Menjalankan peran sebagai pria dewasa memang tidaklah mudah, butuh pengorbanan serta usaha keras untuk menyandang peran penting itu. Nah, buatmu pria dewasa di luar sana yang masih bimbang tentang alur kehidupan finansialmu, artikel ini mungkin bisa menjadi sedikit penerang. Kamu mungkin sudah mengusahakan yang terbaik, tapi hasil (pekerjaan dan penghasilan) yang kamu dapat belum cukup untuk disebut “mapan”.

Kembali lagi bahwa setiap hasil yang maksimal itu butuh proses. Tak usah risih dengan anggapan negatif yang mungkin saja sering kamu dengar. Kamu tahu bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil. Kamu pun pastinya tahu kalau Tuhan itu ada dan tak akan mengabaikan umat-Nya yang mau berusaha.

Anggapan bahwa belum punya pekerjaan tetap berarti masih jauh dari jodoh memang ada benarnya. Tapi selama mau berusaha, bukankah Tuhan juga ada untuk mengatur semuanya?

jangan menyerah pada takdir via dylandsara.com

Ketika kamu berbicara dengan seorang teman lama di telepon :

Teman : Bro, gimana? udah dapet kerja?

Kamu : “belum nih, bro. Masih freelance aja. Belum menetap.”

Teman : “wah, wah. Terus kapan nikahnya kalau gitu? Buruan gih cari kerjaan tetap buat cari biaya nikah.”

Kamu : “hmmmm, udah dulu ya, bro. Gue mau tidur.”

Teman : “lhooo!”

Advertisement

Emangnya kalau freelance nggak bisa nabung buat biaya nikah? Kalau kamu tekun menjalani usaha freelancemu, punya tabungan nikah nggak mustahil, kok.

Di era ini, pekerjaan tetap tidak lantas berbanding lurus dengan kemapanan seseorang. Tak jarang justru pekerja-pekerja freelance bisa punya penghasilan yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang pekerja tetap di kantoran. Selain itu, bukankah perkara rezeki dan jodoh itu juga sudah ada yang mengaturnya?

Sebelum kamu berucap bahwa “uang itu penting” alangkah baiknya kalau kamu sadar bahwa menjadi pria baik-baik dengan wawasan luas justru jauh lebih penting.

jadilah pria yang cerdas via butlerwritings.com

“Di dunia ini apa sih yang nggak butuh uang? Kencing aja bayar!”

Yup! bener banget, uang memang penting dalam hidup ini. Tapi, bukan berarti uang adalah yang terpenting dan satu-satunya ‘kan? Lebih dari itu, seorang pria tak hanya butuh uang saja. Sikap, perilaku, dan wawasan yang dimiliki pun tak kalah pentingnya. Dan kalau kamu menjadi pria baik-baik dan berwawasan luas, bukankah uang itu juga bisa “datang” dengan sendirinya? Banyak pekerjaan yang menuntut kejujuran, dan wawasan luas yang kamu miliki sudah pasti tak akan sia-sia.

Setiap orang pasti punya kesempatan untuk mengejar impiannya. Jangan percaya pada kata “menyerah” selama kamu masih bisa berusaha!

kejar impianmu! via todayszaman.com

Kamu tak harus mengutuki posisimu sekarang. Posisi di mana semesta sedang menempamu dengan kondisi finansial yang jauh dari mapan. Tetaplah berusaha mencari tahu tentang segala peluang yang ada. Temukan sebanyak-banyaknya dan jalani apa yang sesuai dengan minat dan passion-mu saja. Manfaatkan jaringan pertemanan, internet, dan teknologi lainnya untuk melancarkan usahamu, ya!

Percayalah bahwa tidak semua wanita berharap pada pria kaya raya. Sebagian dari mereka akan lebih suka pada kamu yang mau bekerja keras dan berusaha.

dia yang mau berusaha bersama denganmu via dylandsara.com

Tak bisa dipungkiri bahwa tingkat kemapanan seorang pria memang jadi salah satu kriteria bagi wanita ketika memilih pasangan. Bagaimana pun, membangun sebuah keluarga pastilah butuh bekal untuk bisa hidup layak bersama.

Tapi, yakinlah bahwa kekayaan bukanlah satu-satunya yang dilihat oleh seorang wanita. Meski tak sedikit yang ingin punya suami kaya raya, tapi tak sedikit pula yang mendamba pada pria pekerja keras nan gigih berusaha. Karena usaha dan kegigihan itulah yang bisa jadi membuktikan kadar kasih sayang dan cinta yang dimilikinya.

Bukan hanya dalam cerita, wanita yang mau menemanimu berjuang dari titik NOL itu bisa jadi benar-benar ada.

pasti ada wanita yang mau berjuang bersamamu via community.sparknotes.com

Pernah mendengar kisah tentang Jovinus dan Angely? Sepasang suami istri yang juga pengusaha restoran sukses di Kalimantan. Jovinus sang suami yang memulai semua usahanya dari nol, dan dibantu sang istri dengan dorongan serta semangat yang tiada akhir membuat pasangan ini bisa sukses bersama-sama. Tidak hanya dalam cerita, karena ketika kamu mencari di Google maka kisah-kisah ajaib macam ini memang benar-benar ada.

Mencari pekerjaan yang mapan memang bukan perkara gampang. Tapi, pastikan bahwa dirimu memilih berjuang dan bukannya berpangku tangan.

berpangku tangan NO WAY! via butlerwritings.com

“Jadi cowok kok males sih, tiduran terus padahal nggak weekend. Yaelah… ngeliatnya aja males apalagi macarin!”

Sekali lagi, ini bukan perkara hasil akhirnya tapi seberapa keras kamu sudah berusaha. Semua orang tahu bahwa mencari pekerjaan yang mapan memang bukan perkara gampang. Tapi, sudahkah kamu gigih berusaha? Apakah selama ini usahamu memang sudah maksimal?

Ada orang tua yang tak pernah lelah mendoakan. Jadi teruslah berjuang demi mewujudkan yang mereka harapkan.

doa orang tua menyertaimu via islaminindonesia.com

Tak ada orang tua yang ingin anaknya susah. Tapi, jika keberuntungan finansial belum berpihak padamu saat ini, kamu tak perlu sedih atau merasa rendah diri. Do’a-do’a tulus akan senantiasa dipanjatkan oleh kedua orang tuamu. Teruslah berjuang dan jangan patah semangat. Satu-satunya yang harus kamu lakukan adalah mewujudkan apa yang mereka harapkan.

Jadi, nggak usah minder jika kamu masih belum mapan secara finansial. Banyak jalan menuju Roma, jadi tentu saja masih banyak jalan menuju kesuksesanmu juga. Selamat berjuang para pria di luar sana… 🙂