Berapa banyak dari kita yang sering terkesan dengan perkembangan gadget terkini? Ya kita pasti ingin memiliki gadget keluaran terbaru dengan segala perkembangan teknologinya.

Namun, berapa banyak dari kita yang peduli tentang apa yang terjadi selama pembuatan gadget – gadget idaman kita itu?

Dibalik gadget di genggaman kita, ada sejuta air mata via fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net

Hanya sedikit yang peduli tentang masalah ini, salah satunya adalah Who Pays Film. Who Pays Film adalah lembaga yang sengaja mendokumentasikan penderitaan para “korban” dari gadget – gadget kita dalam bentuk film pendek.

Para pemeran dalam film berjudul Who Pays the Price? The Human Cost of Electronics ini merupakan pekerja – pekerja muda China yang divonis positif mengidap Leukopenia dan Leukimia akibat bahan – bahan kimia yang digunakan dalam proses produksi beragam smartphone yang ada di pasaran.

Advertisement

Leukopenia sendiri adalah penyakit karena kekurangan sel dari putih dalam tubuh sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan Leukimia atau yang sering disebut dengan kanker darah adalah penyakit yang disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih di dalam tubuh.

Seperti yang disebutkan dalam film, 12 juta anak belasan tahun di China keluar rumah untuk bekerja. Mereka ini adalah bagian dari 260 juta orang di China yang harus jauh meninggalkan rumahnya untuk bertahan hidup.

Dan inilah beberapa kutipan yang ada dalam video ini,

Mimpiku adalah keluar rumah dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Aku berhenti sekolah karena kedua orang tuaku harus bekerja siang malam demi sekolahku. Namun, kau tahu? Saat aku di rumah sakit aku tak mampu berjalan. Aku tak berani untuk mengatakannya pada ibuku. Ku pikir setidaknya aku harus bisa menjaga diriku sehingga aku tak lagi membebani kedua orang tuaku. Tapi akhirnya aku tetap saja menjadi beban bagi mereka” Shang Jiaojiao, korban racun N-Heksana.

Aku berada di RS selama 6 tahun. Kurasa hidupku telah berakhir, aku tak tahu apa yang harus kulakukan kini” Chen Chuang, penderita Leukopenia.

Aku telah menjalani 28 kemoterapi. Tulang – tulangku terasa begitu sakit, sungguh – sungguh sangat menyakitkan” Yi Yeting, penderita Leukimia.

Perusahaan sama sekali tidak memberikan kompensasi untuk penyakitku karena mereka menganggap penyakitku bukanlah kecelakaan kerja. Aku masih khawatir pada ibuku. Akankah dia baik – baik saja? Itulah sebabnya aku bekerja begitu keras. Namun, kini kurasa semuanya harus berakhir” Chen Qianqian, penderita Leukimia.

Film lengkap mengenai apa yang terjadi selama proses produksi gadget – gadget idaman kita tersebut dapat dilihat dalam video di bawah ini.

Jadi dibalik cepatnya kemajuan teknologi yang diperlihatkan oleh gadget – gadget kita, terdapat ratusan bahkan jutaan air mata pekerja muda China yang terkena racun Benzena, N-Heksana atau beragam racun kimia yang digunakan selama proses produksi. Bantu mereka untuk menentang penggunaan bahan – bahan kimia dalam industri dengan petisi berikut ini.