Pernah nggak sih secara tiba-tiba ada yang aneh dengan orang-orang di sekitarmu? Seakan ada yang berubah dari mereka namun kamu tak tahu jelas apa penyebabnya. Ketika ditanya mengapa, mereka seringnya bilang “ah, nggak apa-apa”. Padahal kamu merasa jelas ada yang berbeda.

Nah, mungkin kamu nggak sadar. Tapi perubahan orang di sekitarmu itu terkadang disebabkan oleh sikapmu sendiri.Wajar sih, kita sering nggak sadar kalau sikap kita diam-diam bikin jengkel orang-orang sekitar. Bila temanmu terasa mulai berubah, coba deh introspeksi. Jangan-jangan selama ini kamu sering melakukan hal-hal di bawah ini?

1. Saat lagi ngobrol bareng temen di tempat umum, suaramu jadi keras banget saking serunya. Kebawa suasana sih boleh aja, tapi lihat sekitarmu ya

Ngobrolnya kekencengan! via unsplash.com

Kalau lagi seru-seruan ngobrol dengan teman kadang kita suka tidak sadar pada volume suara. Ya maklum, lama tidak bertemu jadinya terlalu semangat untuk menuntaskan rindu. Yah bisa karena saking kangennya, atau memang kamu kesulitan mengontrol diri. Meski nggak pacaran, tapi dunia pun serasa jadi milik sendiri. Ngomong keras-keras padahal yang diajak ngobrol ada di depan mata. Itu sangat mengganggu lho. Ingat bahwa tempat umum bukan hanya milikmu. Temanmu mungkin diam saja, tapi dalam hati dia bisa sebel dan salah tingkah dan membatin: malu sama orang sekitar…

 

2. Mengirim email tanpa subjek dan pembuka, cuma ada attachment-nya aja. Pikir mereka pasti: “lah, ini orang maksudnya apa?”

Advertisement

maksudnya?? via unsplash.com

Di zaman yang serba canggih ini, keberadaan surat seakan tergantikan dengan adanya email. Mau ngirim undangan, ngirim tugas kuliah, sampai ngirim surat lamaran kerja. Namun, terkadang kamu lupa untuk mengisi kelengkapan di dalamnya. Seperti subjek dan kalimat pembuka. Nulis alamat, attach file, terus kirim deh tanpa basa-basi. Lha, judulnya mana???

Hal tersebut mungkin bagimu biasa saja, namun bagi si penerima email bisa lain cerita. Diam-diam mereka pasti sebal denganmu sampai tak tahu harus berkata apa lagi. Dalam hati mereka pasti cuma mbatin doang. “Lha ini maksudnya ngirim apaan kok isinya cuman attachment doang?”. Manners ya, guys~

3. Ketika janjian dengan teman, kamu selalu saja datang terlambat dengan berbagai alasan. Mulai dari kerjaan hingga alasan klasik: “Macet, nih!”

OTW, padahal baru keluar rumah via unsplash.com

“Udah sampe mana nih? Aku udah si lokasi nih”
“OTW” *Tapi masih baru mau mandi*

Hayo sering nggak kamu mengalami situasi seperti ini? Menjawab “OTW” padahal kamu baru akan mulai siap-siap. Memang sih dengan sedikit alasan “Macet” atau “Duh, tadi naik ojek terus abangnya nggak tahu jalan” seolah masalah selesai. Tapi tanpa kamu sadari, dalam hati teman-temanmu merasa dongkol lho. Ya coba kamu posisikan dirimu sendiri sebagai mereka. Kesal nggak kalau janjian jam 4 tapi temanmu baru berangkat jam 4 dan kamu nungguinnya sampai lumutan?

Ini jelas bahaya. Niat bertemu tadinya buat bersenang-senang bisa terganggu karena ada yang merasa kesal. Kalau terpaksa banget kamu ngaret karena alasan-alasan yang nggak bisa dihindari, maka segeralah minta maaf karena menunggu itu memang menyebalkan. Sekadar saran, bawakan sesuatu sebagai kompensasi agar kejengkelan mereka berkurang.

Seger banget! via www.thedrum.com

Nah kalau cuaca lagi panas dan gerah banget, kamu bisa bawain mereka goodmood, infused water dengan ekstrak buah yang menyegarkan. Ada dua varian rasa yang tersedia, Jeruk atau Lemon & Madu. Kebaikan alami dan kesegarannya bisa membantu memperbaiki mood dari dalam. Dongkol dalam hati pun bisa berkurang dan nongkrong-nongkrong seru tetap bisa jalan.

4. Mungkin maksudmu hanya ingin nyari topik obrolan. Namun kalau segala hal yang lewat kamu komentari, orang-orang bakalan sebel sih pasti

Semua-semua dikomentari via unsplash.com

“Eh eh lihat tuh. Masa dia pake kerudung sama bajunya nabrak banget. Norak nggak sih?”

Entah karena hobi atau memang sifatmu yang ceplas-ceplos, segala sesuatu maunya kamu komentarin aja. Bahkan kamu selalu merasa gatal untuk mengeluarkan komentar. Objek komentarmu pun bisa siapa saja dan seringnya nggak kenal tempat dan waktu. Urusan mencari-cari kesalahan orang lain, kamu adalah juara satu. Mungkin bagimu ngomentarin mereka itu merupakan hal yang seru, namun belum tentu hal itu berlaku bagi orang lain. Malah bisa jadi mereka jadi sebal dan bertanya dalam hati: jangan-jangan kalau gue nggak ada, dia ngomongin gue juga nih?

5. Situasi hati yang buruk memang bikin semua hal kelihatan salah. Tapi itu bukan alasan untuk bersikap menyebalkan kepada semua orang

Kesel banget bawaannya via unsplash.com

Kalau lagi badmood, memang rasanya pengen marah-marah aja. Rasanya melihat pintu saja ada yang salah. Ditanya sedikit, jawabnya ketus. Dimintai bantuan, menolak dengan kejam. Diajak bercanda, malah marah-marah. Senggol bacok banget lah pokoknya. Mungkin hal ini kamu lakukan tanpa sadar. Tapi sesungguhnya bagi orang-orang yang nggak tahu apa-apa, hal itu sangat menyebalkan. Wong ditanya baik-baik kok jawabnya ketus begitu. Coba deh, tarik napas panjang dan tenangkan pikiranmu.

Badmood memang sering terjadi dan kadang sulit dihindari. Tapi kamu punya pilihan lho. Mengikuti moodmu yang berantakan dan membuat banyak orang sebal atau memperbaiki moodmu sehingga bisa bersikap lebih menyenangkan? Setiap pilihan akan berdampak pada hal-hal ke depan. Toh, melampiaskan kekesalan ke semua orang nggak akan memberimu apa-apa selain disebelin. Sama juga dengan memilih minuman untuk menemani hari-harimu. Kesegaran minuman goodmood dari Suntory ini bisa jadi mood lifter banget lho. Kalau mood bagus,  pikiran jadi jernih, persoalan pun bisa segera terselesaikan.

Nah kalau kamu memang sedang stres berat, coba deh lampiaskan dengan joged asyik biar ketegangan syarafmu berkurang. Ikutan #GoyangKepak barengan #GoodMoodIndonesia, misalnya. Dengan menggerakkan tubuhmu secara bebas bisa membuat rasa stresmu berkurang. Oh iya, Goyangan simpel nan asyik ini sudah viral ke berbagai negara lho. Lakukan di tempat terbuka dan jangan lupa ajak teman-temanmu biar makin seru.

Kamu juga bisa ikutan Photo Competition bareng Goodmood untuk dapetin hadiah-hadiah menarik. Cukup upload foto dalam pose Goyang Kepak dan tuliskan cerita Good Mood Feeling kamu. Sebelumnya jangan lupa follow akun Facebook dan Instagram Good Mood Indonesia ya. Daripada cemberut terus dan bikin orang lain ikut bete, mendingan seru-seruan bareng ala #GoodMoodIndonesia ini deh!

Yah paling nggak kamu kudu paham dan peka sama situasi. Jangan egois jadi orang. Mungkin kamu merasa senang dan aman-aman saja sama kebiasaanmu itu, tapi kamu perlu memperhatikan orang di sekitarmu juga. Karena apa yang menyenangkan bagimu, belum tentu menyenangkan bagi orang lain. Setuju nggak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya