Apa sih yang kita kejar dalam hidup ini? Karir, uang, atau hidup yang bahagia?

Depresi menghambat kesuksesan via uk.finance.yahoo.com

Setiap orang pastinya menginginkan hidup yang bahagia dan penuh makna, tapi seringkali tidak paham bagaimana cara mewujudkannya. Banyak juga yang mengerti bahwa memiliki tujuan hidup itu penting, tapi tidak mengerti langkah-langkah seperti apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam sebuah seminar di Calgary, Kanada, Vishen Lakhiani, pendiri sekaligus CEO Mindvalley, menyampaikan materi yang bertajuk “Why Happiness is the New Productivity – Mengapa Kebahagiaan adalah Produktivitas yang Baru” yang secara garis besar dijabarkan dengan infografis di bawah ini.

Theory of Awesomeness via mindvalleyacademy.com

Keadaan “Flow

Advertisement

Secara garis besar, Vishen Lakhiani mengemukakan dua kunci utama yang harus seimbang untuk mendapatkan kehidupan yang luar biasa, yaitu:

1. Menjadi bahagia dengan dirimu saat ini

Hal paling mudah untuk menjadi bahagia adalah dengan mensyukuri segala yang kita miliki saat ini. Bersyukur atas hidup hari ini, atas makanan, orang-orang yang kita kasihi, dan seterusnya. Bersyukur memberi energi positif yang luar biasa bagi kita.

2. Miliki visi masa depan

Apa yang benar-banar ingin kamu capai dalam hidup? Apa renjana (passion) terkuatmu? Apa kontribusi yang ingin kamu berikan pada dunia? Bermimpilah setinggi mungkin.

Untuk semakin memotivasi kamu, luangkan waktu untuk menyaksikan penjabaran materinya pada video berikut.

So, cara paling mudah untuk membangun kehidupan yang luar biasa sebenarnya berakar dari hal simpel. Bersyukur – merasa bahagia saat ini, serta mempertahankan mimpi. Menjadi sukses tak ada yang instan, semua perlu proses. Yang penting adalah bagaimana kita berpikir dan bertindak selama proses tersebut berlangsung.

Berfokuslah membangun kehidupan, bukan membangun karir.

-Vishen Lakhiani

Mari kita jadikan pola pikir di atas menjadi kebiasaan kita sehari-hari.