Apa yang paling misterius dalam hidup ini? Tak ada yang lain kesuali hari esok, kita hanya bisa menerka, berharap tak ada lagi kekecewaan atau berharap kebahagiaan cepat datang. Ramalan, adalah permainan paling mengasyikan, sekaligus menenggelamkan, apalagi bagi mereka yang mati-matian memercayainya. Apapun yang terjadi esok hari adalah perkara takdir yang sudah digariskan Tuhan, lalu hal-hal lain adalah jawaban dari semua usahamu.

Miris, ketika kita terlalu percaya pada ramalan baik yang kadang membelenggu orang untuk berusaha. Kemungkinan terbesar yang akan terjadi esok hari adalah apa yang sudah kita lakukan sekarang, hari ini ataupun di masa lalu. Mungkin, kita akan merasa lega jika ramalan baik itu terjadi, tapi akan sangat khawatir bila ada ramalan buruk menghadang di depan. Baiknya, lupakan hal-hal tersebut dan fokus menghadapi apa yang sedang terjadi sekarang.

1. Urusan jodoh jangan hanya berpangku tangan pada ramalan. Kamu pun perlu menjemputnya dengan usaha yang maksimal

Semoga usahamu bersama kekasih direstui… via unsplash.com

Jika ada yang bilang, ‘mungkin aku bukan jodohmu, Tuhan nggak merestui’. Benarkah demikian, mungkin Tuhan akan selalu menyertai kalian berdua selagi satu sama lain berusaha untuk berjodoh, bukan memaksa tapi usaha yang keras menghasilkan restu. Tak mungkin, kita akan diam saja menyerahkan semua ini kepada Tuhan, jodoh kalau tak dicari, susah juga nantinya karena semua hal perlu diusahakan, biar Tuhan yang menentukan.

2. Melihat masa depan tak semudah memandang dangkalnya sungai, selagi bisa berusaha maka jangan terlalu santai

Tetap harus dengan kerja keras… via unsplash.com

Advertisement

Katanya kamu lahir dalam keluarga dan tempat yang baik, ditambah lagi peruntungan baikmu lewat tanggal lahir yang istimewa. Sepertinya tanpa usaha, kita masih akan selalu menderita. Semua yang terjadi esok adalah perihal usaha hari ini. Tak semudah melihat dan merasakan dangkalnya sungai, masa depan selalu lebih dalam dan misterius daripada hanya dilihat dengan mata kepala dan intuisi mentah seorang kawan.

3. Biarpun ada yang bilang usahamu akan berakhir mengecewakan, kamu tetap harus percaya diri kalau semua yang diusahakan termasuk rencanamu ini tak akan sia-sia

Tetap optimis dan jangan khawatir berlebihan… via unsplash.com

Usaha yang keras menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, walau gagal sekalipun, di situ masih ada pelajaran dan sesuatu yang bisa dipanen. Tak sedikit orang berkata bahwa usahamu akan gagal karena peruntungan buruk yang tergambar dari sesuatu yang ada dalam dirimu, apa benar demikian. Tuhan selalu menghargai sebuah usaha, ikhtiarmu tak akan sia-sia.

4. Urusan kematian pun harusnya kita tak mendahului kehendak Tuhan, jalani dan hargai saja dulu hidup yang sekarang kamu punya

Kita tak akan pernah tahu dengan jelas perihal masa depan… via unsplash.com

Hari esok adalah misteri, bisa-bisa kita mati seketika karena memang takdir sudah menuliskan demikian. Jika kita mati esok, apa yang seharusnya kita lakukan sekarang? Tentunya kita harus menghargai lebih kepada hidup, bersyukur atas karunia Tuhan. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha biar hidup jadi lebih panjang dan membawa kebahagiaan, kita selalu berdoa dan selalu berusaha. Sementara takdir Tuhan selalu menentukannya.

5. Rezeki datang karena Tuhan menilai usahamu. Jadi jika orang bilang rezekimu bakal seret di masa depan, tak perlu dihiraukan

Kerja keras pasti berbuah manis… via unsplash.com

Bayangkan setelah kamu kerja keras banting tulang hanya untuk mendapatkan rezeki lahir yang kamu idam-idamkan, tiba-tiba seseorang berkata bahwa rezekimu bakal seret bahkan mampet di hari depan? Lupakan semua yang menghalangimu termasuk ramalan buruk ini, baiknya kamu percaya bahwa semua yang dilakukan dengan baik akan dibalas oleh Tuhan dengan segala kebaikan-Nya.

6. Kesialan bisa menimpa kapan saja dan di mana saja, jangan percaya ramalan buruk. Hal-hal itu malah buat hidupmu penuh kekhawatiran

Maju ke depan tanpa beban… via unsplash.com

Banyak masalah datang mengisi hati yang dangkal karena percaya pada ramalan buruk. Semua hal dikerjakan dengan kacau karena kekhawatiran yang melanda tiap saat. Sudah waktunya untuk menanggalkan semua ramalan buruk itu, percaya bahwa kebaikan berbuah kebaikan, kerja keras berbuah keistimewaan dalam hidup ini. Percayalah.

Apakah berarti salah jika memercayai masa depan lewat ramalan? Bukan semata salah, tetapi hendaknya semua yang akan terjadi di masa depan disikapi dengan berusaha pada hari ini. Boleh sekali dua kali kita gunakan intuisi, meramal hari esok lewat kemungkinan-kemungkinan untuk menakar resiko, semacam perencanaan matang. Tapi jika terlalu fanatik pada ramalan yang kadang nyeleneh dan kurang masuk akal, tinggalkan saja dan bangkit untuk melakukan sesuatu yang lebih logis.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya