekecil ini.

3. Untuk mendapatkan restu, yang pertama harus kamu lakukan adalah memberikan kedua orangtuamu pembuktian

Berikan pembuktian via www.unsplash.com

Agar tak terus-terusan dilema karena belum juga mendapat restu dari mereka, yang perlu kamu lakukan adalah pembuktian. Buktikan pada kedua orangtuamu bahwa pekerjaanmu yang sekarang memang pantas untukmu. Sebaiknya kamu menyingkirkan anggapan tak berbakti kepada orangtua ketika tak bekerja sesuai harapan mereka . Karena bekerja dan berbakti kepada mereka tak harus disatukan, melainkan bisa dijalankan secara beriringan.

4. Di sela obrolan dengan mereka, kamu bisa menyisipkan sosok-sosok sukses pada bidang pekerjaan yang kamu geluti

Ya siapa tahu besok aku seperti dia bisa sukses via www.vivaprime.com

Untuk mendapatkan restu mereka, kamu bisa menyisipkan sosok-sosok sukses pada bidang pekerjaanmu di sela obrolanmu. Pilih saja sosok yang kamu anggap paling menginspirasimu untuk bekerja pada bidangmu saat ini. Jangan dibuat-buat agar mendapatkan restu mereka, justru ceritakan saja apa adanya. Kedua orangtuamu butuh contoh paling nyata yang bisa mereka terima.

Ayah: Cara ganti foto di Facebook gimana, kak?

Kamu: Nih kayak gini, Yah. Btw, dulu pendiri Facebook merintis startup dari tugas kuliah. Hampir sama lah kayak aku sekarang. Siapa tahu besok startup-ku dan teman-teman bisa sebesar Facebook.

5. Atau kamu bisa memberikan contoh nyata bahwa kegagalan bisa terjadi karena menjalani sesuatu dengan dipaksa. Hal ini akan membukakan hati mereka

Ceritakan kisah nyata saja via www.unsplash.com

Selain menyisipkan sosok sukses pada obrolan, kamu juga bisa menceritakan kisah nyata tentang kegagalan akibat menjani sesuatu dengan keterpaksaan. Selow saja yang bercerita, biar tak terkesan dibuat-buat. Atau kamu bisa mengambil contoh di sekitar lingkunganmu. Biar kedua orangtuamu bisa memahami keadaanmu sekarang dan membukakan pintu restu mereka kepadamu.

Ibu: Kasian ya anaknya Pak RT. Lulus pendidikan dokter malah stres gitu.

Kamu: Iya Bu, kasian ya. Setauku dia nggak mau kuliah kedokteran, tapi dipaksa sama orangtuanya. Lulus sih lulus, tapi setelah itu malah stres sendiri.

6. Orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Namun, perlu juga kamu sedikit bersuara tentang apa yang menjadi impianmu sejak lama

Bicara dengan mama papa via www.sincerelykindsey.com

Kamu pun sadar bahwa apa yang menjadi keinginan orangtuamu merupakan bentuk kasih sayang mereka kepadamu. Mereka hanya ingin yang terbaik untukmu, seperti kebanyakan orangtua lainnya. Namun, menjadi hakmu juga untuk berpendapat dan memperjuangkan apa yang menjadi impianmu sejak lama. Dalam menyampaikan apa kamu ingin perjuangkan, sebaiknya dengan nada yang halus dan sopan ya~

7. Ketika kamu gagal dengan pilihanmu, cobalah bangkit dan berusaha lebih keras lagi. Tunjukkan kepada orangtuamu bahwa kamu tengah menempa diri

Gagal? Bangkit lagi dong~ via www.sincerelykindsey.com

Ketika apa yang kamu kerjakan sekarang menemui kesulitan atau bahkan kegagalan, jangan malah menyerah dan jatuh berlarut-larut. Justru kamu sebaiknya bangkit dan berusaha lebih keras lagi. Tunjukkan kepada kedua orangtuamu bahwa kegagalan ini telah menempamu untuk menjadi sosok yang lebih mandiri. Siapa tahu dengan mengetahui usahamu yang ini, kedua orangtuamu akan memberikan restu mereka kepadamu.

8. Seiring berjalannya waktu, orangtuamu pasti akan membukakan pintu restu. Tetap berusaha dan yakin bahwa dirimu mampu

Pelan-pelan, semua ada waktunya via www.teenlife.com

Pelan tapi pasti, kamu akan menuai sendiri apa yang telah kamu usahakan sejak dulu. Pekerjaan yang kamu pilih membawamu menjadi sosok yang lebih baik lagi. Usaha dan doa yang mati-matian kamu lakukan tak akan berbuah kesia-siaan. Pun juga dengan kedua orangtuamu. Mereka pasti akan memberikanmu restu akan apa yang menjadi pekerjaanmu saat ini. Semuanya hanya butuh pembuktian dan waktu.

Kesuksesan memang bisa berasal dari mana saja. Bisa dari pekerjaan atau bahkan dari kegagalan yang membuatmu bangkit lagi. Apabila pekerjaanmu yang sekarang belum mendapat restu, jangan lalu putus asa. Usaha lebih keras lagi dan buktikan kepada kedua orangtuamu bahwa kamu tidak salah memilih. Semua pasti akan indah pada waktunya, kamu hanya perlu berusaha dan bersabar aja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya