Kamu sudah kuliah atau bahkan sudah lulus dan masih belum tahu ingin jadi apa? Kabar baiknya kamu tidaklah sendirian, ada banyak orang merasakan hal yang sama seperti kamu. Pertanyaan “Mau jadi apa nanti?” memang sulit dijawab. Kebanyakan dari kita merasa cukup ‘cuma’ jadi orang sukes. Tapi dari mana ya kesuksesan itu bisa berasal?

Yang melegakan, ternyata cita-cita itu bisa dicari, mimp bisa ditetapkan dan sekaranglah saatnya! Orang-orang yang punya mimpi dan tujuan akan menghabiskan hidupnya dengan lebih bersemangat dan memberikan hasil yang jauh lebih baik. Kamu cukup melakukan hal-hal ini saja!

1. Ingin jadi apa mungkin kamu belum tahu, tapi kamu tahu kan apa saja kelebihanmu? Coba tulis deh!

Tulis semua, jangan ada yang terlewat via wiseinkblog.com

Tulis semua kelebihan yang kamu miliki termasuk hal-hal yang menurutmu kurang serius misalnya kamu pandai menyetrika dengan sangat rapi, mengendarai sepeda motor dengan cara yang halus, bergadang, bisa tidur dimanapun, apapun pokoknya! Tulis semua yang menurutmu kamu anggap sebagai kelebihan, apa yang orang lain jarang bisa melakukannya. Susunlah berdasarkan kekuatan masing-masing kelebihan. Kita terkadang sering tidak menyadari bahwa kita memiliki banyak kelebihan karena kita tidak pernah benar-benar memikirkannya.

2. Coba ingat-ingat lagi apa saja yang sudah pernah kamu lakukan, jangan-jangan jawabannya sudah pernah kamu kerjakan

Apa yang sudah kamu lakukan dan kamu merasa nyaman? via bocahbancar.wordpress.com

Advertisement

Pernah magang, kerja part-time, menjadi relawan atau sekedar membantu orangtua dan teman? Coba ingat kembali hal-hal tersebut, manakah yang paling kamu suka? Apakah ada yang membuatmu merasa tertantang? Nyamankah kamu bekerja dengan orang-orang seperti mereka? Apakah kamu senang dan bangga dengan apa yang kamu lakukan? Kamu ke depannya tidak harus mengerjakan pekerjaan serupa, tapi jawaban-jawaban dari sederet pertanyaan tadi akan mengungkap apa yang kamu suka dan tidak suka serta bagaimana situasi yang bisa membawa kemampuan terbaikmu dan juga kebahagiaan.

3. Bertemulah dengan banyak orang dan berbincanglah dengan mereka. Inspirasi bisa datang dari mana saja

Jangan hanya bergosip ya! via wirlsummit.com

Setiap ada kesempatan bertemu dengan seseorang, apalagi yang sudah kamu anggap sukses, bertanyalah tentang kehidupan kerja mereka. Bagaimana mereka bisa memilih pekerjaan itu, apa suka dukanya selama bekerja, dan apakah mereka masih punya mimpi untuk bekerja di bidang yang lain. Baca profil Linkedin mereka dan cari tahu job descriptionnya, semakin banyak orang yang kamu ajak bicara maka semakin banyak inspirasi yang akan kamu dapatkan.

4. Jangan takut ikut kursus atau mencoba hal baru. Kamu nggak tahu apa yang bisa kamu dapat dari situ

Dalami hobi, bakat, atau passionmu dengan ikut kursus via traditionsyarnshop.com

Kursus atau les keterampilan selalu lebih mengasyikan dibandingkan duduk di bangku sekolah formal karena hasilnya bisa lebih jelas. Ikutilah beberapa kursus seperti belajar bahasa asing, fashion design, memasak, menari, olahraga atau apapun yang menurutmu menantang. Selagi kamu masih ingin terus belajar dan merasa tertantang, maka bukan tidak mungkin hal-hal itu akan mengantarkanmu pada jawaban “Kamu ingin jadi apa?”.

5. Mulailah bekerja, entah itu part-time atau freelance untuk mencari tahu lingkungan kerja seperti apa yang kamu suka

Harus nyoba part time nih! via localwisejobs

Lingkungan kerja adalah hal yang paling menentukan dari suatu pekerjaan. Jika kamu sudah nyaman dengan lingkungan kerjanya maka kamu akan mempertahankan pekerjaan itu sampai kapanpun. Dengan mulai bekerja walaupun part-time atau freelance kamu akan belajar tentang bagaimana hubungan antara rekan kerja, atasan dan bawahan, gaji yang diberikan, suasana kantor, dan lain sebagainya. Kamu akan menemukan hal yang berbeda dalam pekerjaan yang berbeda pula.

6. Kamu nggak punya kewajiban terlihat keren di depan orang lain. Lakukan apa yang emang mau kamu suka. Nggak usah peduli apa kata mereka

Pekerjaanmu nanti harus membuatmu bahagia via lifecoachingwithraion.wordpress.com

Saat reuni dengan teman-temanmu suatu saat nanti, mereka akan bertanya “Jadi apa kamu sekarang?” Kamu ingin menjawabnya seperti apa? Apakah kamu ingin jawaban yang terlihat keren di hadapan teman-temanmu atau jawaban yang bisa membuatmu bahagia tanpa menyembunyikan apapun. Gaji tidak selalu berhubungan lurus dengan kebahagiaan kamu akan pekerjaan itu, bisa jadi kamu merasa tertekan disana. Asal kamu tahu, orang-orang sukses selalu mengatakan bahwa lebih baik kita mengerjakan apa yang kita suka dibandingkan hanya mengejar hasilnya saja.

Jawabannya mungkin tidak bisa kamu dapatkan dalam hitungan detik saja, karena 6 cara di atas butuh pemikiran yang cukup ekstra. Jadilah seseorang yang membuat dirimu bangga untuk menyebutnya dan merasakan kebahagiaan di saat yang sama. Uang tidak pernah menjamin apapun untuk masa depanmu. Kamu akan lebih bahagia kalau tahu apa yang kamu mau.