Zaman sekarang, omongan orang emang lebih bahaya daripada tindakan nyata. Nggak sedikit orang yang bunuh diri akibat mendapatkan bully-an atau kata-kata yang berkesan meremehkan. Dan entah kenapa, makin kesini makin banyak orang yang berhak mencemooh dan menghujani seseorang dengan kata-kata nggak pantas. Seakan mereka yang meremehkan, nggak punya kekurangan sama sekali.

Namun, ketika kamu mulai mendengar suara sumbang dari orang lain, kamu nggak perlu dendam atau sakit hati. Selow aja dan dengerin 10 lagu ini. Setidaknya ini dapat jadi penenang.

1. Saat kamu merasa disepelekan, yuk dengerin Simple Plan – Perfect. Karena menjadi sempurna memang nggak pernah mudah

Nggak mudah jadi sempurna via dylandsara.com

Do you think I’m wasting my time doing things I wanna do?

But it hurts when you disapprove all along

And now I try hard to make it

I just want to make you proud

I’m never gonna be good enough for you

Saat orang lain berfikir kalau kamu telah melakukan hal-hal yang sia-sia selama hidupmu, saat orang terdekatmu saja mulai menjauhimu, yang perlu kamu lakukan hanyalah menunjukannya dan tetap membuatnya bangga. Walau mereka berpikir kalau kamu tidak akan bisa jadi baik, tetaplah wujudkan apapun yang ingin kamu lakukan. Jangan pernah mundur, karena yang perlu kamu lakukan adalah membuat mereka merasa bangga.

2. Walau belum kenal band Coffternoon, tapi saat kamu dicemooh wajib dengerin lagunya yang berjudul Amira

Advertisement

Lapangkan dada via www.logancoleblog.com

Tutup telinga, amira, mendengarlah dengan dada
Biar getar yang bicara, kata-kata suara membunuh kita
Takdir di depan, amira, esok masih rahasia
Mereka bukan siapa-siapa

Band indie asal Kota Pontianak ini mungkin masih terdengar asing di telingamu. Tapi kamu wajib mendengarkan lagu mereka yang berjudul Amira ketika orang-orang di sekitarmu mulai mencemooh tentang kamu. Lagu ini mengajarkan kita untuk menutup telinga dan lebih baik mendengarkan dengan hati. Karena mereka yang meremehkan kita, bukanlah siapa-siapa. Buat kisahmu sendiri, tanpa memedulikan omongan orang-orang yang bisa membunuh kita dengan ucapannya.

3. Wajib nih dengerin lagu Jessie J yang berjudul Masterpiece saat kamu jadi bahan omongan orang

tetap berkarya via www.logancoleblog.com

You talk that blah blah
That la la, that rah rah sh*t
And I’m so done, I’m so over it
Sometimes I mess up, I “eff” up, I hit and miss
But I’m okay, I’m cool with it

Ketika makin banyak orang yang mengomentari hidupmu, mereka banyak bicara dan kamu bosan dengan apa yang mereka katakan, kamu perlu nih dengerin lagu Jessie J yang berjudul Masterpiece. Dijamin, semangat kamu bakalan naik dan nggak perlu lagi dengerin apa kata orang yang nggak ada gunanya. Redam omongan mereka dengan karya-karyamu.

4. Nah masukin lagu Coldplay – Up and Up di daftar lagumu, ini bisa jadi obat mujarab kala sakit hati

Jangan gampang nyerah via www.logancoleblog.com

We re going to get it get it together right now
Going to get it get it together somehow
Going to get it get it together and flower

Makin lama omongan orang makin nggak ada habisnya, tapi itu nggak boleh membuat kamu goyah dan berpikiran untuk menyerah. Coldplay mempersembahkan lagu Up and Up untuk kamu, ketika kamu mulai muak dengan keadaan, kamu dituntut untuk nggak boleh menyerah. Terus berjuang dan bangkit, kuatkan tekat, omongan orang nggak akan jadi hal yang berarti untuk kamu dengarkan.

5. Suara Tulus yang merdu di lagu Gajah, juga bisa kamu dendangkan saat ditertawakan orang lain

jangan jadi pemarah via dylandsara.com

Waktu kecil dulu mereka menertawakan
Mereka panggilku gajah
(Ku marah) ku marah
Kini baru ku tahu puji didalam olokan
Mereka ingatku marah
Jabat tanganku panggil aku gajah

Marah tentu jadi hal yang lumrah ketika orang-orang menertawakan kamu karena menganggap kamu banyak kekurangan. Tapi jangan habiskan waktumu untuk jadi orang yang pemarah. Namun, dibalik omongan orang yang kadang nyelekit dan nyakitin, terselip doa dari mereka agar kamu jadi seseorang yang lebih baik. Seperti lagu Tulus yang berjudul Gajah, kita diajarkan untuk tetap tenang menghadapi olokan orang. Dengan adanya olokan orang-orang, kamu harusnya jadi lebih terpacu untuk jadi orang yang lebih baik lagi.

6. Jangan diam saat diremehkan, seperti lagu Katy Perry – Wide Awake

Jangan diam saja via www.logancoleblog.com

I’m wide awake and now it’s clear to me
That everything you see, ain’t always what it seems
I’m wide awake
Yeah, I was dreaming for so long

Apa yang kamu lakukan, dengan niat yang baik kadang nggak dilihat sama orang. Mereka hanya bisa menilai apa yang kamu lakukan tanpa mengetahui tujuanmu melakukan hal-hal tersebut. Kuatkan hatimu dengan lagu dari Katy Perry Wide Awake yang akan menyadarkan kamu kalau terjatuh memang sakit, tapi kamu harus bangun dengan hati yang lapang dan terus terjaga.

7. Bangkit dan ambil keputusan dong seperti lagu Go Now dari Adam Levine

jangan lupa bangkit via dylandsara.com

So, here we are

We’ve got another chance for life

It’s what you want

I can see it in your eyes

You see so clear

It’s coming into light

Go on be wrong

Cause tomorrow you’ll be right

Don’t sit around and talk it over

Jangan cuma diam dan pasrah saat mimpi kamu gagal dan banyak orang yang menggunjing. Buat keputusan yang bakalan memengaruhi hidupmu. Ketika kamu sudah memilih, kamu nggak akan bisa kembali. Dengan lagu Adam Levine Go Now, kamu akan tetap semangat dan meneruskan apa yang jadi mimpimu. Bangkit dan terus bangkit.

8. Banda Neira – Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti emang cocok didengarkan saat kamu merasa rapuh

Saat kamu rapuh, akan ada penguat setelahnya via www.logancoleblog.com

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

Yang hancur lebur akan terobati

Yang sia-sia akan jadi makna

Yang terus berulang suatu saat henti

Yang pernah jatuh ‘kan berdiri lagi

Well, ketika hatimu patah, kamu tersungkur dan hancur lebur, dan mungkin banyak orang yang mulai meremehkan kamu, coba dengerin lagu band indie Banda Neira yang berjudul Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti. Lagunya yang lembut dan menenangkan akan membuka matamu kalau semua yang terjadi akan ada pasang surutnya. Hal-hal yang selama ini dianggap sebuah kesia-siaan akan jadi perihal yang bermakna. Dan kamu yang sekarang sedang jatuh, memang sudah saatnya untuk berdiri lagi.

9. Nggak cuma nadanya yang asik didengerin, lagu This is Me – Demi Lovato juga punya makna dalam

tunjukkan dirimu via www.logancoleblog.com

This is real, this is me
I’m exactly where I’m supposed to be now
Gonna let the light shine on me
Now I’ve found who I am
There’s no way to hold it in
No more hiding who I want to be
This is me

Kamu yang pemalu dan takut bicara di depan orang karena mungkin akan jadi bahan omongan, saatnya mendengarkan lagunya Demi Lovato This is Me. Nggak hanya enak didengerin, tapi liriknya yang mudah dipahami dan mengajak kita untuk menunjukkan siapa sih diri kita, akan membakar semangatmu.

10. Hai kamu yang diremehkan, bungkam omongan mereka seperti lagu Selena Gomez yang berjudul Kill ‘Em With Kindness

Bunuh dengan kebaikan via www.logancoleblog.com

Your lies are bullets

Your mouth’s a gun

And no world and anger was ever won

Put down the fight before igniting

Next time your fighting

Kill ’em with kindness

Omongan itu kadang memang lebih berbahaya, dan bisa melukai siapapun. Seperti pepatah, mulutmu adalah harimaumu. Kalau semakin hari kian terngiang omongan orang yang membuatmu muak, coba dengerin dan pahami lagu dari Selena Gomez yang berjudul Kill ‘Em With Kindness. Omongan orang yang nggak enak itu, balaslah dengan kebaikan yang kamu lakukan.

Kadang ketika kamu merasa jatuh sejatuh-jatuhnya, muak dengan omongan orang yang nggak mengenakan, kamu cukup tutup telinga, acuhkan dan biarkan anjing menggonggong.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya