Artikel ini adalah hasil partnership antara Hipwee dan Bukalapak. Marketplace lokal tempatmu bisa belanja online sekaligus menunjukkan rasa cinta pada Indonesia.

Menunjukkan rasa cinta cuma ke pacar atau orang yang disayang rasanya sudah mulai ketinggalan jaman. Masih banyak sisi penting lain di hidup kita yang juga perlu dihargai semanis mereka. Negara tempat kita tinggal, belajar, dan tumbuh besar ini salah satunya. Seberapa sering sih kita menunjukkan rasa cinta dan terima kasih padanya?

Seperti frasa “Sesuatu yang dilakukan dengan hati pasti akan terasa di hati” — menunjukkan kuatnya rasa tidak pernah menuntut tindakan-tindakan bombastis dan rumit. Dengan 7 cara yang sudah Bukalapak dan Hipwee kumpulkan sebenarnya kamu bisa kok mengekspresikan dalamnya perasaan.

1. Targetkan diri sendiri untuk mengunjungi 3 destinasi dalam negeri tiap tahunnya. Perjalanan selalu punya cara membuatmu lebih hangat menunjukkan cinta

Dengan perjalanan kamu akan mencintai Indonesia dengan cara berbeda via maripiknikjanganpanik.wordpress.com

Mengunjungi bersahajanya Baduy, melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana indahnya savana di Rinjani, sampai jadi saksi gerakan komodo yang anggun di Pulau Komodo akan memunculkan rasa berbeda di hati. Tak salah memang jika perjalanan dikatakan sebagai cara terbaik untuk mengolah rasa.

Dalam lelahnya kaki dan berkeringatnya tubuh rasa cinta itu bisa kian tumbuh. Interaksimu hangatmu dengan penduduk asli menyadarkan bahwa maih banyak orang baik di negeri ini. Mengunjungi destinasi lokal secara rutin tiap tahunnya membuatmu merasa makin dekat dan cinta pada Indonesia.

2. Aplikasi dan game buatan developer lokal wajib punya slot di gadget-mu. Toh buatan mereka juga sudah sekeren itu

Kulit manggis kini ada ekstraknya~ via www.arcadesindo.com

Soal kreativitas sebenarnya anak muda kita gak kalah keren dari anak muda lain di luar sana. Game dan aplikasi yang anak-anak muda Indonesia ciptakan layak disandingkan dengan hasil karya developer besar. Bedanya, developer besar sudah punya pengunduh loyalnya sendiri — nah kalau karya anak muda kita masih harus di support agar bisa bertahan.

Sesederhana mengunduh game dan aplikasi yang developer lokal ciptakan sudah bisa membantu mereka menyambung nafas. Nilai plusnya lagi, aplikasi dan game yang ada di gadget-mu jadi berbeda dari teman-teman lain. Lokal punya!

3. 2 CD musisi lokal wajib masuk daftar belanja bulanan. Kalau bukan kita yang support, gimana mereka mau bertahan?

Kalau bukan kita yang support gimana mereka mau bertahan? via dibandaneira.tumblr.com

Gerakan 1 bulan 2 CD bisa jadi cara termanis untuk menunjukkan cintamu pada musisi lokal. Ditengah makin maraknya pembajakan dan kurangnya penghargaan — konsistensimu membeli 2 CD per bulan akan memberi industri ini angin segar.

Setiap bulannya, coba beli 2 CD musisi lokal untuk menghargai kerja keras mereka. 2 CD lokal per bulan tidak begitu memberatkan ‘kan? 80 ribu – 100 ribu per bulan jadi kiat termudah untuk menunjukkan penghargaan.

4. Naikilah puncak gunung untuk melihat Indonesia dari ketinggian. Sebenarnya cinta tanah air tidak perlu ditunjukkan dengan slogan-slogan

Cinta tanah air tidak perlu ditunjukkan dengan slogan dan hipokrasi via www.instagram24.com

Gak perlulah repot-repot pakai kaus bertuliskan quotes cinta tanah air atau mengutip quotes patriotik untuk ditulis di media sosialmu. Ada cara menunjukkan cinta yang jauh lebih nyata dan lebih sederhana daripada itu. Cara paling nyata adalah dengan menapaki puncak-puncak tertinggi di negeri ini.

Angkat kerilmu, tantang kaki untuk berjalan lebih jauh dengan kawan-kawan seperjuangan di tengah kerasnya alam raya. Selepas sampai di tanah tertinggi, kamu akan mengerti betapa kayanya negeri ini. Banyak sekali yang bisa dicintai, membuatmu merasa berterimakasih atas apa yang diberi saat merasa sekerdil ini.

5. Merantaulah ke negeri orang demi tahu mahalnya harga tiket dan rasa rindu rumah. Kadang cinta baru muncul setelah dihajar jarak dan payah

Merantaulah, Untuk tahu betapa mahalnya harga tiket pulang via tumblr.com

Jadi mayoritas di negeri orang anehnya bisa jadi cara paling baik untuk menggemblengmu jadi pecinta. Harus beradaptasi dengan bahasa baru, rasa makanan yang aneh di lidahmu, sampai membiasakan diri memakai pakaian yang jauh lebih tebal untuk mengusir dinginnya udara yang menusuk tulangmu.

Selepasnya akan ada cinta yang muncul dari situ.

Kamu akan mengerti bahwa tidak ada tanah yang senyaman tanah airmu. Mudahnya penjaja makanan yang lewat di depan rumah, ringannya sapaan dari tetangga, sampai kemacetan yang kadang membuat pusing itu tetap meninggalkan rasa hangat di hatimu. Teraturnya negeri orang tidak akan setara dengan negeri tempat tumbuhmu.

6. Belajar mengolah rendang, opor, sampai bakso bikin kamu tasbih sebagai warga negara. Gak malui-maluin lagi deh sebagai orang Indonesia

Belajar masak, buar gak malu-maluin Indonesia via justcecile.wordpress.com

Hayo ngaku, berapa banyak sih olahan khas Indonesia yang sudah kamu kuasai? Kasarnya nih, saat kamu pergi dan jadi representasi negeri olahan ini bisa kamu buat sendiri.

Kalau memang cinta sama negeri ini coba deh mulai sekarang pelan-pelan pelajari beberapa olahan khas negeri agar bisa kamu olah dengan tangan sendiri. Rendang, opor, sampai bakso salah satunya. Waktu teman dari negara lain (atau daerah lain) tanya apa masakan khas negaramu kamu gak lagi cuma bisa tunjukin gambarnya. Bikin sendiri juga mampu, kok!

7. Belanja di market place lokal jadi cara paling oke buat mendukung pengusaha kita. Gak perlu jauh-jauh, di Bukalapak saja

Belanja di marketplace lokal paling oke buat mendukung pengusaha kita via blog.bukalapak.com

Belanja online memang jadi cara yang memudahkan hidup kita sebagai anak muda. Tanpa perlu repot jalan ke mall dan menghabiskan waktu ditengah kemacetan barang yang kita mau tetap bisa didapat. Hmmm….tapi pernah kepikiran gak gimana caranya belanja online yang tetap bersahabat dengan pengusaha lokal kita?

Memilih belanja online di marketplace lokal jadi caranya. Di marketplace lokal macam Bukalapak terdapat banyak lapak pengusaha lokal yang menawarkan produk mereka. Belanja lewat marketplace buatan anak negeri ini bikin uangmu jelas lari ke pengusaha negeri sendiri. Bukan hanya mendukung pengusaha lokal, kamu pun jadi salah satu penyokong bertahannya semangat anak muda untuk mengembangkan usaha sendiri.

Lagipula pilihannya banyak, harganya bersaing, dan metode pembeliannya aman kok. Kenapa harus cari yang lain coba?

See? Gak sulit ‘kan menunjukkan rasa cinta pada Indonesia? Seperti rasa cinta lainnya, cintamu pada negeri ini justru bisa lebih terasa lewat cara yang sangat sederhana.

Kredit gambar utama: Sociotraveler