Hari Senin jadi momok tersendiri bagi kita semua. Tapi sebenarnya jika dipikir lagi, apa coba salah hari Senin sampai satu-satunya pepatah yang melekat dalam pikiran kita tentang hari Senin adalah ‘ I hate monday’. Coba deh pikir lagi alasan-alasanmu untuk membenci hari pertama yang mengawali minggu baru ini! Mungkin alasan umum yang diamini orang seantero dunia adalah karena tibanya hari Senin berarti perpisahan dengan weekend. Waktu dimana kebanyakan orang terlepas dari tanggungjawab profesi maupun rutinitas pekerjaan yang seringkali bikin kepala mau pecah.

Tapi bayangkan jika kamu bisa memiliki weekend untuk selamanya? Akankah hidup tanpa punya kewajiban dan alasan untuk cepat-cepat bangun di Senin pagi, membuatmu bahagia? Mungkin jika hanya sementara, tapi Hipwee yakin tak ada orang yang sebenarnya ingin bermalas-malasan selamanya. Senin adalah hari dimana kamu harus mulai kembali beraktivitas. Itu adalah realitas yang harus diterima dan justru disambut dengan penuh syukur, bukan dibenci. Ini nih keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari mencintai hari Senin.

1. Selalu menggumam ‘I hate monday’ baik dalam hati maupun perkataan, sama saja mengutuk atau berharap yang terburuk untuk minggumu ke depan. Mulailah minggumu secara positif dengan slogan baru, ‘I love monday’

Ubah awal minggumu jadi lebih positif via wheretoget.it

Hari Senin adalah awal minggu. Pastinya tiap orang ingin pekerjaan atau kuliahnya seminggu ke depan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Tapi dengan terus meyakini bahwa hari Senin adalah hari terburuk, bukankah itu sama saja secara tak langsung kamu sedang mengutuk awal minggumu. Ubahlah cara pikir itu sekarang juga supaya kamu bisa memulai minggumu dengan sikap yang lebih positif dan optimis!

Rasa kesal karena tak bisa lagi menikmati kebebasan weekend, memang bisa dipahami. Tapi kamu tak perlu rindu buta dengan akhir pekan sampai membenci hari Senin setengah mati. Weekend atau kesempatanmu istirahat pasti akan datang lagi. Weekend-mu justru akan terasa lebih memuaskan jika kamu sudah bekerja keras dan memenuhi semua kewajiban serta targetmu sepanjang minggu. Jadi jangan bermalas-malasan memulai minggumu dengan menghujat hari Senin, cintailah awal minggumu sebagai tanda terbukanya kesempatan baru untuk berkarya.

2. Bagi penikmat kopi, hari Senin adalah hari terbaik untuk merasakan efek magis secangkir kopi. Kopi pasti terasa ekstra lezat pada Senin pagi

Advertisement

Nikmati kopi terbaik di hari Senin via unsplash.com

Buat mereka yang perlu tendangan kafein demi membangunkan tubuh, secangkir kopi untuk memulai hari adalah ritual wajib. Jika termasuk golongan itu, mestinya kamu bisa paham bagaimana kopi yang diminum setiap Senin pagi terasa ekstra spesial. Terutama jika kamu menghargai Senin sebagai kesempatan baru yang tidak seharusnya dibenci, entah kenapa secangkir kopi pada Senin pagi itu terasa lebih lezat. Jadikanlah ini sebagai motivasi lebih untuk memulai minggu, yakni untuk merasakan kopi terenak meski tak ada bahan spesial atau perbedaan cara menyeduh. Hanya karena kamu bersyukur bisa kembali diberikan energi untuk menjalani minggu.

3. Sikap dan kebiasaan positif di awal minggu, akan memiliki efek yang bertahan lama. Olah raga sederhana di hari Senin seringkali bisa buat tubuhmu segar berhari-hari ke depan lho

Sambut awal minggumu dengan bugar via unsplash.com

Hari pertama dalam seminggu, berarti kamu masih punya 7 hari untuk melakukan dan meraih apapun yang diinginkan sampai akhir minggu. Jika pekerjaan atau aktivitasmu tidak mengikuti aturan minggu Senin-Minggu karena waktu kerjanya yang fleksibel, mungkin tiap harinya tak begitu ada bedanya bagimu. Tapi untuk kebanyakan dari kita yang waktu liburnya dihitung akhir pekan, hari Senin itu justru hari penting yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Energi positif yang disimpan di awal minggu, akan membuat start terbaik untuk menyelesaikan minggumu dengan kesuksesan.

Berpikiran positif, menikmati secangkir kopi atau teh, dan olah raga di Senin pagi, bisa jadi bahan bakar mumpuni untuk seminggu ke depan. Olah raga sederhana seperti jogging keliling kompleks atau strecthing ringan memang baik jika bisa dilakukan tiap hari, tapi ada manfaat tersendiri jika kamu biasakan tiap hari Senin. Paling tidak jika sudah berhasil memulai minggumu dengan olah raga, kamu akan paham betapa pentingnya badan yang bugar untuk menghadapi kepenatan pekerjaan atau aktivitasmu sepanjang hari. Berolah raga di Senin pagi juga merupakan trik untuk mencegah olah raga hanya jadi wacana sepanjang minggu yang terus ditunda.

4. Hari Senin justru harusnya jadi hari yang kamu tunggu-tunggu. Itulah hari terbaik untuk menata kembali jadwal dan rencana minggu serta hidupmu ke depan, supaya lebih lancar

Harus punya start terbaik di awal minggu via unsplash.com

Untuk bisa menyelesaikan segalanya dengan baik, kamu wajib paham mana garis start dan finish-mu. Dengan begitu kamu bisa membuat strategi terbaik dari awal supaya dapat finish terdepan dan penuh kesuksesan. Maka dari itu untuk bisa mengalami minggu yang sukses, kamu tak bisa asal-asalan apalagi membenci start-mu di hari Senin. Gunakanlah hari Senin sebagai waktu strategis untuk menyusun kembali rencana-rencana dan targetmu. Terutama jika kamu menutup minggu lalu dengan banyak kesalahan, hari Senin adalah kesempatan barumu untuk memperbaikinya dan jadikan minggu ini lebih baik.

5. Kalau bisa mencintai dan menanti-nanti hari Senin layaknya semua orang memuja akhir pekan, itu berarti kamu sudah menemukan keseimbangan hidup terbaik. Penuh passion dalam bekerja, tapi tahu cara menikmati hidup

Hidup terbaik jika kamu sudah bisa mencintai hari Senin via unsplash.com

Kunci menemukan kebahagiaan dalam hidup itu adalah dengan dapat menjalaninya dengan seimbang. Tahu kapan harus mengikuti ambisi, tapi tahu juga kapan harus berhenti sejenak untuk refleksi dan bersyukur atas semua yang telah dicapai. Begitu pula perihal menemukan keseimbangan dalam melaksanakan pekerjaan dengan menikmati hidup yang terus berjalan.

Jika kamu termasuk orang yang mencintai pekerjaan dan hidupmu, memulai kerja di hari Senin justru biasanya merupakan hari yang sama dinantinya dengan hari Jumat. Kamu tak sabar lagi ingin merealisasikan ide-ide yang ada di kepalamu. Atau sekadar bercengkrama dan berdiskusi dengan rekan kerja tentang rencana ke depan. Banyak hal yang ingin kamu lakukan dan capai di hari Senin, untuk akhirnya menanti waktu istirahat di akhir pekan.

6. Jika dibandingkan dengan mereka yang tak punya alasan bangun pagi di hari Senin, ketahuilah kamu justru tergolong kelompok yang beruntung

Bersyukur punya kesibukan via unsplash.com

Jangan pernah iri dengan mereka yang sama sekali tak punya alasan untuk bangun pagi di hari Senin pagi. Pastinya kamu tidak iri ‘kan dengan ‘pengacara’ atau pengangguran tanpa acara, yang bisa ‘berleha-leha’ seminggu penuh tapi pikiran dan hatinya tak pernah tenang. Kamu juga tak perlu iri dengan mereka yang jam kerjanya fleksibel seperti pengusaha. Mungkin memang tak harus bekerja dari Senin pagi, tapi bekerja tanpa patokan jam khusus juga merupakan tantangan tersendiri yang tak bisa dianggap remeh. Bersyukurlah akan kesempatanmu untuk bisa bekerja, belajar, dan berkarya lagi di hari Senin. Janganlah membenci awal minggumu, sambutlah hari Senin dengan senyuman dan semangat baru!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya