Indonesia punya beragam suku, ras, golongan, dan agama. Kekayaan yang mestinya jadi pemersatu, tak jarang malah menjadi masalah selalu ada karena perbedaan yang ada di dalamnya. Salah satu mengklaim lebih benar dari yang lain. Tak jarang pula jalan kekerasan dipilih hanya demi mendapatkan rasa menang yang padahal tak membuat tenang.  Lalu dimana bhineka tunggal ika yang kita banggakan?

Sementara itu, hewan-hewan ini yang katanya tak sesempurna manusia, mampu mewujudkan semuanya jadi nyata tanpa perlu bicara. Mereka menghapus batas perbedaan dan mernunjukkan betapa indahnya cinta. Kasih sayang tanpa ikatan darah dan persamaan berhasil mereka buat dan menginspirasi kita semua. Kamu yang masih suka membeda-bedakan nggak malu apa?

1. Kita sudah berbeda sejak lahir dan biarlah kita tetap berbeda. Nggak perlu berantem, bisa?

Kucing dan anjing pun bisa rukun walau berbeda via visitglendale.wordpress.com

Tak perlu bertengkar dan beradu pendapat hanya karena perbedaan yang memang tak bisa disatukan. Toh setiap orang memang berhak menentukan pilihan. Tuhan pun mengizinkan hamba-Nya memilih segala sesuatu keinginan dengan segala konsekuensinya. Jadi tak perlu lah kita melebihi Tuhan dengan saling memaksa.

2. Perbedaan memang sering kali terasa asing, cukup percaya saja bahwa berbeda itu tak apa-apa

Tak perlu memandang aneh via shareably.net

Advertisement

Berbeda itu sah-sah aja kok, nggak perlu lah kita ribut-ribut ngabisin tenaga dan pikiran. Lebih baik kita salurkan energi positif kita untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dibandingkan hanya menyudutkan salah satu pihak.

3. Mengamati dulu sebelum bergaul dengan ia yang berbeda itu wajar, tapi cobalah hindari berprasangka

Lihat, kelinci dan anjing ini pun ingin mengenal satu sama lainnya via ebaumsworld.com

Mencoba menjaga jarak terlebih dulu sebelum benar-benar bergaul juga wajar dan tidak masalah sama sekali. Tapi please, hindari memberikan label dan prasangka buruk pada mereka yang berbeda denganmu. Cobalah berpikiran terbuka dan mengumpulkan sisi-sisi positif orang yang berbeda.

4. Dinding perbedaan memang ada. Tak perlu saling membentengi, coba kenali hidupnya lebih jauh lagi

Berjalan bersisian, walau tidak satu spesies via cedarrow.org

Ajak mereka yang berbeda denganmu untuk berjalan atau sekadar berbicara berdua. Dengan lebih sedikit orang biasanya kita akan lebih mudah memahami orang lain. Bicaralah secara pribadi dan cari tahu hal-hal yang mendasar mengenai kehidupan orang itu, baru kamu akan memahami prinsipnya.

5. Percayalah, akan selalu ada hal yang bisa membuat kita tertawa walaupun banyak perbedaan

Cheetah dan anjing saja akrab seperti ini via pbs.org

Jangan kira, berbeda artinya tak mungkin ada hal yang sama. Justru perbedaan itu bisa menghadirkan sejuta alasan untuk tertawa bersama. Akan selalu ada topik-topik kehidupan yang bisa kalian tertawakan bahkan topik tentang perbedaan itu sendiri.

6. Kebersamaan kalian bisa menginspirasi mereka yang kini masih saling curiga di luar sana

Mereka boleh curiga, yang penting kita bisa tertawa via today.com

Orang-orang yang melihat bagaimana kalian begitu baiknya saat hidup bersama, orang lain juga akan terinspirasi untuk melakukannya juga. Jadi bukan hanya kamu yang akan merasakan manfaatnya, orang lain pikirannya pun bisa terbuka karena melihat kalian tak saling curiga.

7. Dunia ini terlalu indah jika kita hanya melewatinya dengan mempertentangkan perbedaan

Dunia saling indah jika saling menyayangi seperti mereka via caringforyourpetinspecialways.blogspot.com

Masih ada banyak hal yang lebih indah dibandingkan hanya saling menyalahkan dan mengutuki perbedaan. Hidup bersama mereka yang berbeda dan menikmati keindahan dunia mungkin lebih baik dibandingkan hanya menebar duka akibat perbedaan yang jelas adanya.

8. Ego yang ada dalam diri setiap orang untuk melawan perbedaan sebenarnya hanya perlu ditahan

Merendahkan ego demi melupakan perbedaan via youtube.com

Karena setiap orang memiliki rasa egois untuk memenangkan pendapat dan prinsip mereka, maka kamu harus sadar bahwa yang bisa kamu lakukan hanya menahan rasa egois yang ada dalam dirimu. Memenangkan hati dua orang akan lebih baik daripada menang sendiri bukan?

9. Tak perlu menyamakan apa yang berbeda, biarkan saja perbedaan itu ada disana

Tikus dan kucing pun saling berbincang via lifewithdogsandcats.wordpress.com

Biarkan saja perbedaan itu ada disana dan kita tak perlu mengutak-atiknya. Cukup tak menyentuh perbedaan yang bisa menyulut pertengkaran dan fokus pada hal-hal yang bisa kita kerjakan bersama saja. Itu sudah lebih dari cukup.

10. Mencintai yang berbeda tak sesulit yang kamu bayangkan, cukup hal sederhana saja yang kamu lakukan

Sesederhana menghilangkan benci dan prasangka via today.com

Hal-hal sederhana seperti saing melempar senyum dan memberi ucapan selamat sudah cukup untuk membangun hubungan yang indah di atas perbedaan. Tak perlu melakukan hal-hal yang rumit untuk saling bertenggang-rasa, karena yang berbeda pun tetap bisa bersama.

11. Apa yang menurutmu tak mungkin karena alasan perbedaan bisa menjadi mungkin atas nama kasih

Kucing rela menyusui bayi bebek yang kelaparan. Segalanya mungkin! via miscethoughts.blogspot.com

Apakah mungkin kucing ini bisa menyusui hewan yang bukan anaknya? Secara logis mungkin kamu akan membantahnya, tapi kamu mau apa jika kasih memang benar-benar ada. Tak akan ada yang mampu menghalanginya dan tak akan ada yang bisa pula menghancurkan kasih itu.

12. Tuhan menciptakan makhluk-Nya berbeda-beda agar bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing

Biar berbeda tetap bisa bersama via youtube.com

Sesungguhnya kita diciptakan berbeda untuk saling mendukung dengan hidup bersama-sama. Karena setiap makhluk punya kekurangan dan kelebihan masing-masing yang bisa saling melengkapi satu sama lain.

Setelah melihat hewan-hewan yang berbeda itu tetap bisa bersama, tidakkah kamu sebagai manusia malu jika kamu masih ingin memenangkan dirimu sendiri di atas perbedaan dengan yang lainnya? Cobalah untuk memahami mana yang memang harus kamu menangkan dan mana yang cukup kamu diamkan saja!