Semakin dewasa kita, semakin bertambah umur semakin banyak pula tuntutan yang harus dikerjakan. Tak jarang, rutinitas itu bikin kita jenuh bahkan stres kalau sudah begini, jangankan menyelesaikan pekerjakan, mengerjakannya saja sudah untung. Kalau pikiran sudah buntu, semua hal jadi serasa dipaksakan untuk dikerjakan, padahal ada jadwal deadline dan harus selesai tepat waktu.

Daripada stres, pikiran terkuras habis, istirahat kurang bahkan sampai mengabaikan dunia luar, dunia sosial sekitar kita sendiri. Baiknya kita mengatur jadwal, tepatnya mengatur ritme antara kerja dan istirahat. Kalau semua sudah terlanjur lalu pikiran stres menghadang di depan mata, apa yang harus kita perbuat? Menghindari stres bukan berarti kalah, kita punya cara bijak untuk menghadapi kejenuhan-kejenuhan ini. Simak yuk!

1. Istirahat sejenak dari hal-hal yang serius, habiskan waktu bersama teman-teman saat akhir pekan, seperti nonton film atau jalan-jalan

Jalan bareng kawan-kawan terbaik… via unsplash.com

Keseriusan saat mengerjakan sesuatu lumrah dan mungkin perlu, tapi kalau bikin sakit apa malah nggak rugi? Kerjaan baiknya dikerjakan dengan happy, weekend telah tiba dan sambutlah dengan suka cita nonton film di bioskop kesukaan bareng teman-teman.

2. Niat hati ingin melupakan rutinitas yang bikin stres, jangan bahas masalahmu dulu baiknya cari obrolan seru bersama keluarga di rumah

Jangan malah nambah rasa jenuhmu deh… via unsplash.com

Advertisement

Alih-alih menghilangkan stres karena banyak pikiran, malah curhat kesana-sini. Hal itu malah menguatkan rasa jenuhmu, baiknya cari topik lain yang lebih seru dan kocak. Kamu nggak mau kan, niatnya istirahat malah jadi semakin dekat dengan kejenuhan.

3. Kerjaan dan tugas yang menumpuk pasti selesai, kamu perlu refreshing dulu supaya kerjaan bisa dilakukan dengan nyaman nantinya

Plesiran biar stressnya ludes… via unsplash.com

Nggak susah-susah mengerjakan sesuatu kalau kamu sudah diliputi stres. Pekerjaan itu nggak bakal bisa kamu kerjakan dengan nyaman kala kepala terasa berat. Ambil kesempatan untuk bertamasya, sekadar travelling ke tempat wisata yang dekat dengan lokasi kamu tinggal, bisa bikin stres terobati.

4. Tinggalkan hal tersebut, lakukan hobi yang kamu senangi. Cuek saja lah, daripada malah stres dan nggak kelar-kelar

Biar nggak serius melulu, bikin jenuh… via unsplash.com

Mengerjakan sesuatu yang disenangi akan lebih nyaman dan enteng ketimbang sesuatu yang sebenarnya dibenci. Mungkin untuk menghindari rasa stres karena banyak pikiran karena kerjaan, lebih baik kamu kerjakan dulu hal-hal yang menyenangkan hati. Lakukan hobimu biar nggak stres!

5. Stres karena putus cinta, obati dengan belanja. Entah kenapa belanja bisa menyembuhkan semua hal yang menjenuhkan

Jangan terlalu diresapi kesedihanmu, pikiran jadi semakin bertambah banyak… via unsplash.com

Pikiran yang galau dan gundah gulana karena diputus pacar bisa membawamu dalam pikiran kalut dan stres yang merugikan. Lawan rasa stres-mu ini dengan belanja, setuju atau tidak dengan belanja beberapa hal menjenuhkan bisa kita lupakan sejenak. Syukur-syukur kalau langsung lupa mantan.

6. Mungkin kamu sedang lapar dan kurang asupan gizi, kenyangkan dulu perutmu yang mulai keroncongan itu

Daripada ngamuk karena jenuh, mending makan deh… via unsplash.com

Deadline telah menunggumu di depan, sementara pekerjaan belum selesai. Alih-alih mengerjakannya dengan cepat, malah kebuntuan yang didapatkan. Keluar sejenak dari rutinitas, sambil makan makanan kesukaan lupakan pekerjaan yang menyiksa batin itu, cari hal yang menarik.

7. Banyak kerjaan yang sepertinya nggak mungkin selesai dikerjakan sendirian, ajak teman terbaikmu untuk membantu mengerjakan kerjaanmu

Ajaklah teman untuk membantumu… via unsplash.com

Banyak sekali pekerjaan yang harus dikerjakan sementara pikiran pusing tak karuan. Beruntung sekali buat kamu yang punya temen atau sahabat yang sedia membantumu. Ajak dia untuk membantumu menyelesaikan tugasmu bersama-sama. Jangan lupa sampaikan terima kasihmu kepadanya.

8. Mungkin kamu lelah, jangan sampai kamu kekurangan waktu buat tidur. Usahakan senyaman mungkin kamu bisa tidur lelap

Tidur cukup deh biar nggak sakit… via unsplash.com

Kerjaan memang bukan suatu hal yang mudah dikerjakan apabila kita dalam kelelahan. Alangkah lebih baik kita selalu sehat dan fit saat mengerjakan tugas. Biar kamu nggak stres dan terhindar dari beragam penyakit, kamu mesti tahu jadwal kapan sebaiknya kamu tidur dan seberapa lama itu diperlukan. Jangan egois sama badan sendiri deh…

Banyak hal bisa kita lakukan untuk menanggulangi dan menghindari kalut dan stres. Bayangkan kalau sampai stres tiba dan pekerjaan belum selesai kita kerjakan? Banyak orang kecewa selain tentu saja diri sendiri. Sebelum atasan dan diri kita kecewa baiknya kita berlatih mengatur jadwal agar semua kerjaan bisa selesai tepat waktu tanpa kejenuhan. Menumpuk pekerjaan bisa membuat kita jatuh dalam pusaran kekalutan, maka mengatur ritme dengan baik adalah solusi tepat biar nggak stres.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya