Beraktivitas dalam suasana kaku, penuh tekanan, dan serius bisa membuatmu kesulitan menemukan humor untuk ditertawakan. Padahal, tiap hari kamu membutuhkan sesuatu atau seseorang untuk membuat kamu tertawa. Selain membuat kamu jadi terlihat ramah, tertawa menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tertawa memperbaiki mood yang lagi drop, melepaskan stress, dan ajaibnya, menyehatkan jantung. Jadi lain kali, kalau kamu melihat, membaca, atau mendengar joke yang gak lucu-lucu amat, pastikan kamu yang tertawa paling gede.

Kalau ada yang nanya “Kenapa dah? Perasaan gak ada yang lucu…” beberkan kepada mereka alasan-alasan berikut ini:

1. Dengan tertawa, daya ingat kamu bisa kembali tajam

Menjaga ingatan via www.wanitagaya.com

Dari sebuah studi yang dilakukan Loma Linda University di California, AS, ditemukan bahwa tertawa bisa memperbaiki daya ingat. Bahkan untuk orang yang lanjut usia. Peneliti melakukan percobaan dengan meminta peserta penelitian mengerjakan tes memori jangka pendek. Setelah itu, mereka diminta menonton video-video lucu sebelum kembali menjalani tes memori.

Hasilnya, mereka terbukti lebih jago saat menjalani tes memori jangka panjang sesudah tertawa menonton video lucu. Dijelaskan bahwa humor gak hanya melepaskan tawa namun juga memberi dampak pada daya ingat dengan merangsang gelombang gamma di otak kamu.

2. Tertawalah demi kesehatan jantungmu

Advertisement

Laugh your heart out via www.facebook.com

Jangan serius-serius amat. Punya selera humor punya pengaruh baik bagi jantungmu. Tergelak tawa bisa memberi kamu perlindungan dari ancaman serangan jantung, menurut hasil penelitian pada 2009. Studi itu menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita penyakit jantung ternyata adalah orang-orang yang malas tertawa lepas. Dibandingkan dengan orang sebaya yang tak menderita penyakit jantung, penderita sakit jantung cenderung lebih jarang ketawa terbahak-bahak.

Mulai sekarang, perbanyak lagi tertawa. Tertawa lepas dan bukan tertawa jaim, ya.

3. Gelak tawa mampu membakar kalorimu

Biar langsing kayak Yoona via s1.zetaboards.com

Tahu kenapa istilah “mengocok perut” sering diasosiasikan dengan “tertawa”? Itu karena secara harfiah tertawa mengocok dan mengguncang perut buncitmu hingga membakar lemak-lemak di dalamnya. Cukup tertawa 15 menit perhari, maka kamu udah membakar 10-40 kalori.

Dari jurnal mengenai obesitas terungkap bahwa saat terbahak-bahak jantung kamu berdetak lebih cepat dari biasanya, otot-otot di sekitar dada dan perut bekerja 10-20% lebih keras dan itu menguras energi. Dari mana energi dihasilkan? Tak lain dan tak bukan ialah dari hasil pembakaran kalori. Jika rutin ketawa tiap hari selama setahun bisa mengurangi 1-2 kg, kenapa kita gak ketawa dari sekarang?

4. Selain mengurangi stres, tertawa bisa meredakan rasa sakit

Layaknya pain killer yang diproduksi secara alami oleh tubuhmu, tertawa bisa membantu meredakan rasa sakit. Jika menurut kamu ini mengada-ada, silakan simak pernyataan The Mayo Clinic yang mengatakan bahwa tawa mampu menghentikan nyeri-nyeri akibat kejang otot.

Baik itu sakit secara fisik maupun sakit perasaan, cobalah tertawa agar sakitmu bisa segera mereda. Atau coba menonton acara komedi jika kamu baru aja patah hati. Yah…mungkin aja membantu.

5. Tawa menghasilkan endorfin, hormon pembawa kebahagiaan

Memproduksi hormon bahagia via www.ohiodanceinc.com

Endorfin selama ini dikenal sebagai hormon yang bertanggungjawab memberi sensasi bahagia, lega, kenyamanan dan cinta. Makanan manis seperti cokelat dan es krim, misalnya, memacu produksi endorfin dalam tubuh. Namun sebenarnya kamu bisa memproduksi hormon ini tanpa menglonsumsi apapun. Aktivitas tertawa “ha ha ha” sendiri bisa memacunya.

Saat rahang kamu menganga untuk tertawa, otak dengan sigap melepas hormon ceria ini. Makanya kita sering sekali tertawa tebahak-bahak hingga perut sakit! Itu karena tertawa sendiri membuat kita senang.

6. Udahan stres-nya. Dibawa ketawa aja, yuk!

Sudahi stressnya via xdesktopwallpapers.com

Dengan ketawa terbahak-bahak, oksigen yang menyegarkan bakal menstimulus organ tubuh kamu. Oksigen yang diterima tubuh akan memberi sensasi relaksasi pada otot-otot yang tegang akibat stres. Ketawa yang besar memberi dampak pada sirkulasi darah, detak jantung dan tekanan darah, yang hasilnya akan bikin kamu kembali rileks dan tenang.

(Itu sebabnya kamu selalu merasa gembira setelah menyantap artikel hiburan Hipwee! :p)

“If life ain’t just a joke, then why are we laughing?”

DEAD! – My Chemical Romance

Jangan bingung lagi, karena sekarang kamu udah punya alasan yang sangat kuat untuk ketawa. Jadi, keluarlah dari kamar temui teman-temanmu. Lemparkan joke dan dengarkan balik lelucon mereka. Kamu akan lebih sehat, langsing, bahagia, dan selamat sentausa sampai tua!