Gimana itu Pa, spion motornya pecah?

Papa, adek laper. Di dapur gak ada makanan, Mama masih sakit ūüôĀ

Tanggung jawab menjadi seorang ayah memang tidaklah sederhana. Selain mencari nafkah, kamu juga harus bisa apa saja agar anak dan istrimu merasa aman dan diarahkan dengan benar. Tugas rumahan juga tak selalu menjadi tanggung jawab seorang istri, sebagai kepala keluarga kadang kamu dituntut harus bisa menyelesaikan masalah-masalah kecil, seperti lampu mati atau memasak saat istri sedang sakit. Selain itu, setiap ada masalah kamu juga menjadi muara yang akan berhak memberikan keputusan final, jadi sudah pasti kamu harus cerdas dan bijak dalam berfikir.

Alih-alih menjadi ayah seadanya, kamu justru harus mempersiapakan mental, pengetahuan, dan skill menjadi ayah yang baik dan asyik dari sekarang. Tak melulu mengikuti kelas dan mendengarkan teori secara gamblang kok, kamu bisa coba menggodog dirimu dari menekuni hobi-hobi ringan yang menyenangkan. Mau tahu apa saja? Berikut ini bisa menjadi rekomendasinya.

1. Karena ayah adalah nahkoda keluarga, pastikan kamu kaya akan pengetahuan dengan hobi baca buku dari sekarang

Cowok keren hobi baca buku via www.thegentlemansjournal.com

Sebagai kepala keluarga maka kamu akan menjadi pemegang kendali utama atas apapun yang terjadi di rumah. Kamu menjadi pemilik ijin atas keputusan apapun bagi anggota keluarga. Agar kamu bisa bersikap bijak dan tepat, maka pengetahuan yang luas adalah hal yang wajib kamu punya. Nah, pengetahuan bisa kamu dapatkan dari hobi membaca buku dari sekarang.

Advertisement

Ilmu yang dalam membuatmu punya gambaran tentang apapun. Kamu tahu pertimbangan apa saja saat memilih sekolah untuk anak-anakmu nanti, kamu tak ragu dalam mengambil keputusan untuk kredit rumah karena kamu sudah tahu baik buruknya. Selain itu, ilmu yang luas hasil dari hobi membaca juga modal utama untuk mendidik istri dan anakmu kelak. Meraka tak akan kering akan pengetahuan karena kamu ajak diskusi tentang banyak hal.

2. Cowok hobi otomotif bisa jadi penyelamat keuangan keluarga. Saat kendaraan rumah rusak, kamu bisa memperbaikinya tanpa bayar orang

Cowok hobi otomotif via headsupab.wordpress.com

Cowok selalu identik dengan hobi otomotif. Namun, hobi otomotif bukan berarti kamu harus punya koleksi kendaraan yang unik dan mobil mahal ya. Setidaknya kamu punya skill mengatasi kerusakan yang terjadi pada kendaaraan.

Hal ini sangat bermanfaat karena bisa menghemat keuangan keluarga. Tak perlu membayar jasa bengkel setiap ada masalah kecil yang terjadi, kamu bisa langsung memperbaiki spion motor yang lepas atau tahu kalau mobilmu macet gara-gara air radiator yang habis. Meski kamu bisa memanggil tukang bengkel, bukankah uangmu akan tetap aman jika masalah kecil bisa kamu selesaikan sendiri tanpa biaya?

3. Otak anak dan istrimu akan semakin tajam kalau kamu bisa ajak mereka bermain catur saat waktu luang

Cowok hobi main catur calon bapak via www.dimitri.co.uk

Sebagai seorang ayah, maka kamu akan lebih disibukkan dengan pekerjaan agar nafkah keluarga tetap sehat. Namun banyak para pria yang lupa, bahwa kamu juga bertugas untuk mendidik anak dan istrimu kelak. Salah satunya adalah mengasah otak mereka agar tetap tajam.

Catur adalah permain paling pas untuk melatih otak dan kecerdasan. Kamu akan dituntut harus bisa berstrategi dan cermat dalam mengurai masalah. Nah, diantara kesibukan kerja, kamu bisa manfaatkan waktu luang untuk mengasah otak mereka dengan bermain catur bersama. Kamu bisa melakukannya saat pulang kerja atau saat weekend di halaman rumah. Tanpa mengeluarkan banyak tenaga, main catur adalah permainan yang menyenangkan untuk mengasah otak. Jadi, gak ada salahnya kamu tekuni hobi ini agar istri dan anakmu bisa tumbuh makin cerdas.

4. Agar hari-hari bersama keluargamu lebih ceria, kelihaianmu main alat musik bisa menghibur mereka

Cowok jago main musik via coolimages4free.com

Hidup berumah tangga itu layaknya mengarungi lautan menggunakan kapal. Jadi kamu harus pandai bersiatasa agar perjalanan tetap menyenangkan dan tak bikin bosan. Salah satu caranya adalah dengan musik.

Nah, agar nantinya kamu bisa menjadi ayah yang asik dan menyenangkan, gak ada salahnya kamu mulai belajar menggunakan instrumen musik. Mungkin kamu bisa belajar main drum, gitar, piano, atau biola. Lalu amu bisa ajak mereka bermain alat musik bersama saat waktu luang atau di akhir pekan. Cara ini bukan hanya membuat suasan lebih ceria tapi juga bisa bikin otak anak makin cerdas lho.

5. Momen bersama orang tercinta terlalu indah untuk dilewatkan, jadi nggak ada salahnya kamu geluti teknik fotografi yang baik dari sekarang

Kebersamaan bersama keluarga adalah hal yang paling berharga. Maka, hal-hal itu terlalu indah untuk dilewatkan. Alih-alih selalu membayar sewa fotografer untuk merekam semua momen bersama mereka, hal itu justru membuat kantongmu terkuras dalam. Nah, biar keuangan tetap selamat dan kenangan indah tak terlewatkan untuk disimpan, kamu bisa menggeluti hobi fotografi dari sekarang.

Kamu bisa mulai belajar menggunakan kamera pocket hingga DSLR dengan baik. Tidak hanya asal jepret, teknik yang baik harus kamu pahami agar hasil jepretanmu pantas untuk dipajang di rumah. Jadi, kamu tak perlu berurusan dengan fotografer profesional, karena kamu toh gak kalah handal.

6. Agar keluarga kecilmu tak merasa jenuh, ajak mereka menikmati suasana baru dari hobimu mendaki gunung

Cowok hobi mendaki gunung via www.sheknows.com

Kesibukan kerja dan kepadatan kota seringkali membuat manusia haus akan kehangatan dan tempat tenang. Agar itu tidak terjadi, kamu bisa tawarkan pada mereka untuk mendaki gunung. Olahraga ini bukan hanya bisa melatih fisik, kepekaan satu sama lain juga lebih apik. Selain itu, mendaki gunung juga bisa membuat pikiranmu menjadi lebih jernih.

Karena mendaki gunung juga butuh kesiapan matang, jadi kamu harus tahu betul safety procedure agar mendaki gunung tetap aman sejak sekarang. Jadi kamu bisa menjadi pemimpin rombongan yang bisa diandalkan.

7. Rasa kasih sayang dan kesabaranmu bisa terlatih dari sekarang jika kamu mau belajar telaten memelihara binatang

Cowok hobi penyayang binatang via www.kaskus.co.id

Nahkoda keluarga yang baik adalah dialah pria yang tegas dan penuh kewibawaan. Dan tak boleh lupa, dialah orang yang penyayang. Jika seorang kaptain rumah tangga mempunyai rasa sayang dan kesabaran, gak jarang keluarga akan selalu bahagai selamanya.

Jika kamu tidak terlalu telaten mengikuti kegiatan sosial dengan anak-anak, maka memelihara binatang bisa melatih hati dan jiwamu menjadi lebih lembut. Mungkin kamu bisa coba pelihara kucing, ayam, burung, landak, atau anjing. Merawat mereka bisa membuatmu menjadi orang yang penuh tanggung jawab. Selain itu, ketelatenan dan kesabaranmu sebagai seorang pria pun meningkat.

8. Hadiah paling manis adalah suami yang pandai masak. Selain bisa menggantikan istri yang sakit, kamu bisa bersikap romantis dengan cara yang unik

Kegiatan memasang selalu identik dengan wanita. Padahal, perlu kamu tahu bahwa pria yang lihai bergelut di dapur akan terlihat lebih menawan. Tak melulu harus berprofesi sebagai chef handal, kamu bisa coba belajar masak menu-menu sedehaana. Kemampuanmu itu akan menjadi hadiah paling indah bagi keluarga.

Di kala istrimu sedang terkulai lemah, anak-anakmu nanti tak akan kelaparan dan istrimu akan cepat sehat. Selain itu, masakan yang enak untuk sang istri juga bisa menjadi wujud keromantisan yang unik. Dengan begitu, keluarga kalian nanti akan lebih happy. 

9. Hobi olahraga bukan hanya membuat tubuhmu sehat sampai tua, keharmonisan bersama sang istri juga akan terjaga. Jadi keluarga tetap bahagia

Cowok hobi berolahraga via keepo.me

Ungkapan ‚Äúdi dalam tubuh yang sehat selalu ada jiwa yang sehat‚Ä̬† memang kadang benar adanya. Dengan tubuh yang sehat, kamu bisa melakukan apa saja yang membuatmu senang. Alih-alih hanya makan makanan yang bergizi agar sehat, kamu tak boleh melupakan olahraga.

Mungkin kamu suka bola, badminton atau main futsal, maka gak ada salahnya kamu mulai turun kelapangan. Biarkan tubuhmu menjadi bugar dengan keringat yang kamu keluarkan. Olahraga semacam ini bisa menjadi investasi yang menguntungkan saat kamu jadi ayah. Kamu bisa tetap sehat dan terlihat gagah walau sudah tua. Selain itu, kamu juga bisa membuat akhir pekan anak-anakmu lebih menyenangkan karena kamu bisa mengajarkan mereka teknik olahraga yang benar.

10. Agar keluargamu tak jadi katak dalam tempurung, hobi traveling kudu kamu geluti. Selain itu, mereka juga tak merasa jenuh saat kamu pimpin

Cowok hobi traveling via detik13.rssing.com

Agar anak dan istrimu tak penat karena hanya di rumah, jalan-jalan adalah cara paling pas untuk menghangatkan suasana. Nah, agar kamu tak buta arah dan paham trik apa saja agar liburan menyenangkan, gak ada salahnya kamu geluti hobi traveling sejak sekarang. Hobi ini juga membuatmu tahu tempat-tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Kamu juga akan lebih pandai memilih destinasi yang menarik sesuai keuangan. Gak heran, kamu bisa menjadi pemimpin perjalanan yang patut diandalkan.

11. Jangan biarkan anak istrimu hanya terkungkung di dalam rumah, saatnya kenalkan pada mereka prespektif baru dari hobimu bersepeda

Cowok hobi bersepeda via www.goodwp.com

Selian berolahraga di lapangan, hobi bersepeda juga bisa membawamu menjadi ayah yang asyik di masa depan. Tak hanya melulu nonton TV di rumah, kamu bisa ajak anak istrimu keliling kota dengan sepeda bersama. Bersepeda ampuh untuk menghasilkan keringat dengan cara yang lebih menyenangkan. Mereka tak perlu merasa tersiksa, karena bersepeda akan menyajikan pemandangan tak tertebak. Selain itu, prespektif baru juga akan mereka dapat. Jadi bukan hanya keakraban, kesehatanpun bisa jadi keuntungan.

12. Kemampuan menulis bukan hanya membuatmu lihai mendidik buah hati, istrimu juga akan tersenyum manis saat kamu surati

Coeok hobi menulis via nymag.com

Pendidikan anak bukan hanya tugas seorang ibu, tapi kamu yang menjadi ayah juga mengembannya. Nah, agar kamu bisa jadi suami yang asyik untuk diajak kerjasama, maka hobi menulis bisa kamu geluti dari sekarang. Hobi menulis dapat melatih otakmu dalam mencerna informasi baru, selain itu ilmu yang kamu dapat juga akan lebih mudah untuk disampaikan pada anak-anakmu kelak. Tak hanya itu, hobi menulis juga menjadikanmu suami yang romantis. Wanita mana sih yang tak suka diberi secarik surat cinta?

Menjadi ayah yang baik itu tak hanya pandai mencari nafkah, pemimpin keluarga yang bisa diandalkan dan asyik diajak kerjasama juga wajib kamu penuhi. Nah, agar bekalmu makin lengkap, kamu bisa geluti hobi ini dari sekarang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya