“Kok sendirian aja, Mbak?”

“Nggak sama temen? Pacarnya mana?”

Sejak kecil, kita sudah diakrabkan dengan sapaan-sapaan di atas. Untuk bertandang keluar dan melakukan berbagai aktivitas, seseorang seolah harus didampingi. Kadang kita sampai salah tingkah dan tak tahu harus menjawab apa sehingga hanya bisa tersenyum saja.

Kadang karena sapaan-sapaan ini kita akan malas atau merasa aneh jika melakukan sesuatu sendirian. Tak jarang, kita jadi batal melakukan sesuatu atau pergi ke luar ketika tidak ada. Walaupun begitu ingin melakukan sesuatu tak jarang kita membatalkannya hanya karena tak punya teman untuk melakukannya. Padahal, bukankah kalau begini yang rugi kita sendiri?

Supaya tidak lebih merugi di masa depan, yuk kita daftar kegiatan apa saja yang sebenarnya bisa kita kerjakan sendirian. Dengan ini, tanpa bantuan atau dampingan orang sekalipun, kita tak akan takut atau keki!

1. Pergi ke Pesta Perkawinan Sendirian Itu Tidak Apa-Apa. Tuhan Saja Tak Melarang, Apalagi Manusia?

Lagipula sebenarnya nggak ada yang namanya pergi ke kondangan sendirian, karena toh di sana kamu akan bertemu teman-teman via karasanten.blogspot.com

Advertisement

Kadang kamu begitu ingin menghadiri suatu pesta perkawinan, mungkin karena di sana kamu bisa bertemu teman-teman lama sekaligus makan gratis. Tapi, kamu sedang nggak punya pacar, sementara teman-teman kantor pun tidak ada yang bisa menemani karena mereka punya acara sendiri. Kamu pun akhirnya berpikir untuk diam di rumah saja.

Padahal sebenarnya pergi ke kondangan sendirian itu bukan dosa! Tuhan saja tak melarang, apalagi manusia? Dengan pergi sendirian, kamu tidak punya kewajiban untuk selalu ada di samping pacar (yang tidak kenal siapa-siapa di pesta itu). Kamu pun tak usah repot-repot memperkenalkan teman kantor yang menemanimu saat itu kepada teman-teman kuliahmu. Kalau begini, kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk berbincang seru dengan teman-temanmu yang juga pergi sendiri. Habis kondangan? Kalian bisa pergi bareng-bareng untuk makan ronde kedua atau karaoke!

2.  Sama Seperti Pergi ke Kondangan, Makan Sendirian Pun Sebenarnya Hal Biasa yang Tak Layak Dipermasalahkan

Restoran untuk makan sendirian di Amsterdam via apakabarsidimpuan.com

Makan memang menjadi momen yang pas untuk bercengkrama dan berbagi cerita dengan orang terdekatmu. Saat makanan sudah habis disantap, obrolan panjang lebar pun mengalir dengan derasnya. Keseruan ini yang membuatmu kadang malas untuk makan sendirian di luar.

Hei, tapi ini masalah perut, lho. Kalau kamu terus menunggu ada teman untuk makan, yang ada kamu malah semakin lapar dan bisa terkena penyakit seperti maag karena telat makan. Nggak mau ‘kan? Jadi, nggak perlu malu dan sungkan untuk makan sendiri. Kalau bukan kamu yang mengisi perutmu, siapa lagi?

3. Mendekor kamar, mengecatnya ulang, dan menambahkan hiasan bisa kamu lakukan sendirian. Bukankah DIY itu artinya do-it-yourself?

Bisa kamu lakukan tanpa bantuan orang via www.stylemotivation.com

Sebenarnya kamu tak perlu bantuan tukang untuk mendekor kamar dan menatanya ulang. Kamu juga tak perlu membeli hiasan di toko-toko untuk memperindah kamar, karena hiasan-hiasan ini bisa kamu buat sendiri. Saat ini di internet sudah banyak tutorial untuk membuat hiasan DIY atau do-it-yourself. Kenapa tidak kamu manfaatkan saja?

Dengan mengecat dan menghias kamar sendiri, kamu bisa berkreasi dan menjadikan kamar sesuai dengan kepribadianmu. Kamarmu akan berubah menjadi istana kecil yang membuatmu tidak ingin keluar seharian karena begitu nyaman.

4. Membeli Baju Baru Tak Perlu Ditemani Pacar. Justru Kamu Bisa Memberinya Kejutan Istimewa Saat Kamu Muncul Dengan Baju Baru.

Kamu yang paling tahu gayamu via www.prohandmade.ru

Seringnya kamu berbelanja baju bersama pacar, ibu, atau temanmu. Kamu akan meminta pendapat mereka tentang baju-baju yang kamu coba di kamar pas. Kamu pun terbiasa dengan itu sehingga merasa malas berbelanja jika tidak bersama mereka.

Sebenarnya itu hanya sugestimu saja, lho. Kamu tetap bisa berbelanja baju tanpa ditemani oleh mereka karena hanya kamu yang tahu kenyamanan, pas, dan pantasnya baju itu untukmu. Lagipula, belanja sendirian nggak kalah asik, kok. Kamu bisa lebih puas menghabiskan waktu dan mencoba baju sebanyak yang kamu mau. Dan saat kamu muncul di depan mereka dengan baju baru yang cantik, bukankah itu akan jadi kejutan menyenangkan?

5. Jika Hanya Facial Atau Potong Rambut, Kamu Tak Usah Mengajak Teman

Ke salon sendirian tidak apa-apa via www.nulis.in

Salon itu tempat untuk merawat diri sendiri. Jadi kalau kamu pergi ke salon sendirian, nggak perlu merasa malu atau sungkan. Toh nantinya kamu dan teman-temanmu juga akan terpisah saat sedang melakukan perawatan.

Pergi ke salon sendirian justru malah lebih nyaman dan hemat waktu, lho. Kamu nggak perlu menunggu teman-temanmu selesai melakukan perawatan; begitu juga sebaliknya.

6. Ada Perasaan Senang yang Berbeda Ketika Kamu Pergi ke Bioskop Sendirian Saja. Mungkin Karena Kamu Jadi Bisa Lebih Fokus Menonton Film?

Kamu lebih fokus menonton via manilovefilms.com

Abaikan komentar orang yang menganggap nonton film sendirian di bioskop itu menyedihkan. Nggak ada yang salah kok dengan menonton sendirian. Kamu justru akan lebih fokus pada film yang kamu tonton karena tidak ada orang yang mengajakmu berbicara saat menonton.

7. Tak Perlu ke Salon Untuk Sekadar Merapikan Poni. Itu Bisa Kamu Lakukan Sendiri.

Ketahui model poni terbaikmu via yess-online.com

Poni rambut yang terlampau panjang nggak jarang membuat para wanita menjadi dilema: apakah harus dipotong, atau dipanjangkan saja? Yang membuat dilema adalah seringnya saat poni rambut sudah sangat panjang, bentuk dan model rambut yang dimiliki masih sangat rapi sehingga sayang untuk memotongnya lagi. Sedangkan, biaya memotong poni rambut sama saja dengan biaya memotong rambut secara keseluruhan. Rugi, bukan?

Daripada harus merasa dilema dan rugi, lebih baik mulai sekarang kamu memperhatikan bagaimana kapster salon memotong ponimu. Jadi saat ponimu sudah terlampau panjang, kamu bisa memotong sendiri deh di rumah.

8. Kendaraanmu Kotor dan Berdebu? Angkat Pantatmu dari Kasur, Ambil Lap dan Bersihkan Motormu!

Daripada antre begini, mending cuci sendiri via flickr.com

Padatnya aktivitas selama seminggu membuatmu tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraanmu sendiri dan memilih membawanya ke tempat cuci otomatis. Hanya dalam 15 menit, kendaraanmu langsung terlihat mengkilap. Sangat menghemat waktu, ‘kan? Namun sayangnya, kamu jadi kurang memahami keadaan kendaraanmu sendiri.

Coba luangkan waktu setiap hari Sabtu atau Minggu pagi untuk mencuci kendaraanmu dan mengecek keadaannya. Pahami mesinnya sehingga jika terjadi sesuatu di jalan nanti, kamu sudah paham harus bagaimana untuk mengatasinya.

9. Traveling Dengan Teman Memang Seru, Namun Traveling Sendiri Akan Mengajarkan Banyak Hal yang Bisa Mengubah Hidupmu

Traveling harus ada persiapan via justanotherdigitaldiary.wordpress.com

Selagi muda, habiskan waktumu untuk mengeksplor tempat-tempat baru di negara ini atau bahkan di luar negeri. Dari perjalanan tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan juga pelajaran hidup yang tidak kamu dapat di bangku sekolah.

Traveling memang lebih seru jika ada teman yang mendampingi dan menjadi teman diskusi. Namun, apa dengan itu berarti traveling sendirian menjadi tidak seru? Jawabannya adalah tidak. Menjadi solo traveler akan memberimu pengalaman yang jauh lebih seru dan membuat perjalananmu menjadi lebih spontan. Kamu akan banyak mengalami hal-hal menarik yang belum pernah kamu alami sebelumnya.

10. Walau Tak Punya Kendaraan Pribadi, Bukan Berarti Kamu Harus Merepotkan Orang Tiap Kali Ingin Pergi

Tukang ojek sebanyak ini masih bergantung pada orang lain? via yogyatrip.com

Tidak ada yang salah kok kalau kamu tidak memiliki dan tidak bisa menyetir kendaraan bermotor. Yang salah adalah kalau dengan keterbatasanmu itu, kamu malah merepotkan orang lain.

Saat ini sudah banyak sekali alternatif kendaraan yang bisa kamu pilih kalau kamu tidak berkendaraan pribadi; ada taksi, bus, mikrolet, dan juga ojek berargo. Aksesnya pun mudah dan tidak merepotkanmu sama sekali. Kamu juga dapat mengatur waktu pergi sesukamu, tidak bergantung pada jadwal orang lain. Kalau bisa sendiri, mengapa harus merepotkan orang lain?

11. Mencuci di Penatu Itu Menghabiskan Uangmu. Padahal, Mencuci Sendiri Juga Tak Butuh Banyak Waktu.

Lumayan untuk olahraga tangan via nuepoel.wordpress.com

Jangan selalu mengandalkan jasa laundry atau asisten rumah tangga untuk mencuci pakaianmu. Terkadang, waktu pencucian dan kebersihannya juga tidak sesuai keinginanmu. Yang ada, kamu malah merutuk kesal karena pakaianmu tidak siap untuk dipakai.

Coba yuk untuk mulai mencuci pakaianmu sendiri. Setidaknya setiap akhir pekan, kamu memulai pagimu dengan membantu ibu atau asisten rumah tangga untuk mencuci pakaian sendiri dan menjemurnya. Selain bajumu bisa lebih bersih dan wangi, kamu pun lebih sehat lho karena berkeringat dan terkena sinar matahari pagi.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan dan ditemani orang lain. Ingat, melakukan hal-hal di atas sendirian bukan tanda kamu kesepian atau tak punya teman, melainkan kemandirian! 🙂