Setiap orang punya sifat yang berbeda. Beberapa lahir dengan sifat yang supel, sebagian lagi terlahir dengan sifat masa bodoh, dan ada juga yang terlahir dengan sifat nggak enakan atau gampang merasa bersalah. Punya sifat seperti ini, rasanya setiap ada hal yang tak sesuai ekspetasi membuat kami langsung merasa sangat bersalah. Seakan-akan apa yang terjadi sepenuhnya salah kami. Walaupun kami sadar kami tak selalu punya andil.

Setidaknya jadi orang yang punya sifat gampang merasa bersalah dan nggak enakan, ada 5 hal ini yang akrab kami rasakan.

1. Kami sebisa mungkin menerima permintaan tolong orang lain dan selalu nggak tega buat menolak

Nggak pernah bisa nolak via favim.com

Tiap seseorang meminta bantuan, kami sebisa mungkin mengiyakan dan kemudian membantu semampu kami. Terkadang, kami juga menyingkirkan kepentingan kami sendiri hanya untuk membantu orang lain.

Kami tidak bisa menolak karena tidak ingin dianggap jahat dan merasa bersalah terhadap orang lain. Oleh karena itu, kami kerap kesusahan sendiri. Padahal ada kalanya kami juga sedang kelimpungan menyelesaikan apa yang menjadi urusan kami. Tapi kalau buat minta bantuan orang lain, ah lagi-lagi kami merasa nggak enakan!

2. Sekalinya menolak permintaan orang lain, kami pasti amat merasa menyesal

Advertisement

Kerap merasa menyesal via www.pinterest.com

Jika pun terpaksa menolak permintaan tolong orang lain, setelahnya kami akan merasa menyesal dan juga merasa bersalah karena nggak bisa membantu atau sekadar memberi saran.

Setelahnya, pikiran akan dipenuhi dengan kekhawatiran bagaimana nasib mereka yang tak bisa kami berikan bantuan. Perasaan ini hampir selalu menyiksa. Padahal kami juga tahu, tak bisa memberi bantuan juga merupakan hal yang wajar. Toh jika kami meminta bantuan, tak semuanya bisa memberi bantuan.

Tapi tetap saja, namanya juga orang yang nggak enakan dan gampang merasa bersalah. Hal-hal kayak gini sudah membuat perasaan kami jadi sensitif.

3. Buruknya, karena sifat kami yang nggak enakan ini, tak jarang kami kerap diperalat orang lain untuk kepentingan mereka sendiri

Jadi sering diperalat via favim.com

Banyak orang yang meminta tolong pada kami karena tahu kami akan selalu bilang “iya”. Dan bila kami menolak pun, kami akan merasa bersalah luar biasa. Sayangnya, selalu ada saja orang yang memanfaatkan kelebihan sekaligus kekurangan yang kami miliki ini.

Hanya karena kami tak bisa menolak jika ada yang minta bantuan, seringnya ada yang meminta bantuan tanpa kira-kira. Bahkan kadang di luar kemampuan kami. Kalau sudah begini, kami menyesal jadi orang yang nggak enakan dan gampang merasa bersalah.

4. Bahkan kami bisa meminta maaf, walau itu bukan kesalahan kami sendiri

Sering minta maaf walau nggak salah via www.pinterest.com

Minta maaf atas kesalahan yang tak pernah kami lakukan, sudah sering terjadi. Entah kenapa, rasa tak enakan ini membuat kami merasa bersalah atas kondisi yang tak berjalan semestinya.

Sesekali kami pun dibuat bertanya-tanya. Kenapa kami harus meminta maaf pada sesuatu yang belum tentu karena kesalahan kami?

5. Meski sering merasa bersalah kadang ada sisi positifnya, namun kadang kami sering juga merasa tak nyaman

nggak nyaman dengan perasaan sendiri via www.logancoleblog.com

Kami adalah orang yang peka dan perasa. Jika ada keadaan dimana tidak berjalan sesuai rencana kami akan merasa menyesal dengan sendirinya. Kami berusaha memperbaiki kesalahan yang ada walau sepenuhnya bukan salah kami. Kami merasa bertanggung jawab dengan kekacauan yang ada.

Hal itu kadang membuat kami merasa tidak nyaman karena mesti menanggung sendiri. Padahal belum tentu yang lainnya bisa peka. Tapi kalau sudah menjadi sifat bawaan, kami bisa apa?

Kamu yang seringnya nggak enakan dan suka merasa bersalah tanpa alasan, mana nih suaranya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya