Banyak orang menganggap dirinya adalah manusia paling tidak beruntung di dunia. Tak sedikit yang mengeluh karena diberi bentuk tubuh yang menurut mereka tidak ideal. Bahkan hal ini diperparah oleh stigma masyarakat dan media yang selalu menggambarkan bahwa manusia yang sempurna adalah mereka yang memiliki tubuh tinggi, kulit putih, dan wajah yang rupawan.

Aku gendut!

Ah! Jerawat lagi, jerawat lagi..

Ih, kulitku item banget!

Alhasil, karena pandangan yang salah itu-lah berbagai macam usaha rela dilakukan, tak peduli apakah itu berbahaya dan mengancam nyawa. Mulai suntik putih, minum obat pelangsing, hingga diet ektrem dijalani demi mendapatkan pengakuan masyarakat. Namun, apakah usaha tersebut serta merta membuahkan hasil? Apakah semakin banyak orang yang memuja dan mencintai dirimu? Tidak! Justru masalah-masalah lain yang lebih serius semakin sering bermunculan.

Wajahmu semakin berjerawat, kulitmu menjadi sepucat mayat, dan alih-alih mendapatkan pujian, kamu malah dipandang sinis oleh masyarakat. Lalu, apa yang harus kamu lakukan agar orang lain bisa mencintai dan menerima kamu apa adanya? Tak perlu sedot lemak, tak perlu pula operasi plastik, apalagi bedah pinggul. Kamu cukup mencintai dirimu sendiri.

Mencintai dirimu sendiri berbeda dengan egois yang mementingkan diri sendiri.

Cinta diri berbeda dengan cuek, atau mementingkan diri sendiri

Advertisement

Mencintai diri sendiri artinya kamu dapat menerima kelebihan dan kekuranganmu –tanpa syarat-. Kamu tak peduli apa kata orang mengenai bentuk fisik tubuhmu, kamu tak perlu uring-uringan ketika banyak jerawat yang mampir di wajahmu, bahkan kamu hanya tersenyum manis ketika orang mengomentari gajimu yang belum sementereng gaji kawan-kawan seangkatanmu.

Mencintai diri sendiri juga berarti pensiun mengeluh dan belajar bersyukur dengan apa yang kamu miliki

Untung hanya jerawat, dua hari lagi paling juga kempes.

Alhamdulillah, sudah memiliki penghasilan sendiri.

Ya! itu yang harus kamu lakukan : BERSYUKUR! Kamu tak perlu marah maupun sedih. Karena marah hanya akan membuatmu menderita, dan sedih justru semakin membuatmu tersiksa. Apa yang kamu miliki sekarang adalah sebaik-baik nikmat yang telah Tuhan berikan padamu. Dengan bersyukur, kamu akan memandang segala permasalahan dengan lebih positif. Kamu akan melihat bahwa dirimu masih lebih beruntung dari mereka yang menjadi korban penyiraman air keras, atau mereka yang wajahnya jadi aneh karena operasi plastik yang gagal.

Mencintai dirimu apa adanya, tanpa syarat adalah langkah awal untuk mencapai kesuksesan

Cewek harus mandiri via kaorikpop.blogspot.com

Jika kamu terlalu takut dengan omongan orang lain, maka kamu tidak akan bisa melakukan segala sesuatu dengan baik. Kamu takut berbuat salah, kamu takut mencoba hal-hal baru, sehingga kamu tak akan bisa belajar karena kamu selalu dihantui oleh penolakan. Bayangkan jika kamu tak menghiraukan omongan negatif yang terlontar dari mulut orang lain, kamu akan lebih santai dalam menjalani hidup, dan kamu akan lebih percaya diri sehingga kesuksesan pun akan dengan mudah kamu raih.

Ketika kamu mencintai dirimu, kamu akan memancarkan energi tersebut dari dalam dirimu

kamu berhak bersenang-senang via www.vergemagazine.co.uk

Ketika kamu nyaman dengan dirimu, orang-orang disekitarmu-pun akan merasa hal yang sama : mereka akan nyaman berada di dekatmu. Pernahkah kalian melihat laki-laki yang menurut kalian mirip kayak Tukul namun punya cewek atau istri secantik Raisya? Kesel nggak sih litanya? Itulah salah satu rahasia dari mencintai diri sendiri : memancarkan energy positif. Coba renungkan, apakah kalian mau berteman atau menjalin hubungan dengan mereka yang selalu berkeluh kesah tentang dirinya sendiri?

Mencintai dirimu sendiri akan membuatmu memiliki teman sejati selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Kamu akan memiliki teman sejati selama 24 jam via helpforcodependency.com

Teman-temanmu mungkin akan datang dan pergi dalam kehidupanmu, namun ketika kamu mencintai dirimu sendiri, jiwamu akan selalu ada dimanapun ragamu berada. Kamu tidak dituntut untuk berfokus pada kehidupan orang lain, sehingga kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengurusi dirimu sendiri. Lalu kamu-pun akan belajar bagaimana menikmati kesendirian sehingga kamu tak akan merasa kesepian.

Jika kamu terbiasa pergi makan, belanja nonton, dan jalan-jalan ditemani sang pacar, dan amat sangat tidak nyaman jika harus pergi sendiri, maka ketika kamu sudah mau menerima dan mencintai dirimu sendiri, kamu akan sangat menikmati aktifitas-aktifitas tersebut seorang diri.

Bonus lainnya dari menerima dirimu apa adanya adalah….kamu akan menjadi lebih awet muda!

Jadikan dirimu awet muda dengan mencintai diri sendiri via www.nickcerda.org

Kamu akan lebih peduli dengan kesehatanmu, kamu akan rajin berolahraga, makan teratur dengan menu yang bergizi, serta menghindari konsumsi makanan yang bisa mengganggu kesehatanmu. Selain itu, mencintai diri sendiri akan mendekatkanmu pada spiritualitas yang akan membuat dirimu merasakan ketenangan, kebahagiaan, dan kedamaian. Tiga hal tersebut akan membuat tubuhmu mengeluarkan hormon-hormon kebahagaiaan –endorphin- yang terbukti sangat berfungi untuk kesehatan manusia.

Itulah alasan-alasan mengapa kamu perlu mencintai dirimu sendiri, sebelum mencintai orang lain. Mulai sekarang, sudahkah kalian mencintai diri kalian sendiri?