Siapa sih yang tidak ingin berbahagia? Kita semua pada dasarnya selalu mengejar kebahagiaan sejati dalam hidup. Terkadang juga kita selalu berusaha melakukan segala hal, namun entah mengapa bukanlah kebahagiaan yang kita dapat. Jangan salah, kebahagiaan diri kita sendiri pada dasarnya adalah memilah milih urusan apa yang menjadi bagian dari kita dan apa yang bukan. Ini dia beberapa hal yang perlu kamu hindari kalau kamu mau lebih berbahagia lagi.

1. Berdiam diri

kamu lagi ngapain? via 500px.com

Hey, apa yang kamu sudah puas dengan hidupmu kawan? Entah urusan berpacaran, pekerjaan ataupun pertemananmu, keputusan untuk hanya berdiam diri tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Kalau memang katanya kamu mau sukses lakukanlah sesuatu. Menerima semuanya dan pasrah terhadap keadaan tidak akan mengantarkan dirimu pada suatu pencapaian yang besar. Jangan menerima apa adanya, tingkatkan kualitas hidupmu, dan raih suksesmu.

2. Selalu mengatakan ya

cobalah bilang tidak via 500px.com

Memang tidak terkadang kita hanya ingin berbuat baik dan merasa segan untuk menolak permintaan orang lain. Tetapi bukannya mau bersikap sombong loh ya, beri waktu untuk dirimu sendiri. Sadari bahwa kamu juga perlu waktu untuk mengurus hal – hal yang membuatmu. Cobalah untuk berkata tidak. Bagi waktumu dengan baik, jadi kamu bisa merasa berbahagia atas dirimu tanpa harus merasa bersalah kepada orang lain.

3. Melakukan hal- hal secara berlebihan

Advertisement

lakukan secukupnya via 500px.com

Kunci dari kedamaian pikiran kita ada pada bagaimana kita menyeimbangkan hidup. Ya, walau harus kita akui bahwa memang ada beberapa hal baik yang negatif ataupun positif sangat kita sukai. Sehingga tanpa kita sadari kita menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal tersebut. Tanpa kamu sadari kamu malah lupa mengurus hal lainnya. Kuncinya ada pada kewajaran melakukan suatu hal.

4. Hidup dalam masa lalu

why are you so blue? via 500px.com

Banyak sekali masalah yang berlalu lalang hadir di dalam hidup kita. Kenangan dan penyesalan terkadang hadir menghantui pikiran kita, membuat hidup kita jadi nggak damai. Sudahlah, masa lalu biarlah menjadi masa lalu. Toh, tidak ada juga yang bisa kamu lakukan lagi untuk merubah apa yang telah terjadi. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan saat ini adalah memperbaiki dirimu. Lakukan hal hal baik bagi orang- orang terdekatmu. Lepaskan masa lalu dan berbahagialah atas apa yng kamu lakukan saat ini.

5. Selalu mendengarkan apa kata orang

biarkan mereka mengomentarimu via 500px.com

Ini hidupmu kawan, dan ketahuilah bahwa apapun yang akan terjadi nanti sepenuhnya merupakan tanggung jawabmu. Mendengarkan kata dari orang lain memang tidak salah. Apalagi kalau hal tersebut menyangkut nasihat baik dan saran – saran yang membangun untukmu. Tetapi kalau untuk urusan gaya berpakaian, hobi, atau passion bekerjamu yang unik jangan ragu untuk yakin terhadap pilihanmu. Suatu hal tidak serta merta menjadi benar hanya karena dia diyakini benar oleh kebanyakan orang. Tetap lakukan apa yang ingin kamu lakukan selama itu baik dan tidak merugikan orang lain.

6. Membandingkan diri dengan orang lain

ya, dia cukup keren via 500px.com

Nah, ini nih yang paling gampang bikin kita merasa depresi dengan kehidupan. Kecenderungan kita untuk membandingkan diri dengan orang lain memang akan dengan mudahnya merasa minder. Pada akhirnya kita selalu memandang buruk diri kita sendiri. Padahal mungkin kalau kamu mau melihat ke diri sendiri, melihat semua perjuangan telah kamu lakukan untuk hidupmu, kamu tidak seburuk yang kamu kira. Kamu sama kerennya atau bahkan lebih keren dari orang kamu kira lebih keren darimu. Berhentilah membandingkan dan mulai bersyukurlah atas semua pencapaianmu hingga detik ini.

7. Bergosip

stop gossiping people! via 500px.com

Entah laki- laki atau perempuan sebenarnya semuanya suka berbicara, apalagi kalau berbicara tentang urusan orang lain. Padahal kamu sadari atau tidak, bergosip tidak hanya membuang waktu, dan menanamkan kebencian yang seharusnya tidak perlu ada. Bergosip juga sama sekali tidak menguntungkan buat kita. Jadi buat kamu yang masih suka bergosip ria, akan lebih baik kalau kamu kurangi porsi gosipan-mu dan mulai lebih ramah dalam melihat kekurangan dan kesalahan yang ada pada orang lain. Kamu sendiri juga nggak mau kan digosipin?

8. Pesimis

jadilah orang optimis via 500px.com

Kapan kamu mau maju kalau kamu melihat sisi kehidupan ini selalu dari kemungkinan terburuknya? Resiko akan selalu ada dalam setiap pilihan yang kita ambil, tetapi kalau kamu kamu selalu lebih memikirkan resiko daripada peluang, lalu kapan kamu berani melangkah. Cobalah berpikir positif dalam hidupmu, beranilah mengambil resiko dan belajarlah bertanggung jawab.

9. Mengunci dirimu

kamu melamunkan apa? via 500px.com

Kesendirian memang sering terasa menyenangkan, apalagi kalau kamu adalah pribadi yang introvert. Terlepas dari apapun tipe pribadimu, selalu mengunci diri bukanlah pilihan yang tepat untuk kebahagian hidupmu. Sesekali ada baiknya kalau kamu mau berjalan- jalan keluar untuk melihat dunia, melihat tempat baru, suasana baru, bahkan cara pandang yang baru dalam melihat kehidupan. Memiliki teman teman disekitarmu berarti juga melipatgandakan kebahagiaanmu dan membagi dukamu.

10. Mengeluh

kamu bukan anak – anak via 500px.com

Kata- kata memiliki pengaruh yang amat kuat, khususnya terhadap dirimu sendiri. Mengeluhkan tentang keadaanmu tidak akan menjadikan dirimu lebih berbahagia tetapi malah sebaliknya. Kamu hanya akan merasa lebih buruk akan dirimu sendiri. Kalau kamu memang telah mengambil keputusan yang salah dan gagal, akui saja, tetapi jangan mengeluh. Jangan membicarakan apa yang salah, namun bicarakan tentang bagaimana membuat suatu hal lebih baik. Perbaiki saat ini juga, lakukan sesuatu.

11. Berusaha membuat orang lain selalu terkesan

be original, be you via 500px.com

Berhentilah mencoba membuat orang lain memperhatikanmu karena pakaian atau kendaraan apa yang kamu pakai. Itu bukan siapa kamu sebenarnya tetapi itu semua hanyalah barang-barangmu. Jadilah siapa kamu sebenarnya dan orang- orang disekitarmu akan mencintaimu dengan lebih jujur. Kamu pun tidak akan merasa depresi ketika kamu tidak bisa menggunakan pakaian atau kendaraan yang bagus.

Pada akhirnya menjadi lebih berbahagia dalam hidupmu adalah masalah kedamaian hati. Perbaiki apa yang terlanjur salah sedikit demi sedikit. Lakukan apa yang membuatmu merasa bahagia mulai hari ini.