Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata ‘hidup’ atau ‘kehidupan’?

Kehidupan memang selalu sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Yang bisa kita lakukan terhadap kehidupan hanyalah merasakannya dan berusaha menjalaninya. Bahkan ada kalanya kehidupan terasa seperti sebuah keajaiban yang diberikan Tuhan untuk kita.

Sayangnya, kadang kita alpa untuk mensyukuri ini. Lebih parah, kita malah jadi brengsek dan mementingkan diri kita sendiri. Kita sering merasa jadi yang paling sakit, jadi yang paling punya banyak masalah dan yang paling menderita. Seolah-olah dunia ini hanya berputar di sekeliling kita, tentu dengan kita yang menjadi pusatnya, hingga kita melupakan hal yang jauh lebih penting: hidup.

Dan karena hidup ini harus kita hargai dengan melakukan sesuatu yang berguna – sesuatu yang lebih dari sekadar eksis – kali ini Hipwee berikan hal-hal yang dilakukan oleh mereka yang bisa menghargai kehidupan. Check it, yo…

1. Mereka Yang Menghargai Hidup Tidak Akan Memaksa Diri Bekerja Untuk Sesuatu Yang Tidak Berarti

menyukai pekerjaannya via www.sopress.nl

Advertisement

Mereka yang menghargai hidup paham bahwa bekerja merupakan sebuah hal yang paling banyak menyita waktunya. Oleh karena itu, bertahan pada pekerjaan yang tidak memberikan mereka makna sama saja dengan tidak menghargai kehidupan. Orang-orang yang menghargai hidup mereka akan memilih untuk keluar dari satu pekerjaan yang tidak berarti menurut mereka, daripada menghabiskan sebagian besar waktu mereka mengeluh dan menjadi letih karena hal itu.

2. Mereka Tidak Akan Bersahabat Dengan Orang Yang Memberi Pengaruh Buruk Pada Mereka

berteman dengan orang positif via 2.bp.blogspot.com

Kita seringkali bertemu dengan orang-orang baru, tanpa membeda-beda kita bersahabat dan menjabat tangan mereka.

Namun, tentu saja tidak semua orang yang datang dan masuk dalam hidup kita adalah orang baik. Beberapa diantaranya sanggup dan akan memberikan pengaruh buruk pada kita. Mereka yang menghargai hidup akan selalu mencamkan hal ini, dan akan lebih bijak dalam memilah-milah teman.

3. Mereka Bisa Saja Jatuh Cinta dengan Orang Yang Salah, Namun Mereka Tidak Membuang Waktu Merutuki Kesalahan Mereka

Ada saat dimana kita harus bertemu dengan orang yang salah via s3.amazonaws.com

Siapa yang tidak pernah merasakan indahnya jatuh cinta dan pahitnya patah hati?

Hampir semua orang pasti pernah mengalami keduanya. Memang akan ada saat dimana kita memberikan hati kita pada orang yang salah, orang yang kemudian memberi luka dan membuat kita menangis. Namun orang yang menghargai hidup akan cepat move on, melanjutkan kehidupannya, jatuh cinta (lagi) dan kemudian menemukan orang yang tepat.

4. Orang Yang Menghargai Hidupnya Bisa Memiliki Prioritas

buat prioritas, karena hidup hanya sekali via 1.bp.blogspot.com

Orang yang bisa menghargai hidup akan memiliki prioritas dalam hidupnya. Mereka mengerti bahwa di dalam hidup ada hal yang harus mereka dahulukan daripada hal-hal yang lainnya; hal-hal penting yang juga berlaku secara universal, seperti cinta, kebaikan, kebahagiaan, keluarga dan lain-lain.

5. Mereka Juga Menghargai Orang Lain

hargai semua makhluk via collectionphotos.com

Menghargai hidupmu berarti kamu juga menghargai hidup orang lain. Lebih jauh lagi, kamu juga harus menghargai semua makluk ciptaan-Nya.

Saling menghargai antar manusia dan hidup berdampingan, menghargai hewan dengan tidak membantainya begitu saja, menghargai tumbuhan dengan tidak menebanginya, agar kita bisa memiliki paru-paru dunia dan menghargai bumi tempat kita berpijak dengan mencintainya, menjaganya dan tidak membuang sampah sembarangan.

6. Mereka Tidak Akan Membuang-Buang Waktu

Waktu bisa diibaratkan sebagai bahan bakar bagi kehidupan kita.

Orang yang menghargai hidup juga menyadari hal ini, mereka sadar bahwa mereka tidak akan hidup selamanya, mereka akan pergi begitu waktu mereka telah berakhir. Oleh karena itu mereka tidak akan membuang-buang waktu dengan percuma. Mereka berhenti menyesali kesalahan dan kegagalan, berhenti berharap pada kenangan, mengusahakan mimpi-mimpi mereka teraih, berbuat baik untuk orang lain, tertawa bersama orang lain dan bahagia.

7. Mereka Mengenang, Namun Tidak Hidup di Masa Lalu

kenangan tidak pernah terlupakan via 1.bp.blogspot.com

Sama dengan kita, orang yang menghargai hidup juga memiliki sejarah, masa lalu dan kenangan.

Mereka tertawa untuk setiap momen bahagia mereka, mereka menyesal untuk kesalahan yang pernah mereka buat, mereka menangis untuk kegagalan yang pernah mereka alami, namun mereka menjadikannya sebagai pelajaran yang terkadang mengingatkan mereka untuk menjadi lebih baik lagi hari demi hari. Ingatlah yang bisa kita ambil dari kenangan hanyalah pelajaran.

8. Mereka Akan Sering Bertanya “Apa Itu Hidup?” atau “Untuk Apa Kita Hidup?”

tanyakan arti kehidupan via neveryawning.files.wordpress.com

Salah satu sikap yang pasti ada dalam orang yang bisa menghargai kehidupan tentu saja adalah rasa penasaran mereka terhadap kehidupan. Mereka berusaha mendapatkan sebanyak mungkin pengetahuan agar dapat lebih memahami tentang apa itu kehidupan. Satu jawaban yang mereka terima justru melahirkan pertanyaan lain bagi mereka.

9. Mereka Tidak Akan Ragu Mencoba Hal Baru

tak ragu mencoba hal baru via 4.bp.blogspot.com

Mencoba hal yang baru menjadi salah satu cara pelampiasan rasa penasaran orang-orang yang menghargai hidup. Hal-hal ini bukannya membuat mereka takut, tetapi justru melecutkan rasa penasaran mereka, membuat adrenalin mereka bergolak dan diri mereka bersemangat. Bagi mereka, mencoba hal yang baru akan membantu mereka dalam memahami makna kehidupan.

10. Mereka Yang Menghargai Kehidupan Mengerti Bahwa Mereka Juga Berharga

jangan lupa untuk cintai dirimu via ilarge.listal.com

Mereka yang menghargai kehidupan sudah pasti juga menghargai diri mereka sendiri, karena jika kamu tidak mencintai dirimu, kamu juga tidak mencintai hidup. Jika saat ini kamu tidak bisa mencintai dirimu sendiri, maka berubahlah. Jadikan dirimu menjadi orang yang bisa kamu cintai.

Sudahkah kamu menjadi seperti mereka dan menghargai hidup dan kehidupan?