Rasa bosan, jenuh, sedih, dan perasaan-perasaan negatif yang kerapkali timbul memang tak bisa dihindari dari keseharian kita. Karena memang manusia memang dianugerahi akal serta pikiran untuk bisa berpikir, dan merasa. Namun sayangnya, kita tidak memiliki kemampuan untuk menangkal perasaan-perasaan negatif yang timbul.
Oleh karenanya, kita perlu melakukan latihan serta kebiasaan agar hati kita bisa tetap merasa bahagia.

Dalam artikel berikut ini, Hipwee ingin mengajak kamu para pembaca yang setia, untuk melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi dirimu. Kamu akan diajak untuk mengerjakan sesuatu agar suasana hatimu bisa kembali nyaman, dan rasa bahagia-pun bisa kamu rasakan.

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, oleh karenanya maafkanlah dirimu atas segala kesalahan yang telah kamu perbuat dimasa lalu

Maafkan segala kesalahanmu via idisciple.org

Kesalahan adalah hal yang tak bisa dihindari dalam setiap segi kehidupan. Tak hanya anak kecil dan remaja yang melakukannya, bahkan banyak orangtua yang secara sengaja maupun tidak juga kerapkali berbuat salah. Oleh karenanya, kamu tak perlu khawatir jika pada suatu titik ternyata kamu melakukan kesalahan.

Kamu nggak perlu merasa sedih, malu, dan terus-menerus merasa bersalah. Hal itu justru akan semakin membuatmu berbuat lebih banyak lagi kesalahan, karena kamu merasa diintimidasi. Jika kamu ingin mencari tahu, justru kamu akan menemukan bahwa orang-orang yang paling sukses justru melakukan lebih banyak kesalahan daripada yang kamu lakukan. Yang perlu kamu lakukan adalah ingat-ingat kembali kesalahanmu, tutup matamu, dan ucapkanlah pelan-pelan kalimat berikut : “Oke, aku minta maaf, aku akan memperbaiki kesalahan yang telah kuperbuat”

Kerjakanlah sesuatu yang kamu sukai untuk menghibur dirimu

Advertisement

Jika kamu suka cosplay, sempatkanlah dberkumpul dengan sesama cosplayer via www.tested.com

Jangan hanya bengong dan berdiam diri saja. Lakukanlah hal-hal yang bisa menyenangkan dirimu. Jika kamu merasa suntuk karena tugas dan beban berat di kampus maupun kantor, dan kamu sudah lama sekali tak mengerjakan hobi yang kamu suka, maka mulai sekarang beranjaklah dari tempat dudukmu, keluar dari kamarmu, kemudian langkahkan kaki keluar rumah dan pergilah bersenang-senang.

Mungkin kamu bisa memulai dengan merawat tanaman anggurmu yang sudah merambat kemana-mana dan perlu dipangkas disana-sini, atau kamu sudah jarang sekali pergi jalan-jalan ke mall, berbelanja, atau sekedar cuci mata. Ajaklah beberapa temanmu untuk melakukan hal ini.

 

Sesekali, sempatkanlah dirimu sendiri untuk menikmati me time

Sempatkanlah waktu untuk menyendiri via stemologyskincare.com

Mungkin kamu telah menjalani hari-hari yang berat. Sampai-sampai kamu lupa kapan terakhir kali pergi memotong rambutmu, atau lupa kapan terakhir kali berendam di air hangat, maupun lupa kapan terakhir kali membaca buku-buku cerita. Sempatkanlah satu hari dalam sepekan untuk mandi busa, membaca buku cerita, menonton film terbaru, pergi ke spa, ataupun hal-hal lain yang bisa menenangkan dan membahagiakan dirimu.

Tak ada salahnya memberi dirimu hadiah setiap kali kamu berhasil melakukan sesuatu. Tak perlu barang mewah, Bisa sebatang cokelat atau sepucuk es krim

Hadiahi dirimu sendiri via www.webmd.boots.com

sebagai contoh, kamu berhasil mendapatkan nilai A untuk ujian UAS mu, atau kamu berhasil menjaring pelanggan baru dikantor tempatmu bekerja. Kamu pantas mendapatkan hadiah-hadiah kecil yang bisa menyenangkan hatimu. Mungkin es krim vanilla lembut ataupun sebatang besar cokelat yang legit, atau bisa juga hadiahi dirimu dengan pergi ke bioskop.

Lakukanlah sesuatu yang baik untuk tubuhmu, olahraga ringan adalah salah satu contohnya

Lakukanlah olahraga ringan via massageyogawellness.com

Lakukan olahraga ringan setiap kali bangun tidur. Berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah, maupunmelakukan senam ringan di teras rumah bisa membuatmu berkeringat dan menyegarkan tubuh serta otakmu. Secara tak langsung, melakukan olahraga bisa meningkatkan hormon kebahagiaan dalam dirimu, sehingga akan membuang perasaan-perasaan negatif yang mengalir dalam dirimu.

Kapan terakhir kali kamu merangkai puzzle maupun mengisi teka-teki?

Olahraga otak via pixshark.com

Kamu mungkin sudah lama sekali tak merangkai puzzle, mengisi teka-teki, bermain catur, sudoku, ataupun hal-hal lain yang bermanfaat bagi otakmu. Mulai sekarang, lakukanlah salah satu permainan tersebut. carilah teman yang bisa menjadi lawan permainanmu, atau jelajahi internet. Saat ini sudah banyak sekali program aplikasi maupun situs internet yang menyediakan permainan asah otak seperti diatas. Kamu pasti tak lupa kan fakta yang menyebitkan bahwa otak yang tak diasah justru akan semakin tumpul dan menurun? Kamu juga pasti tak ingin di usiamu yang masih muda ini, kamu menjadi sering lupa bukan?

Jika perasaan tak enak masih saja muncul, mungkin kamu perlu bercerita, maupun curhat kepada orang yang kamu percaya

Curhat dengan sahabat via transitionvoice.com

Tak ada salahnya untuk membicarakan masalahmu dengan orang lain. Carilah orang yang bisa kamu percaya untuk diajak curhat. Bisa sahabat karibmu, orangtuamu, atau jika perlu, carilah psikiater. Mereka pasti akan memberimu saran, akan memberimu semangat. Namun, pastikan jangan terlalu sering mengumbar perasaanmu ya, alih-alih menunjukkan empati, bisa-bisa mereka justru keki karena tiap kali ketemu kamu ujung-ujungnya cerita sedih mulu.

Oke, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar hidupmu menjadi penuh warna. Mungkin ada saran lain yang bisa membantu? Silakan posting di kolom komentar ya..