Pagi hari adalah kesempatan pertama kita untuk produktif setelah istirahat semalaman. Maka dari itu, wajib bagi kita memanfaatkan pagi sebaik-baiknya. Kita yang akan rugi jika pagi ini terbuang percuma.

Agar aktivitas pagimu maksimal, ada baiknya kamu mengembangkan beberapa ritual. Ritual-ritual ini akan memudahkanmu memanfaatkan pagi, sehingga kamu pun akan lebih lancar dalam menjalani sisa hari!

1. Bangkitkan Tubuhmu dari Kasur Saat Semua Orang Masih Terlelap

Bangun dari kasur via booksandblueberries.blogspot.com

Bapak pendiri Amerika, Benjamin Franklin, berujar bahwa orang yang bangun pagi memiliki emas di mulutnya. Maksudnya, orang yang bangun lebih awal punya lebih banyak kesempatan untuk memanfaatkan waktunya di hari itu.

Hal ini dibuktikan sendiri oleh CEO Disney, Bob Iger. Ia selalu bangun pukul 04.30 untuk sekadar membaca koran, mengecek email, olahraga, dan mendengarkan musik. Meskipun terlihat sepele, di saat orang-orang masih tidur Bob Iger sudah multitasking, lho.

Advertisement

Bangun pagi awalnya memang butuh motivasi, apalagi kalau kamu belum biasa. Tapi jika kamu bisa bertahan 3 hari berturut-turut saja, di hari keempat badanmu bisa bangun sendiri tanpa dipaksa!

2. Tenangkan Pikiranmu dengan Doa Pagi, Atau Meditasi

Meditasi bisa menjernihkan pikiranmu via www.huffingtonpost.com

Mengembalikan fokus setelah semalaman istirahat adalah hal yang sangat penting untuk memulai harimu. Salah satu cara yang paling efektif adalah berdoa atau bermeditasi.

Begitu bangun pagi, sebaiknya langsung sholat, meditasi di atas tempat tidur, atau sekedar berdiam diri dulu biar tenang dan fokus. Rutinitas ini terutama akan membantu kamu yang sibuk. Dengan ini, tingkat stresmu nggak akan terlalu tinggi.

3. Andaikan Ini Hari Terakhirmu di Dunia, Hal Apa yang Akan Kamu Lakukan Secara Berbeda?

Ajukan pertanyaan tajam ke diri sendiri via www.huffingtonpost.com

Setelah pikiranmu tenang dan fokus, mulailah melakukan refleksi pagi. Bertanyalah pada diri sendiri apa yang ingin kamu raih hari ini, apa yang sudah kamu capai selama ini, dan apakah kamu puas dengan itu.

Steve Jobs, pendiri Apple, punya kebiasaan pagi untuk bercermin sembari bertanya kepada dirinya sendiri: “Jika hari ini adalah hari terakhirmu di dunia, apakah kamu akan melakukan hal yang sama yang akan kamu lakukan hari ini?” Kalau jawabannya ‘tidak’, Jobs bilang ia harus segera melakukan perubahan.

Refleksi diri mengingatkan kita untuk mempertimbangkan kembali apa yang benar-benar ingin kita lakukan dalam hidup. Saat kita merasa terjebak dalam rutinitas, kegiatan ini bisa mengingatkan kita mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan.

4. Daftar Rencana yang Efektif Bisa Menyelamatkanmu

Bikin to-do list yang oke! via www.artisanofcreativemiracles.com

Membuat rencana atau agenda di pagi hari sebagai target yang harus dipenuhi akan memudahkan kamu menjalani aktivitas dari hari ke hari. Rutinitas ini juga akan memaksimalkan produktivitas karena kamu bisa tahu apa yang paling penting kamu lakukan hari ini.

Pastikan kamu menyelesaikan apa yang kamu targetkan hari ini, supaya tidak perlu mengorbankan waktu istiharat seperti weekend atau hari libur untuk lembur!

5. Informasi Terbaru Itu Penting. Baca Koran, Buka Twitter, atau Tontonlah Layar Televisi!

Baca koran di pagi hari akan membuatmu lebih punya informasi via books0977.tumblr.com

Sebelum harus berinteraksi dengan orang lain, penting buatmu meluangkan waktu untuk mengasup diri sendiri dengan informasi. Jadi gunakan waktumu untuk membaca koran, menonton TV, mencari informasi pekerjaan terbaru, atau sekadar membuka linimasa Twitter.

Kamu tidak akan hanya tahu tentang peristiwa-peristiwa penting dalam politik atau perekonomian negara, tapi juga kondisi jalanan atau gosip rekan sekerja. Begitu harus berinteraksi dengan orang lain, kamu sudah tahu apa yang harus kamu bicarakan!

6. Cegah Tubuhmu Jatuh Sakit dengan Olahraga Sederhana

Ayo, lari! via ianderry.com

Mempersiapkan kondisi fisik kita di pagi hari juga tidak kalah penting. Ingat, bukan kesuksesan namanya jika kamu punya banyak uang di rekening tapi jatuh di kamar mandi karena kondisi fisik yang tidak fit.

Presiden Amerika Barack Obama tidak ingin kesibukannya menghalangi rutinitasnya berolahraga, sehingga ia memastikan bahwa hal pertama yang dilakukannya tiap pagi adalah olahraga. Dengan ini, Obama tetap bugar dan bisa fokus menghadapi jadwalnya yang sangat padat sebagai presiden negara paling berkuasa di dunia.

Kalau kamu tidak bisa tiap pagi ke gym atau jogging, cobalah melakukan pemanasan atau peregangan sederhana selama 5-10 menit tiap harinya.

7. Jaga Tubuhmu Dengan Sarapan yang Bukan Mie atau Nasi

Apa yang lebih baik dari panekuk berry? via www.chownchat.com

Jangan sembarangan memilih sarapan! Sama halnya seperti olahraga, makanan atau asupan nutrisi yang baik di pagi hari juga akan menyokong kondisi fisik kita.

Tiap orang punya kebutuhan gizi yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu tahu kebutuhan tubuhmu. Ada orang yang cukup hanya minum susu atau kopi, tetapi ada juga orang seperti Justin Timberlake yang tiap harinya harus sarapan 2 kali.

Untuk kita orang Indonesia, panduan klasik 4 sehat 5 sempurna masih menjadi basis makanan ideal. Apapun sarapanmu, pastikan bahwa kamu tidak kenyang saja, ya. Karbohidrat kompleks, protein yang cukup, dan serat harus ada!

8. Tuntaskan Tugas Terberatmu di Hari Itu Lebih Dahulu

Tugas terberat, tuntaskan pertama via oscarpena.me

Jika kamu mengerjakan tugas yang paling sulit terlebih dulu, harimu akan berjalan semakin dan semakin mudah. Seperti pernyataan Mark Twain di atas, jika memang hari ini kamu diharuskan makan dua kodok maka makanlah kodok yang lebih besar terlebih dulu selagi perutmu masih prima.

Di pagi hari, motivasimu masih tinggi dan kondisi badanmu masih segar. Tentu akan lebih mudah bagimu menuntaskan tugas terberat yang kamu punya. Saat tubuhmu sedikit lelah dan matamu mengantuk di sore hari, kamu hanya perlu mengerjakan tugas yang lebih sederhana. Atau mungkin malah bisa istirahat!

9. Begitu Siap Berangkat, Jangan Langsung Pergi. Mengobrollah Dulu dengan Orang yang Kamu Kasihi

Sempatkanlah untuk bertanya kegiatan apa yang akan mereka lakukan hari ini atau sekedar bertukar pendapat tentang berita pagi. Manfaatkanlah quality time ini dengan sebaik-baiknya. Ingat kita baru akan bertemu lagi dengan orang terkasih di penghujung hari, itupun setelah capai bekerja sepanjang hari.

Obrolan dengan keluarga atau orang-orang terdekatmu di pagi hari dapat menjadi motivasi yang baik untuk memulai hari. Ketika menghadapi kesulitan dalam studi maupun pekerjaan, kita tahu bahwa di saat yang bersamaan orang-orang yang kita sayangi juga sedang berjuang!

10. Alokasikan 5 menit untuk berbenah. Kamu akan bersyukur saat kembali ke rumah.

Bersih-bersih nggak selalu harus ribet! via media.giphy.com

Setelah sepanjang hari di kampus atau kantor, bukankah kamu ingin kembali ke rumah yang bersih dan nyaman? Kamu pasti sebal jika tiap hari pulang disambut bau cucian piring yang menumpuk atau harus merapikan kamar dulu sebelum tidur.

Maka dari itu, sempatkanlah diri untuk bersih-bersih sekadarnya sebelum berangkat di pagi hari. Cukup dengan mencuci piring setelah sarapan atau merapikan spreimu di pagi hari, tidurmu pasti akan jauh lebih lelap.

Rutinitas ini akan sangat membantu kamu menurunkan level stres, meningkatkan kualitas hidup, dan setidaknya menghindari beban bersih-bersih yang segudang.

11. Minumlah air putih sebelum makan apapun di pagi hari

Minum air putih sebelum apapun via open.az

Minum air putih begitu bangun tidur memiliki berbagai manfaat. Di samping fakta bahwa tubuh kita selalu membutuhkan cairan yang cukup untuk menyokong metabolisme tubuh, minum air sebelum mengkonsumsi makanan apapun juga dapat membersihkan sistem pencernaan kita.

Dengan sistem pencernaan yang bersih, proses penyerapan makanan juga akan berlangsung dengan lebih baik. Mencerahkan kulit, menyembuhkan berbagai penyakit, bahkan sampai menurunkan berat badan. Jadi, jangan lupa sediakan segelas air putih di samping tempat tidurmu. Begitu bangun, kamu bisa langsung minum!

12. Mau lebih nyenyak malam nanti? Berjemurlah di sinar matahari pagi!

bersyukur atas pencapaianmu via mysteriouskhadija.wordpress.com

Mungkin kita terlalu sibuk untuk menikmati hal-hal sederhana seperti sinar matahari. Jika kamu pengguna mobil, bisa jadi kamu malah tak terpapar sama sekali. Padahal, sinar matahari pagi itu penting, lho. Bahkan walau kamu sudah tinggi atau berhenti tumbuh ke atas.

Sinar matahari bisa membantu kita tidur lebih nyenyak. National Institute of General Medical Sciences (NIGMS) di Amerika menemukan bahwa cahaya matahari berperan penting menjaga siklus yang menandakan kapan tubuh harus istirahat dan kapan harus bekerja. Orang yang jarang terpapar sinar matahari pagi akan memiliki tubuh yang kurang sensitif pada perubahan siang-malam. Seringkali, mereka akan mengalami kesulitan tidur atau menjaga ritme hidupnya.

Luangkanlah waktumu untuk sekedar menghirup udara di teras dan menikmati hangatnya matahari pagi. Kamu akan terbantu untuk tidur nyenyak malam nanti!

13. Nikmatilah Waktumu dengan Berbuat “Seenak Jidat”

menikmati musik sesukamu di pagi hari

Jangan lupa untuk menyalakan pemutar musikmu selagi kamu mempersiapkan diri untuk kuliah atau bekerja. Mendengarkan musik yang semangat, menonton video lucu, atau membaca buku motivasi akan secara ajaib meningkatkan semangatmu di pagi hari.

Pagi hari adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk menikmati hal-hal tersebut sesuka hatimu sebelum terjebak di kesibukanmu. Kalaupun punya waktu lenggang di kantor, kamu harus memakai pelantang telinga. Kalau menonton video yang lucu? Kamu harus menahan tawa!

14. Jadikan beban orang lain sedikit lebih ringan dengan senyuman

Senyum untuk meringankan beban orang lain via tammydefox.wordpress.com

Mulailah pagimu di kantor atau kampus dengan senyuman. Kamu juga pasti akan lebih senang jika disambut begitu, sebelum membahas hal-hal yang lebih memusingkan.

Sikap di pagi hari akan sangat mempengaruhi kinerja maupun situasi lingkunganmu. Maka dari itu, mengapa kamu tidak menyisihkan beberapa menit untuk tersenyum dan menyapa teman? Lumayan lho, apalagi sebelum pekerjaan dan kesibukan mengambil alih fokusmu.

Pagi hari adalah waktu yang berharga. Jangan menyia-nyiakannya, ya!