Konon ambisi bisa membawa kita mencapai banyak hal dalam hidup. Ambisi menciptakan semangat berjuang tanpa henti.

Seakan kita tahu apa yang harus diperjuangkan sampai berdarah-darah, sampai kehabisan energi.

Tapi tahukah kamu kalau ambisi juga bisa membuatmu kehilangan hal-hal yang tak kalah pentingnya dari sebuah pencapaian? Tentu tidak dosa saat kamu punya ambisi tinggi. Tapi bersiaplah juga untuk kehilangan 6 hal yang tak kalah penting ini.

Kamu mesti rela jam kerjamu jadi berlipat-lipat kali. Siklus hidup terbalik demi memenuhi ambisi

Ajakan teman untuk jalan nggak begitu saja bisa diiyakan. Ambisi membuatmu berhati-hati dalam mengambil langkah. Kamu rela mengubah siklus hidup agar perjuanganmu mencapai ambisi menghasilkan akhir yang indah.

Beberapa teman bisa nggak nyaman. Mereka mulai membangun batasan

“Dia baik sih orangnya. Tapi pikirannya di kerjaan terus. Jadi nggak enak kadang ngobrol sama dia.”

Advertisement

Ambisi membuatmu nggak semudah itu dapat teman baik. Kebanyakan orang menganggapmu terlalu serius buat diajak bercanda atau sekadar hangout. Mereka datang ke kamu ya cuma soal kerjaan aja….

Reaksi pacarmu…. (kalau kamu beruntung bisa dapet pacar yang pengertian)

“Tapi sayang, kan aku kerja buat kamu juga….”

“Tapi tetep aja kamu nggak punya waktu!”

Anggapan yang sering datang ke kamu: bisa pacaran sama kerjaan

Dalam hati kamu bakal bilang, “Kerjaan banyak sih. Tapi kerjaan kan nggak bisa buat nemenin makan malem…”

“Kok dia sukses terus sih? Kapan ya dia gagal?” Jadi pertanyaan yang sering datang

Diam-diam akan ada doa-doa nggak enak yang datang ke kamu. Bukan bermaksud macam-macam atau mendoakan buruk, sih. Kadang orang cuma penasaran sama etos kerjamu dan pengen lihat gimana kalau kamu dihadapkan pada kegagalan.

Punya ambisi tinggi, berrati kamu harus siap ngapa-ngapain sendiri

Berambisi tinggi membuat kamu percaya pada kekuatan sendiri. Kamu nggak lagi perlu menunggu orang untuk melakukan sesuatu. Karena kalau begitu kamu nggak maju-maju. Akhirnya, kamu jaid terbiasa ngapa-ngapain sendiri.

Dianggap loner udah biasa deh….

Siapkah kamu merelakan hal-hal ini dalam perjalanan mencapai mimpi? Yeah, selalu ada harga yang harus dibayar dari punya ambisi tinggi.