Dalam kehidupan bermasyarakat, tingginya jenjang pendidikan seakan menjadi tolok ukur sukses atau tidaknya masa depan seseorang. Namun, pendapat tersebut tak selamanya benar. Semuanya tergantung pada seberapa keras seorang individu berusaha, dan seberapa kuat tekadnya.

Oleh karena itu, kamu yang memiliki mimpi untuk kuliah namun terhambat masalah dana, tak perlu khawatir. Semua orang memiliki hak dan kesempatan untuk sukses. Bahkan jika kamu mengerti apa tujuanmu, kamu bisa lebih sukses dari mereka yang mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Dalam artikel berikut ini, Hipwee ingin memberi saran serta tips untuk kamu, agar kamu bisa sukses tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk kuliah.

1. Jadilah pemerhati yang handal dalam pekerjaanmu saat ini. Tawarkan bantuan sembari “curi” ilmu dari rekan-rekan kerjamu yang lebih ahli

Belajar dari tempat kerja via www.feministfrenzy.com

Mungkin pekerjaanmu saat ini bukanlah pekerjaan yang bergengsi dengan gaji yang mentereng. Namun di balik itu semua, kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga dan ilmu yang belum tentu bisa didapat dari bangku kuliah. Jika mereka yang duduk di kelas mendengarkan perkataan dosen hanya tahu materi, kamu justru bisa belajar langsung dari orang-orang terbaik di bidangnya.

Jangan jengah untuk belajar kepada orang-orang lain di kantormu. Kamu bisa melihat rekan kerjamu yang sedang membuat pembukuan maupun entry data di sela-sela jam kosong. Atau kamu bisa menawarkan bantuanmu kepada orang lain, demi mendapatkan pengalaman serta ilmu yang ingin kamu pelajari. Dengan cara ini kamu tak hanya akan jadi orang yang duduk di menara gading semata, melainkan justru paham seluk-beluk ilmu langsung di lapangan.

2. Tidak kuliah bukan berarti harus minder untuk berteman. Buka pintu perkawananmu seluas-luasnya, kemudian bersiaplah terpukau dengan kekuatan jejaring yang kamu punya

Advertisement

Jalin kembali pertemanan mu dengan kawan lama, dan bentuk jaringan pertemanan baru via galleryhip.com

Memiliki banyak koneksi atau kawan akan sangat membantumu dalam meraih kesuksesan. Mungkin mereka bisa jadi partner di kemudian hari, atau tidak menutup kemungkinan bahwa mereka adalah klien potensial dari usaha yang kamu jalanka.

Yang terpenting, kamu harus ingat bahwa kesuksesan tak bisa kamu raih seorang diri. kamu tetap butuh bantuan orang lain untuk menuju puncak kesuksesanmu. Temukan teman yang sejalan, temukan mentor, dan cari dukungan sebanyak-banyaknya.

3. Pintar, gelar sarjana, atau IPK tinggi bukanlah satu-satunya cara. Sebenarnya soft skill mu sebagai manusia akan jauh lebih berguna

Asahlah soft skill-mu via www.entrepreneur.com

Di dunia yang sesungguhnya IPK tinggi hanya akan mengantarkanmu sampai ke gerbang wawancara kerja. Setelah itu kemampuanmu sebagai manusia lah yang menentukan langkah selanjutnya. Kemampuanmu berkomunikasi dengan baik, kemahiran bernegosiasi yang lihai, sampai kemampuan berbahasa asing akan dinilai jauh lebih berguna.

Apakah kemampuan itu bisa dilatih dengan duduk manis di kelas sembari mendengarkan dosen memberikan kuliah? Justru tidak. Soft skill macam ini justru lebih bisa didapat dari kegiatan organisasi, interaksi dengan kawan-kawan sehari-hari, sampai diperoleh dari keinginan belajar sendiri.

Jika sudah begini tentu tidak ada alasan untukmu bersembuyi di balik alasan “Tidak kuliah” untuk enggan mengejar keberhasilan ‘kan?

4. Berhenti mengasihani diri sendiri. Hanya karena tidak kuliah bukan berarti kamu kehilangan kesempatan untuk mencuri ilmu dan berdiskusi. Apa gunanya internet dan semua teknologi?

Belajar dari sumber apapun via www.fuelyourphotography.com

Di zaman modern seperti sekarang ini, mendapatkan ilmu secara gratis bukanlah sesuatu yang mustahil. Hal ini berbeda dengan  zaman dahulu, dimana buku-buku ilmu pengetahuan hanya boleh diakses oleh kalangan tertentu. Di zaman sekarang untuk mendapatkan pengetahuan baru hanyalah memerlukan beberapa klik saja.

Internet memang sumber pengetahuan yang tak akan ada habisnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan ilmu pengetahuan apapun yang ingin kamu pelajari. Jika kamu tak memiliki kawan maupun kenalan yang dapat membantu memecahkan permasalahanmu, bergabunglah dengan forum-forum online yang banyak tersebar di internet.

Mulai dari komunitas penggemar kucing, sampai komunitas pengusaha semuanya ada di internet. Kamu tinggal pilih sesuai kebutuhanmu. Tanyakan pada mereka hal-hal yang belum kamu ketahui. Namun, harap sabar jika pertanyaanmu tak langsung dijawab, karena kebanyakan dari mereka juga memiliki kesibukkan lain.

5. Pamungkasnya, tentukan ke mana langkahmu harus dihela. Tujuan itu akan menuntunmu melakukan apa saja yang diperlukan demi bisa mencapainya

Mengerti kemana tujuanmu via www.deviantart.com

Target atau tujuan adalah kompas yang akan mengantarkanmu ke pintu gerbang kesuksesan yang selama ini sudah terbayang di pelupuk mata. Tanpa mereka seluruh perjalananmu hanya akan berakhir dengan sia-sia. Sebab itu, menetapkan tujuan adalah langkah pertama yang wajib dilakukan demi meraih keberhasilan yang kamu idamkan sekian lama.

Tuliskan besar-besar apa yang ingin kamu capai. Urutkan dengan detil, sampai ke keberhasilan terkecilnya. Semisal, kamu ingin bisa bekerja di perusahaan media terkemuka — jangan cuma tulis nama perusahaannya, tuliskan juga divisi tempatmu ingin diterima, tambahkan pula ilustrasi kartu pegawai yang kelak jika dikenakan akan bisa membuatmu bangga.

Tempelkan goal planning map itu di tempat yang paling terlihat mata. Setiap semangat memperjuangkan mimpi sedikit meredup lihat kembali daftar yang sudah kamu buat sendiri, kemudian lakukan apa yang harus dikerjakan demi mencapainya.

Sekali lagi, Hipwee tekankan bahwa kuliah bukan satu-satunya cara yang bisa kamu percaya demi menggapai semua impian yang sudah terpendam sekian lama. Dunia tidak sekejam itu, ia akan tetap berlaku adil pada orang-orang yang gigih belajar di sekolah kehidupan.

Apakah kamu salah satunya?

Artikel ini terinspirasi dari laman Lifehack, artikel aslinya bisa kalian lihat disini