Banyak yang bilang kalau jomblo itu takdir sedangkan single itu pilihan. Ya, sebenarnya sih nggak ada perbedaan mendasar dalam dua hal tersebut, hanya saja ada sedikit beda persepsi bagi sebagian orang. Nah buat kamu yang sampai saat ini masih memutuskan untuk sendiri, nggak ada salahnya kok tetap menyandang status ‘single’ dari pada punya hubungan malah jadi beban.

Lagi pula bukannya tanpa alasan kamu masih menyendiri sampai saat ini, tapi pasti ada beberapa pertimbangan di balik keputusan kamu itu. Di saat seperti itulah kamu harus bisa mencoba untuk mencintai diri sendiri sebelum ada seseorang yang menyayangi kamu. Bagaimana mungkin kalau diri sendiri saja tidak dicintai tapi menginginkan seseorang untuk mencintai. Pertanyaan “kok aku masih aja single ya?” pasti sering terlintas di benak kamu. Mungkin 5 hal ini bisa masuk ke dalam jawaban atas pertanyaan kamu itu.

1. Pacaran tuh kadang ngabisin waktu dan harus serba usaha. Bikin agak males sih…

pacaran, malesin ah… via unsplash.com

Mau pergi sama teman, harus kasih kabar, mau tidur, harus telepon dulu, mau berangkat kerja, harus nyapa, duh kadang agak males sih harus effort kayak gitu. Setiap saat harus pegang telepon di genggaman demi bisa kasih ‘laporan’ ke si dia. Yang biasanya mau ke mana-mana nggak perlu repot memberikan kabar, ketika kamu punya pasangan kamu harus aktif dan responsif.

Lama bales, nanti dia berpikir dirinya bukan prioritas. Suka ngilang-ngilangan padahal kamu lagi lelah, tapi dikira kamu sibuk sama yang lainnya. Hal-hal seperti itu yang kadang bikin kamu malas menjalin hubungan. Masalah kecil memang, tapi tetap saja menyebalkan.

2. Pacaran pasti berimbas ke masalah berat badan. Punya pasangan sudah sangat pasti ingin tampil sempurna, ya kan?

Advertisement

nggak ada larangan makanan! via unsplash.com

“Sayang, baju kamu kok sekarang keliatan kekecilan ya?”

“Sayang, kurangin ngemilnya ya.”

Dua kalimat tersebut secara nggak langsung meminta kamu untuk menjaga berat tubuh kamu. Kamu pun juga pasti ingin tampil sempurna di depan si dia. Kamu jadi menjaga pola makan, rajin olahraga, menamengi diri dari segala macam cobaan makanan, ya pokoknya apapun kamu lakukan demi menjaga berat badan.

Akan terlintas di benak kamu kalau tubuhmu proporsional, pasti si dia kan lebih lengket dan nggak mau lepas dari kamu. Persepsi seperti itu yang terkadang membuat kamu berpikir lebih baik untuk tetap menyendiri. Kamu bisa makan apapun yang kamu mau, ngemil kapan pun kamu suka, dan nggak perlu repot-repot menahan diri dari segala cobaan.

3. Sebab dikepalamu itu kata ‘jomblo’ bukan masalah besar tuh!

sendiri, aku bahagia via unsplash.com

“Sometimes, it is better to be alone. Nobody can hurt you.” – Hercules

“Terkadang sendiri itu lebih baik karena tidak akan ada yang menyakiti kamu.” – Hercules

Ada sebagian orang yang memang tidak bisa untuk sendiri, mereka akan merasa bahagia jika ada pasangan di sampingnya. Tapi di sisi lain, ada juga orang-orang yang merasa lebih baik menyandang status single karena kebebasannya tidak akan terenggut oleh sesuatu yang bernamakan ‘pacaran’Jomblo bukanlah sebuah masalah besar bagi mereka yang memang baik-baik saja tanpa adanya tambatan hati.

4. Kadang aku tuh kangen sama (coba tulis nama mantan terindahmu di sini). Kenangan sama mantan suka bikin kamu susah move on lho!

move on bukanlah perkara mudah via unsplash.com

Kenangan bersama sang mantan yang sulit untuk dilupakan bisa menjadi salah satu faktor penghambat bagi kamu untuk menerima manusia baru. Setiap ada yang datang menghampiri, kamu akan langsung menutup diri dan enggan membuka hati. Memang bukan perkara mudah untuk melepaskan diri dari bayang masa lalu. Kamu pun seakan dituntut untuk melupakan sesuatu yang setidaknya dulu pernah membuat bahagia. Kamu merasa belum ada yang pas untuk mengganti posisinya hingga pada akhirnya sampai kepada kesimpulan, ‘aku belum bisa move on’.

5. “It’s Okay, aku nggak butuh pacar!” Idealis yang tinggi bisa bikin kamu percaya diri dan semakin mandiri

aku mandiri! via unsplash.com

Kalau kamu sudah terbiasa melakukan apapun seorang diri, secara nggak langsung kamu sudah tidak lagi bergantung pada orang lain. Kamu bisa menemukan bahagiamu sendiri tanpa mencarinya dari orang lain. Kamu pun akan merasa kalau dirimu baik-baik saja dengan atau tidak adanya pasangan di kehidupan kamu. Memiliki pemikiran idealis seperti ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri. Tapi ingat, seberapa mandirinya seseorang tetap akan butuh teman hidup.

Bukan tanpa alasan Tuhan menciptakan manusia secara berpasangan, memang sudah semestinya kita semua hidup saling bergandengan. Jadi, untuk memilih menyandang status single sah-sah saja selama kamu bahagia. Tapi jangan juga melupakan ketentuan semesta yang memang sudah memasangkan kita dengan si dia, seseorang yang akan menjadi teman hidup nantinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya