“Don’t think money does everything or you are going to end up doing everything for money.” -Voltaire

Quotes di atas bisa jadi tamparan buatmu yang masih menilai pekerjaan dari gajinya. Yakni untuk nggak lagi memandang uang sebagai segalanya. Seperti misalnya menilai profesi yang kamu lakoni saat ini hanya dari berapa banyak angka yang masuk ke rekeningmu setiap bulannya. Atau bahkan sampai rela berhenti dari pekerjaan yang kamu cintai hanya karena merasa gaji yang diterima belum mencukupi. Menjadi sangat disayangkan jika benar ini yang kamu alami saat ini.

Banyak orang yang merasa nggak puas dengan pekerjaannya saat ini karena itu hanya dimaknai sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan finansial semata. Apa yang sebenarnya kamu ingini selain uang, belum tercukupi. Padahal kalau saja kamu mau lebih sedikit peka, tentu ada banyak hal yang bisa membuatmu bahagia selain dari angka yang di rekening setiap bulannya. Ini beberapa hal yang justru bisa buat hidup dan kariermu lebih berarti, daripada hanya besarnya jumlah gaji.

1. Memang gajimu saat ini belum bisa mengantarkanmu menjadi jutawan. Tapi kamu bersyukur nominalnya masih mencukupi untuk kebutuhan yang mendasar: pangan

Setidaknya kamu masih bisa sesekali makan enak via pixabay.com

Berapa banyak orang di luar sana yang jangankan kepikiran lagi pingin makan apa, mereka saja masih mikir hari ini bisa makan apa nggak. Dengan gaji Rp 2 jutaan, setidaknya kebutuhan dasarmu yang satu ini masih bisa terpenuhi. Bahkan kamu masih bisa sesekali makan enak setiap bulannya. Ini yang kadang luput untuk kamu syukuri. Karenanya saat hati mulai menggerutui pekerjaan, ingat lagi bahwa kamu masih mampu membeli kebutuhan dasar untuk bertahan hidup.

2. Meski kecil, upah yang kamu terima setiap bulan setidaknya harus menyediakan perasaan aman. Paling tidak kamu punya penghidupan, dibanding mereka yang masih pengangguran

Advertisement

Perasaan aman setiap bulannya. via pexels.com

Gaji bulanan inilah yang membuatmu merasa jauh lebih beruntung jika dibandingkan dengan orang lain yang saat ini masih berupaya keras untuk mendapatkan pekerjaan. Meski jumlahnya terbilang pas-pasan, tapi itu mencukupi kebutuhan bulananmu. Ada perasaan aman setiap kali kamu terima gaji setiap bulannya. Perasaan aman inilah yang membuatmu menikmati pekerjaanmu saat ini. Bersyukur kalau hasil jerih payahmu selama ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan.

3. Dibanding gaji tinggi tapi diperlakukan layaknya pekerja rodi tanpa hak istirahat, mending tetap punya waktu untuk keluarga dan sahabat

Ada sahabat yang membuat harimu lebih bahagia. Kerja pun jadi semangat.

Keluarga dan sahabat sebagai tim penyemangat terhebat sangat memengaruhi kebahagiaanmu di kantor. Meski gaji masih pas-pasan, kehadiran mereka di dekatmu selalu membuatmu merasa bahagia. Di kelilingi oleh orang-orang yang menyayangimu membuatmu merasa bersemangat ketika di kantor. Tak peduli itu hari Senin sekalipun. Berbeda dengan mereka yang selalu merasa kesepian, bekerja di kantor selalu diiringi dengan bad mood, menggerutu, dan mengeluh. Keberadaan orang tersayang di sekelilingmu sangat memengaruhi kinerjamu di kantor. Jadi, sudahkah kamu menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat akhir pekan ini?

4. Perusahaanmu saat ini memang masih startup, tapi mereka tak sungkan untuk mengakui kontribusimu. Kerja kerasmu selama ini diapresiasi, ini yang membuatmu merasa dihargai

Kerja kerasmu diapresiasi. via techworld.com

Ada hal yang membuatmu begitu mencintai pekerjaan dan bersyukur bisa bekerja di perusahaanmu saat ini, yakni kamu merasa begitu dihargai. Kamu pun selalu dilibatkan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perusahaan. Kontribusimu untuk perusahaan tak pernah disepelekan dan pencapaianmu diapresiasi. Ini yang membuatmu merasa punya peran yang penting dalam perusahaanmu. Yang pada akhirnya membikinmu tergerak untuk selalu melakukan yang terbaik bagi perusahaanmu saat ini.

5. Merasa ada banyak hal baru yang bisa dipelajari. Meski gaji tak seberapa, tapi kamu punya banyak kesempatan untuk berkembang

Perusahaanmu yang sekarang membebaskanmu berkembang. via blog.prelook.com

Berapa banyak perusahaan yang membebaskan karyawannya untuk punya pekerjaan sampingan? Mungkin tak begitu banyak. Karenanya, beruntung kamu yang diberi waktu nan fleksibel oleh perusahaan untuk mengembangkan diri. Yang nilainya bahkan tak bisa disepadankan dengan nominal angka. Bersyukur juga kamu yang bisa belajar banyak ilmu baru karena itu sangat berguna untukmu nantinya. Kelak, ketika kamu tak lagi berada di perusahaanmu yang sekarang, setidaknya kamu keluar dalam keadaan kenyang ilmu. Meski gajimu selama ini terbilang pas-pasan.

Uang memang benar segalanya. Tapi jangan menakar pekerjaanmu hanya dari nominal rupiah semata. Banyak hal di luar itu yang sesungguhnya bisa membuatmu merasa cukup dan bahagia. Misalnya ilmu, pengalaman, dan perasaan dihargai di tempat kerja yang pada akhirnya semakin membuatmu lebih semangat bekerja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya