Media sosial sudah seperti nafas bagi segelintir orang. Tak sedikit dari kamu yang bahkan merasa tak bergairah jika sehari saja tidak update di Path, Twitter, atau Instagram. Hal yang remeh temeh hingga yang krusial, kamu bagikan di beberapa media sosial tersebut. Membincangkan tentang media sosial, selebriti kenamaan Kim Kardashian, baru saja mengalami kejadian perampokan yang berkaitan dengan postingan yang diunggah sebelumnya. Hal tersebut disinyalir berkaitan erat dengan hobi Kim yang sering pamer kekayaan di akun media sosial miliknya.

Bagi sebagian kamu, media sosial tak ubahnya buku diari. Apa yang terjadi dan tengah kamu alami tak segan untuk kamu bagi di sana

Media sosial tak ubahnya buku diari

Dulu, sebelum media sosial menjadi bagian dari hidup banyak orang, buku diari menjadi tempat untuk mencurahkan isi hati, pikiran, dan apa saja yang tengah kamu alami saat ini. Kini, posisi buku diari seolah tergantikan dengan hadirnya beragam media sosial beberapa tahun belakangan. Kamu sedih, lagi bahagia, sedang traveling, hingga sekadar laper atau b te, tak segan dikabarkan pada khalayak via media sosial. Kamu sudah tak butuh lagi buku diary karena kehadiran facebook, Path, Instagram, dan Twitter, begitu penting dalam keseharianmu. Memposting cerita dan foto ibarat sudah menjadi nafas buatmu. Kamu merasa kurang jika sehari saja tanpa memposting apa-apa.

Seperti halnya pesohor dunia Kim Kardashian yang tak pernah pelit membagi kesehariannya pada 84 juta lebih pengikutnya di Instagram

Kim tergolong seleb yang sering update di akun media sosialnya via indiatoday.intoday.in

Kim ini setidaknya memiliki 84 juta lebih follower di Instagram dan 48 juta lebih follower di Twitter. Setidaknya, ada sekitar 40-80 jutaan orang di dunia yang khatam tentang keseharian istri Kanye West tersebut. Yup, karena Kim memang tergolong selebritis yang terbuka tentang kehidupannya. Hari ini dia sedang apa dan di mana, tak segan untuk dia bagi di akun media sosial miliknya. Seperti saja Kim baru saja mendapat cincin berlian dari sang suami Kanye West. Tanpa perlu menjadi karibnya Kim, kamu yang bukan siapa-siapanya pun bakal tahu tentang hal itu.

Nahas, hobi Kim yang kerap memposting kesehariannya di medsos justru berujung pada perampokan yang membuatnya syok

Advertisement

Kim dirampok di Paris via www.bbc.com

Nasib buruk nampaknya tengah melanda Kim Kardashian. Sebab pada Senin (3/10), lebih tepatnya pukul 03.00 pagi, Kim ditodong oleh gerombolan perampok ketika tengah bermalam di sebuah apartemen mewah di Paris. Cincin berlian milik Kim yang berharga sekitar US$4,5 juta beserta perhiasan lainnya, raib dibawa kabur oleh kawanan rampok yang juga sempat menyekapnya di toilet. Atas kejadian yang menimpanya, Kim yang sempat ditodong pistol oleh dua orang perampok tersebut, kini begitu syok. Meski kehilangan sekitar US$10 juta (Rp 129 miliar), setidaknya Kim masih tergolong beruntung karena tak mengalami luka fisik.

Banyak yang berpendapat tentang bagaimana perampok begitu mudah menyusup ke apartemen mewah tempat Kim bermalam, yang biasanya mengalami penjagaan ketat. Yup, banyak yang berpendapat bahwa kejadian perampokan ini dimuluskan oleh kebiasaan Kim yang kerap memposting kesehariannya secara rinci. Kim yang berada di Paris untuk menghadiri musim pagelaran busana Paris (Paris Fashion Week) tersebut sempat memposting Yeezy Show Room di Paris ini surga di akun Twitter-nya. Serta mengunggah foto bersama pengawalnya. Informasi yang Kim bagi tentang dirinya di akun media sosial miliknya membuat banyak orang begitu mudah untuk melacak keberadaan Kim.

Di tambah lagi, kedua saudara Kim yang juga bersama dengannya di Paris, yakni Kourtney dan Kendall, juga tergolong update tentang keseharian mereka di media sosial. Jadilah, segelintir orang yang berniat jahat pada Kim mudah untuk memantau apakah dia tengah sendiri atau bersama kedua saudaranya itu. Pelajarannya adalah kamu boleh saja memposting apa pun di sosial media, selama itu tidak memberikan kesempatan bagi orang lain untuk berniat jahat padamu.

Takdir bukan satu-satunya alasan atas kejadian sial yang menimpa Kim. Jika dirunut, kebiasaan Kim yang kerap pamer kekayaan di medsos juga jadi salah satu penyebabnya

Postingan Kim tentang cincin berliannya. via www.telegraph.co.uk

Empat hari sebelum kejadian nahas itu menimpa Kim, ibu dua anak tersebut baru saja mengunggah foto cincin berlian hadiah dari sang suami Kanye West. Nampaknya perampok mengincar cincin berlian tersebut setelah melihat unggahan tersebut di akun medsos milik Kim. Mungkin kejadian perampokan tersebut tak kan terjadi jika saja Kim tidak sebegitu pamernya di media sosial. Kita kadang sering lupa bahwa postingan yang bertendensi memamerkan kekayaan bisa memicu orang lain untuk berbuat jahat. Seperti quotes klasik miliknya Bang Napi bahwa kejahatan itu bukan hanya karena niat pelakunya tapi juga karena adanya kesempatan.

Kamu boleh saja menganggap media sosial itu diari pribadi, asalkan postinganmu bernada positif dan tak memancing orang lain untuk berniat menjahati

Pasti banyak yang iri lihat koleksi tasnya via www.purseblog.com

Perhiasan, mobil mewah, rumah, hingga liburan ala jetset, sebaiknya jangan begitu diumbar di media sosial. Oleh karena bisa berimbas negatif pada sang pemilik akun. Lebih dari itu, sebenarnya masih banyak hal positif yang bisa kamu bagi pada khalayak via media sosial. Tak apa menyangkut hal yang pribadi, seperti kegiatan positif yang kamu lakukan atau bahkan perasaan dan pemikiranmu yang sangat personal.

Selama itu nggak bertendensi memancing orang lain untuk berniat jahat padamu. Ketimbang memposting boarding pass atau kunci kamar hotelmu ketika tengah liburan, lebih baik memposting pengalaman menarik yang kamu alami selama dalam perjalanan. Baiknya, teguhkan prinsipmu untuk lebih sering memposting hal-hal yang bernada positif di media sosial.

Dari kejadian yang menimpa Kim, kita bisa memetik hikmah bahwa terkadang hidup sederhana itu baik dan menenteramkan

Hidup sederhana kadang lebih baik dan menenteramkan via www.logancole.com

Bersyukurlah kamu yang saat ini menjalani hidup dengan sederhana. Hidup yang jauh dari kemewahan ternyata menjauhkanmu dari sifat pamer. Meski tanpa mobil dan perhiasan mewah, nyatanya hidupmu adem ayem saja. Karena kamu yakin bahwa masih banyak hal sederhana yang membuatmu bahagia dan layak untuk kamu bagi di media sosial. Oleh sebab hidup dan akun media sosial tak melulu harus diisi dengan kemewahan.

Semoga kita bisa belajar dari cerita nahas Kim Kardashian bahwa pamer kekayaan di media sosial sebenarnya tak ada faedahnya. Bisa memancing orang lain untuk berbuat jahat. Karenanya, bijaklah dalam mengisi laman media sosial yang kamu punya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!