Siapa sih yang tidak mau punya banyak teman? Saat weekend tiba tidak harus bingung mau ngapain, karena banyak teman yang bisa diajak berkegiatan. Tapi seiring bertambahnya usia, biasanya kita makin sulit mendapat teman. Yang ada hanya itu-itu saja. Weekend dan liburan pun lebih banyak kamu habiskan dengan tidur-tiduran di kamar.

Memang jumlah teman nggak menunjukkan kualitasnya. Tetap saja ada satu orang orang kamu anggap sebagai sahabat sejati dalam suka maupun duka. Tapi menambah lingkar pertemanan tetap nggak ada salahnya. Karena selain punya banyak pilihan untuk diajak jalan, punya banyak teman juga bisa membawa banyak kesempatan dan hal-hal baik lho. Nah, kalau kamu merasa temanmu tidak bertambah-tambah dari dulu hingga sekarang, coba deh mulai lakukan hal-hal ini.

1. Keberadaan media sosial itu penting nggak penting. Nggak punya medsos berarti kamu kehilangan kesempatan untuk keep in touch dengan kawan-kawan

main media sosial via www.appboy.com

Kadang media sosial memang membawa dampak buruk dan lebih bikin emosi daripada happy. Tapi di luar segala hal-hal buruk di sana, ada hal yang harus pintar-pintar kita hindari, medsos punya fungsi positif merekatkan pertemanan. Kamu yang sudah lama berpisah dengan teman-teman SMAmu bisa tiba-tiba ketemu di medsos dan pertemanan terjalin lagi. Meski hanya saling sapa dan ngobrol di medsos, lebih baik kan daripada tidak sama sekali?

Selain itu, meski harus waspada dan hati-hati, medsos bisa memberimu kesempatan bertemu orang-orang baru. Kalau mau nambah teman, coba deh aktifkan lagi laman medsosmu.

2. Waktu silaturahmi yang bikin kamu bisa ketemu teman lama malah kamu sia-siakan karena males aja

Nongkrong bareng via sifted.halalfoodhunt.com

Masih sering ngobrol dengan mantan rekan kerja di kantor lama? Masih sering kontak-kontakan dengan teman kuliah? Masih hafal siapa saja nama teman sekelasmu saat SMA?  Salah satu hal yang membuat temanmu tidak bertambah adalah karena kamu tidak mampu menjaga pertemananmu selama ini. Jadi meskipun punya teman baru, tapi teman lamamu pergi. Duh, sayang sekali. Terus bagaimana caranya menjaga komunikasi dengan teman-teman lama? Salah satunya adalah memanfaatkan momen untuk reunian.

Nah, mumpung sudah waktunya silaturahmi, kamu bisa merancang ketemuan bersama dengan teman-teman lama. Duh, rumahnya jauh-jauh, susah nyari tempat yang cocok untuk semua. Tak perlu khawatir. Khusus untuk momen ini, McDonald’s memberimu kemudahan nih untuk memilih tempat silaturahmi. Banyak promo dan bonusnya lagi!

Caranya pun gampang, kamu tinggal masuk ke McD Bukaan Bareng Teman-teman dan log in dengan akun Facebookmu. Terus invite  teman-teman yang mau kamu ajak ketemuan. Kamu dan temanmu akan dapat produk gratis, berdasarkan jarak kamu dan teman teman kamu dari restoran McDonald’s yang disepakati. Setiap orang akan mendapatkan hadiah, jenis hadiahnya berdasarkan dari jaraknya, bisa berbeda untuk setiap orangnya.. Hadiah gratis dari McDonalds adalah Sundae Coklat, Iced Coffee dan Cheeseburger. Kurang gampang, praktis, dan nyenengin apa lagi coba?

3. Malas ikut kegiatan di luar kantor. Padahal kan sayang kalau kenalanmu hanya orang-orang yang bekerja di tempat yang sama

Komunitas art via www.quadcityarts.com

Kalau kita sudah bekerja, memang sebagian besar waktu kita habis di kantor. Bertemunya pun hanya orang-orang itu saja. Mau nongkrong selepas ngantor juga badan sudah terlalu lelah. Ini lho yang membuat temanmu cuma itu lagi itu lagi. Hanya orang-orang kantor yang kamu temui setiap hari. Supaya kenalanmu bertambah, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan di luar kantor. Misalnya ikut komunitas hobi. Selain hobimu tersalurkan, temanmu juga bertambah kan? Ngobrol-ngobrol dan nongkrong pun tambah seru, karena tidak hanya membahas soal pekerjaanmu.

4. Traveling sendirian membuka kemungkinan kamu bertemu dengan orang-orang baru. Kalau cuma mau pergi dengan yang sudah dikenal, pantas temanmu cuma itu-itu aja

Traveling sendiri via www.lifehack.org

Memang sih traveling dengan teman-teman atau keluarga lebih seru. Tapi kalau pun tidak ada temannya, tak ada salahnya kamu mencoba traveling sendirian. Sebenarnya traveling sendirian ini banyak manfaatnya lho. Kamu bisa menentukan destinasi sesuka hati, tanpa perlu pusing memikirkan si itu ingin ini dan si ini ingin itu juga bisa menikmati makan-makan spesial khas daerah sana.

Kamu punya kesempatan sepanjang perjalanan untuk kenalan dan ngobrol dengan orang-orang yang kamu temui. Siapa tahu bertemu di tempat wisata, pertemanan bisa terus berlanjut, ‘kan?

5. Mengisi weekendmu dengan kegiatan berkualitas seperti volunteer. Cuma karena malas keluar rumah, weekendmu pun sia-sia karena cuma diisi tidur aja

Volunteer jadi guru via www.projects-abroad.com.au

Jangan beralasan tidak ada teman yang bisa diajak jalan, lalu kamu menghabiskan weekend-mu dengan tidur seharian. Karena teman memang harus dicari. Bila weekend-mu kurang kerjaan, kamu bisa ikut berbagai kegiatan bermanfaat.

Selain komunitas, kamu bisa juga jadi volunteer di berbagai acara. Misalnya seminar, bakti sosial, ataupun relawan mengajar anak-anak yang butuh pendidikan. Selain membantu sesama, kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru. Tak hanya itu, banyak ikut kegiatan semacam itu juga bagus untuk CV-mu lho.

6. Kamu yang masih kuliah hobinya kuliah-pulang terus. Coba sesekali nongkrong di kantin atau ikut organisasi, pasti bertambah temanmu nanti

Ikut BEM kampus via www.nmu.edu

Khusus untuk kamu yang masih kuliah, apakah selama ini kamu terbiasa menjadi mahasiswa kupu-kupu? Alias kuliah – pulang – kuliah – pulang? Sungguh sayang kalau masa kuliah kamu habiskan hanya untuk belajar di kelas dan mengerjakan tugas di rumah. Akademik memang penting, tapi banyak hal-hal lain yang bisa kamu dapatkan bila sedikit saja lebih aktif di kampus. Ikut organisasi atau sering-sering nongkrong di kantin. Selama kegiatannya positif, tidak hanya membuatmu mengenal banyak orang dan memberimu banyak pengalaman.

Sebagai makhluk sosial, kita memang perlu teman. Tapi memiliki teman bukan cuma sekadar mencari dan terus mencari, tapi juga menjaga agar teman-teman lama tidak pergi hanya karena jarang ketemu. Jadi, jangan malas ya untuk bertemu dengan orang baru dan menjaga komunikasi dengan teman-teman lamamu. Selamat menunggubersosialisasi dan menambah teman!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya