Mengandung dan memiliki anak kerap jadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan berkeluarga. Anak sering dianggap sebagai pelengkap cinta. Karenanya kehadiran mereka banyak ditunggu oleh para pasangan muda.

Bayi kecil ibarat oase, dia menjadi penyegar setiap disela-sela kamu dan pasanganmu. Meskipun merawat bayi tidak semudah membayangkan sebabuah cerita, namun hal ini bukan menjadi alasan untuk menyerah membesarkan mereka. Ada hal-hal unik dari bayi yang akan selalu membuatmu jatuh cinta padanya dengan cara yang unik . Nah, mau tau lebih banyak tentang gimana rasanya malaikat kecil ini membuatmu merasa bahagia setiap saat? Berikut ini Hipwee berikan ulasan hal-hal kecil dari bayi yang selalu membuat ibu muda jatuh cinta setiap hari.

 

1. Kali pertama mendengar jerit tangisannya, rasanya kamu tahu bahwa kini dunia sudah berubah porosnya. Sekencang apapun jeritannya, tetap terasa merdu di telinga

Bayi nangis via www.huffingtonpost.ca

Setiap orang punya selera suara dari musik yang berbeda-beda. Namun, ketika kamu menjadi ibu melahirkan, maka seindah apapun nada lagu sudah tak lagi berlaku. Bagimu, tangis bayi yang baru keluar dari perutmu adalah nada yang paling merdu. Tangisan bayi yang selama ini kamu hindari seolah menjadi pelipur bagimu ketika kamu mulai khawatir dengan kondiri bayimu. Karena kamu tahu, bahwa tangis bayi yang baru lahirr adalah pertanda bahwa dia memang baik-baik saja.

Advertisement

Rasa sakit yang kamu rasakan tak lagi kamu risaukan, yang terpenting bagimu hanya dia yang bisa menjerit keras. Darah yang bercucuran dari tubuhmu sudah tak lagi kamu rasakan, yang terpenting dia bisa nafas dan menangis kencang. Seolah itu pertanda bahwa dia sedang berpesta merayakan kehadirannya didunia. Meskipun terkadang membuatmu tidak tega, tapi kamu tetap tenang, karena kamu baru dihadapakan oleh surga bagi para ibu muda.

“A baby’s cry is precisely as serious as it sounds.” ― Jean Liedloff

2. Masa-masa paling ditunggu adalah saat kamu bisa menyentuh kulitnya yang lembut. Mulai saat itu, kamu tak mau lagi ada sendu di wajahnya yang merona.

Dia yang selalu ingin kau dekap via imgkid.com

Bayi adalah obat jiwa memang bukan ungkapan yang salah. Gak jarang, kamu mungkin akan secara tidak sadar melupakan kondisimu sendiri sesaat ketika pasca melahirkan. Badanmu yang lemah tidak lagi kamu rasakan, karena yang kamu tunggu hanya saat dia bisa menjamah kulitmu yang masih pucat.

Masa paling mendebarkan adalah saat dokter memberikan ijin untuk dia tertidur pulas tepat disamping wajahmu, saat itulah kamu serasa melihat dengan mata bagaimana wujud buah hatimu. Matanya masih tertutup, mulutnya menganga dan kepalanya yang bergerak-gerak mencari sandaran seperti isyarat untuk segera didekap. Mulai saat itu, kalian bisa saling mesra. Tubuh yang masih lembek membuatmu selalu ingin membelai, kulitnya yang lembut membuatmu selalu ingin menyentuh. Karena bagaimanapun, buah hati yang selama 9 bulan kamu nantikan, tidak akan pernah akan kamu lepaskan..

Babies are such a nice way to start people.” ― Don Herold

3. Sakitnya saat memberi ASI tidak lagi kamu rasakan. Kepuasaanmu adalah saat bisa membuatnya kenyang hingga jatuh tertidur dengan nyaman

TIdur pulas karena ASI via blog.weespring.com

Kodrat sebagai wanita memang istimewa. Selain sebagai seorang istri yang mengabdi pada suami, kamu juga dituntut memberi ASI pada bayi. Bagi para ibu muda, pemberian ASI secara langsung adalah tantangan tersendiri. Karena kerapkali kamu akan merasakan gigitan yang membuatmu hanya bisa meringis kesakitan. Dan gak jarang, semua itu akan terasa lebih dramatis ketika ternyata air ASI mu tidak bisa keluar dengan lancar. Rasanya kamu akan frustasi.

Namun dibalik itu semua, wajahnya yang sedang lapar tidak akan membuatmu tidak tinggal diam tanpa aksi nyata. Memijat, pergi kedokter, atau minum suplemen tak alpa kamu lakukan demi dia yang kehausan setiap saat. Karena bagaimanapun kamu tahu, semua itu akan terbayar impas dengan dia yang tertidur pulas karena kekenyangan.

Children are our future we must take care of them with maximum effort. ” ― Naomi Campbell

4. Saat kamu dan dia saling menatap mata di tengah waktu minum susu, kamu tahu bahwa ada mata malaikat kecil yang sedang kamu lihat.

Breastfeeding itu interaksi paling erat via urbanmoms.ca

Setiap bayi punya cara sendiri untuk berekpresi, salah satunya adalah tatapan mata. Gak jarang kamu akan mendapati dia yang tiba-tiba melihatmu secara seksama tepat saat sedang memberinya susu segar. Padahal, dia yang masih tak bisa bilang “mama”  seperti menawarkan percakapan. Senyumnya yang tiba-tiba pecah terkadang membuatmu salah tingkah.

Sampai-sampai kamu kadang bingung, apakah dia sedang menertawakanmu, menertawakan dirinya sendiri, senang karena kenyang atau hanya sekedar ingin mengajakmu bercanda. Ah, semua itu bagimu tak lagi jadi perkara, melihatnya membuka mata dan tertawa riang dengan lidahnya yang menjulur perlahan adalah bahasa yang kamu sebut cinta. Cinta yang sama seperti  saat dia masih dikandungan.

Lagi ngeASI terus pandang-pandangan sama anak tuh priceless banget ya. Kaya waktu hamil kerasa ada yang nendang dalem perut lebih dari itu ― Annisa N Nugraha

5. Gempal pipinya yang merona cerah terkadang membuatmu tak tahan untuk segera menciumnya.

Pipi merona milik bayi // Kredit foto @myArtasya via twitter.com

Sudah bukan jadi rahasia jika hal yang paling menggemaskan dari seorang bayi adalah pipinya yang menawan seolah bintang iklan. Pipinya yang merona membuatmu tidak bosan untuk memandangnya. Pipi gembul yang padat membuatmu tak sabar ingin menciumnya.Pipinya yang putih bersih seolah membuatmu merasa jatuh cinta setiap kali mengecupnya. Sampai-sampai kamu heran itu bayi atau boneka susan?

Karena bagimanapun, kamu tidak akan pernah melewatkan momen berharga untuk memberinya beribu kecupan selagi dia masih kecil. Dengan begitu, saat dewasa dia merasa dicintai.

Mencium pipi bayi adalah wujud cinta paling sederhana dari mencintai seorang bayi

6. Meskipun dia selalu menyita malammu untuk terus terjaga, melihatnya tidur tanpa gelisah adalah bayaran yang tidak akan membuatmu menyerah.

Terjaga hanya untuk menunggu dia tertidur pulas via capturedbycarrie.com

Sepertinya begadang adalah ritual yang tidak pernah terpisahkan dari hidup manusia. Karena ketika kamu sudah menikah alasan untuk begadang hanya soal naskah skripsi yang belum kelar, tapi masalah bayi yang harus tidur lelap. Mempunyai seorang bayi terkadang membuatmu harus mengorbankan banyak waktu. Gak jarang kamu harus terjaga hingga jam 3 pagi hanya untuk memastikan dia tidak kepanasan. Gak jarang kamu harus siap dalam kondisi prima ketika dia butuh air susu karena kehausan. Dan gak jarang kamu menjadi cekatan untuk memastikan tak ada nyamuk.

Punya bayi memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pasangan. Namun, hal ini bukan menjadi alasan untuk melepasnya tanpa penjagaan. Kamu dan pasanganmu merasa kecanduan untuk saling bertukar jaga setiap malam.

Kebahagiaan seorang ibu kadang hanya sesederhana melihat anaknya tertidur pulas tanpa gangguan.

7. Badannya yang kecil bukan berarti tidak membuat pegal ketika menimang. Kulitnya yang lembut dan matanya yang sipit seringkali membuatmu tersihir sampai lupa berapa lama dia ada dalam lengan.

Dalam timangan via zoedphotography.com

Saat kamu mempunyai bayi, bukan hanya waktu kamu tersita, tapi juga tenaga. Gak jarang, kamu harus menganyunkan dalam lengan ketika dia mulai gelisah dan ingin segera terlelap dengan nyaman. Padahal untuk menidurkan bayi juga tidak sebentar. Kamu perlu beberapa menit untuk membuatnya terpejam. Hingga, gak sedikit orang merasa lelah dan pegal selepas menimang.

Namun, hal ini tidak menjadi alasan untuk kamu malas bersentuhan dengan bayimu sendiri. Karena bagaimanapun, melihat matanya yang sipit bisa menjadi obat bius untuk membuatmu tetap tegar. Kulitnya yang lembut kadang juga membuatmu merasa enteng untuk mengayun peralahan. Menimang badannya yang kecil adalah cara ajaib untuk membuat hatimu merasa hangat.

Berinteraksi dengan bayi bisa membuat jiwa kemanusiaanmu terisi.

8. Pantatnya yang montok bukan menjadi alasan untuk membiarkanya dalam keadaaan kotor. Rasa jijik sudah tidak ada lagi.

Mandiin bayi… via www.persilandcomfort.co.uk

Mempunyai bayi memang menjadi tantangan tersendiri. Bayi kecil yang tidak bisa melakukan apa-apa sendiri membuatmu harus membantu untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya adalah membersihkan kotoran. Bukan hal yang aneh, jika sewaktu-waktu kamu turut serta untuk mencuci badan, pakaian, hingga kotorannya.

Meski terlihat menjijikan, tapi ini bukan menjadikanmu alasan untuk menyerah berhenti mengurusinya. Pantat montok bayi menjadi daya tarik tersendiri untuk tidak menghindari. Tawanya saat sedang bermain air seperti penghibur untuk tidak menutup hidung. Dan, lama-lama kamu kamu akan merasa bahwa tidak ada yang menjijikan dari seorang bayi. Menjadi ibu muda terkadang membuatmu selalu ingat, bahwa jijik tidak akan pernah menyatukan cinta antara kamu dan dia.

Senengnya pas ganti pampers itu pas ngeliat ekspresinya yang ngegemesin ― Icha, 29 tahun.

9. Adanya bayi adalah buah cinta, maka kamu dan pasanganmu bisa menjadi lebih bahagia.

bayi adalah energi tersendiri via twitter.com

Anak adalah bukti cinta dari kamu dan pasanganmu. Gak jarang, dengan adanya bayi ditengah-tengah kalian, kamu dan pasanganmu bisa menjadi lebih bertanggung jawab tentang hubungan kalian. Kamu akan mengurungkan niat untuk pindah rumah jika ada bayi yang harus kamu beri kasih sayang bersama. Kamu akan berfikir ulang untuk mengucap kata talak, karena ada bayi yang harus kamu rawat berdua.

Mempunyai bayi memang menjadi sihir tersendiri untuk kamu dan pasanganmu agar tetap harmonis. Selain itu, dengan adanya bayi juga bisa membuka matamu bahwa asmara bukan hanya cinta, tapi juga ada manusia baru yang kamu hasilnya.

Anak adalah buah cinta yang harus dijaga dengan rasa cinta dari kedua orangtuanya.

10. Seperti anak gadis yang dibelikan boneka, setiap ibu selalu punya caranya sendiri untuk jatuh cinta pada anaknya.

Setiap ibu suka pada anaknya masing-masing via www.pinterest.com

Takdir adanya bayi di kehidupanmu adalah hal yang tidak bisa kamu pilih. Kamu tidak bisa memilih bayi yang ada didalam kandunganmu menjadi perempuan atau laki-laki, bermata hitam atau coklat, berkulit putih atau sawo matang. Setiap perempuan punya ciri khas bayinya masing-masing. Maka, kamupun juga punya cara sendiri untuk mencintai anakmu.

Seperti layaknya anak gadis yang dibelikan mainan. Setiap ibu punya hasrat yang berbeda dalam mengagumi anaknya. Mungkin kamu selalu bangga dengan tawanya yang renyah saat tengah malam, mungkin kamu paling bahagia melihat wajah polosnya sedang buang air besar. Setiap ibu muda, pasti punya cara yang berbeda untuk terkesan dengan kelahiran anaknya yang pertama.

Menjadi ibu memang tidak mudah, tapi kamu akan mendapatkan balasan yang setimpal ketikan kamu punya anak. Bukan hanya membersihkan popok atau menidurkan dalam pangkuan, tapi tentang kesejukan yang akan kamu rasakan ketika berada disampingnya.

Karena keping-keping bahagia yang bentuknya sederhana dari seorang bayi kecil bisa membuatmu menjadi lebih mudah untuk bahagia. Maka, menjadi ibu muda adalah keberuntungan sebagai seorang perempuan.