Hipwee udah cukup sering membahas gimana caranya agar kamu bisa semakin produktif. Tapi, melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung produktivitas juga harus dibarengi dengan menghilangkan aktivitas yang gak perlu, termasuk kebiasaan buruk.

Suka atau enggak, kebiasaan buruk itu jelas gak baik buat kamu: secara mental, psikologis, emosional, bahkan sosial. Sebagian kebiasaan buruk memang susah dihilangkan, tapi selama kamu konsisten, pasti bisa kok. Apa aja sih kebiasaan buruk yang mesti kamu hentikan sekarang juga? Simak yuk.

1. Makan saat stres

Makan karena stres via onesource4wellness.com

Banyak orang yang mengalami kecenderungan untuk makan lebih banyak sewaktu stres, sedih, takut, atau bahkan senang. Ini jelas bukan karena lapar, tapi karena emosimu butuh pelampiasan. Makan saat stres memang bikin kamu lebih tenang, tapi perasaan itu gak akan berlangsung lama. Begitu kamu selesai makan, kamu akan kembali stres karena memikirkan jumlah kalori yang masuk (yang bisa bikin kamu makin gemuk).

Makan bukanlah cara melampiaskan emosi yang sehat, dan akan berpengaruh buruk pada pola makanmu. Kalau kamu mau menghilangkan kebiasaan ini, kamu bisa mencermati artikel ini.

2. Gigit-gigit kuku

Advertisement

Menggigit kuku via milenhealth.info

Selain nggak higienis, kebiasaan menggigit kuku juga bisa mengakibatkan gigimu tumbuh gak teratur sampai masalah pencernaan seperti cacingan! Selain itu, kukumu juga bisa jadi cacat dan teman-temanmu bisa menjauhimu.

Pahami dulu apa yang memicu kebiasaanmu menggigiti kuku, lalu ubah dengan perilaku yang lebih positif. Misalnya, kalo kamu menggigit kuku saat stres, ganti dengan jalan-jalan sebentar atau mendengarkan musik.

3. Berkumpul bareng orang-orang yang negatif

Jauhi orang-orang yang negatif via thewilsonconcept.com

Di manapun, pasti ada aja orang-orang yang selalu mengatakan “kamu gak bisa” pada ide-idemu atau tujuan yang kamu kejar. Kalo kamu keseringan ngumpul sama orang-orang seperti ini, siap-siap aja jadi pribadi yang minder dan gak mandiri.

Kurangi ngumpul sama orang-orang semacam ini, sering-seringlah ngumpul sama orang-orang yang lebih suportif dan bisa memberikan kritikan yang kostruktif. Dengan begitu, kamu bisa lebih pede dan bahagia.

4. Bersama dengan orang-orang yang gak menghargaimu

Berkumpul sama mereka yang menghargaimu via www.energesse.com

Kita semua mungkin pernah mengalami hal seperti ini: berusaha menyenangkan orang-orang yang sebenarnya gak memedulikan kita, dan rela menunggu seseorang yang gak pernah menanti kita. Memberi tanpa mengharapkan imbalan itu bagus, tapi kamu tetap harus menjaga jarak dengan orang-orang yang gak menghargai kita. Cepat atau lambat, mereka akan melukai hati kita. Masih banyak kok orang-orang yang bisa menghargai kita lebih baik.

5. Merokok

Stop merokok sekarang! via blog.dentonregional.com

Sebelumnya Hipwee udah pernah mengulas artikel kenapa kamu harus berhenti merokok sekarang juga. Udah jelas banget kalo rokok tuh berdampak negatif bagi kesehatan kita, bisa menyebabkan penyakit kronis, bahkan kematian. Jadi, kebiasaan ini udah sepantasnya kamu tinggalkan.

6. Minum alkohol berlebihan

Stop minum minuman beralkohol via www.lifeprinciples.com

Terlepas dari ada agama yang menganggap bahwa alkohol itu haram, minum alkohol mungkin menjadi kebiasaan beberapa di antara kita. Minum memang bikin badan kita terasa hangat dan pembicaraan mengalir lancar, tapi ini bukan kebiasaan yang baik kalo sampai berlebihan.

Selain bikin kecanduan, minum terlalu banyak juga menimbulkan gangguan fungsi organ tubuh seperti hati. Kalau kamu minum sembarangan, kamu juga bisa keracunan fatal. ‘Kan udah banyak kasusnya orang meninggal akibat keracunan miras oplosan. Daripada minum alkohol, mending minum teh manis hangat aja deh.

7. Makan junk food

Junk food via www.techprone.com

Junk food kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Di mana-mana kamu bisa menemukan restoran waralaba yang menyediakan kentang goreng, burger dan soda. Junk food memang enak dan mudah didapat,  tapi tahukah kamu kalo konsumsi makanan cepat saji ini bisa mengubah kerja otak dengan cara yang serupa dengan kecanduan narkoba? (Sumber di sini.)

Sebagai orang Indonesia, kita udah diberkahi dengan masakan Indonesia yang enak, sehat, dan tentunya lebih murah. Jadi, pastinya gak susah dong lepas dari kebiasaan buruk yang satu ini.

8. Menonton televisi terlalu lama

Kurangi menonton TV via healthfore.com

Menonton TV selalu menjadi alternatif hiburan murah meriah di kala senggang. Nonton drama bisa jadi selingan yang asik. Tapi, Hipwee kasih tahu satu hal: nonton TV gak bikin kamu tambah produktif. TV bukan hidupmu: kamu gak akan mati kalo melewatkan satu episode sinetron yang masa tayangnya udah ratusan episode.

Alih-alih nonton TV, kamu bisa menggunakan waktumu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan produktif, misalnya melakukan hobi kayak menulis, berolahraga, kumpul bareng teman-teman untuk bertukar ide, atau cari ide buat berwirausaha.

9. Terlambat

Datang terlambat via momamusings.com

Bukan cuma kamu bakal dicap kurang baik sama yang lain, terlambat juga berarti kamu terburu-buru, punya manajemen waktu yang buruk, dan jadi gak santai. Gak malu minta maaf terus-terusan sama orang yang kamu buat menunggu?

Alih-alih berusaha datang tepat waktu (lalu jadinya malah terlambat), kamu bisa mencoba untuk datang lebih awal. Selain bisa mengantisipasi keadaan seperti arus lalu lintas yang padat, kamu juga bisa lebih santai. Datang terlalu awal dan harus menunggu? Gak masalah, kamu bisa menunggu sambil baca buku atau main game handheld. Lagipula, lebih baik menunggu daripada jadi yang ditunggu kan?

10. Berada dalam hubungan cinta yang gak sehat

Hubungan yang gak sehat via www.task.fm

Berada di dalam hubungan percintaan yang buruk itu menguras banyak energi untuk hal yang gak perlu. Alih-alih digunakan untuk berantem atau mengeluh, lebih baik energimu digunakan untuk hal yang lebih produktif.

Sebelumnya Hipwee pernah mengulas tanda-tanda kamu berada di hubungan cinta yang sehat dan tanda jika hubunganmu menghalangimu untuk maju. Dari sana kamu bisa menilai sendiri hubungan cintamu baik atau enggak buatmu. Kalo jawabannya enggak, mungkin lebih baik kamu segera move on.

11. Menunda sampai tenggat waktu

Menunda sampai batas waktu via rock.genius.com

Apa kamu terbiasa begadang untuk mengerjakan tugas karena besok udah tenggat waktu? Begadang buat ngerjain tugas itu gak asik dan melelahkan. Kebiasaan ini bukan cuma merusak tubuhmu, tapi juga bikin mental kamu down karena kamu berada dalam kondisi penuh tekanan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

Daripada menunda sampai akhir, mendingan kamu bikin bikin to-do-list tiap hari untuk tugas-tugasmu, dan lakukan dengan konsisten. Lebih enak mana, ngerjain satu bab tiap hari atau lima bab dalam semalam?

12. Berfokus sama hal-hal negatif

Ubah cara berpikir yuk! via www.21stcenturynews.com.au

Pada setiap situasi, kita punya dua cara untuk bereaksi: berfokus pada masalah dan memikirkan hal-hal yang gak sesuai keinginanmu, atau berfokus pada hal-hal yang berjalan baik dan berusaha menjadikan segalanya lebih baik. Kita udah tahu pentingnya berpikir positif, tapi pada kenyataannya kita lebih sering berpikir negatif.

Mengkritisi dan berfokus pada hal negatif memang lebih mudah, tapi itu gak menginspirasi kita untuk berbuat lebih baik. Untuk itu, cobalah melatih diri: tiap kali kamu berhadapan dengan sesuatu yang negatif, carilah tiga hal baik yang dapat kamu temukan dari pengalaman itu. Dengan begitu, kamu akan lebih terasah untuk memandang sesuatu secara baik.

Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik memang gak bisa dilakukan dalam semalam. Tapi asalkan kamu konsisten dan niat, gak ada hal yang mustahil kok. Mudah-mudahan kamu berhasil menyingkirkan kebiasaan burukmu ya!