Terkadang kita harus pergi jauh dari rumah demi menempa diri menjadi lebih mandiri. Merantau demi menimba ilmu pun menapaki karir di ibukota sering menjadi pilihan supaya hidup lebih memiliki tujuannya. Karena pergi meninggalkan rumah dan segala kenyamanannya merupakan cara yang sering dipilih untuk menantang diri sendiri supaya makin berani menghadapi dunia.

Namun, terkadang ketika berjarak dari rumah kamu baru menyadari bahwa kehangatan yang ditawarkan benar-benar nyata. Ya, rumah dan keluarga merupakan harta berharga yang ada di dunia sejauh apapun kamu berjarak dengannya.

Masakan ibu yang sederhana dan tersedia di atas meja selalu sukses membuatmu ingin mengepak tas untuk segera pulang.

masakan ibu selalu membuatmu ingin pulang via www.bisnisagege.com

Lidah tidak bisa bohong. Seenak apapun makanan yang kamu cecap tak bisa mengalahkan sedapnya masakan ibu di rumah. Makanan ala restoran yang kamu santap sepulang kerja maupun kudapan yang kamu beli saat jeda kuliah tak bisa menghilangkan rasa rindu pada masakan ibu. Masakan yang diramu dengan kasih sayang dan ketulusan itu selalu membuatmu ingin menjejakkan kaki ke rumah.

Ibu memang sesekali mengeluh, namun beliau tidak pernah marah ketika menyadari masakan olahannya tak habis disantap. Beliau akan selalu bersedia untuk memanaskan kembali lauk dan sayur yang sudah dihidangkan supaya bisa dimakan kembali esok hari. Itulah yang membuatmu selalu merindu masakan ibu. Olahan tangan ibu yang dibalut dengan kasih sayang itulah yang membuatmu ingin segera menapaki kampung halaman. Demi kembali makan tempe goreng maupun tumis kangkung sembari merasakan kehangatan tatapan maupun komentar sarat perhatian dari ibu.

Katakan selamat tinggal pada rasa sepi yang selalu memenuhi dada. Di rumah, selalu ada anggota keluarga yang bisa diajak bercengkerama dan berbagi cerita.

Advertisement

selalu ada anggota keluarga yang diajak bercengkerama via igcdn-photos-d-a.akamaihd.net

Tak cuma masakan ibu yang bisa membuatmu kangen, suasana rumah yang penuh keramaian juga selalu membuatmu ingin kembali menapakinya. Di kos kamu akan lebih sering digilas rasa sepi karena hanya sendirian. Bermain gitar sambil bercengkerama bersama teman merupakan penghiburan yang biasa kamu lakukan. Namun, ketika kamu hanya seorang diri, pilihanmu hanya jatuh kepada acara televisi, film serial di laptop, dan tumpukan novel bacaan demi membunuh sepi.

Lain halnya ketika kamu ada di rumah, anggota keluarga lainnya selalu ada untuk membuat suasananya tetap hangat dan meriah. Selalu ada suara wejangan dari ayah dan omelan dari ibu yang memenuhi udara, belum lagi keisengan dari tingkah saudara yang membuat ramainya suasana. Kolaborasi kehadiran serta suara mereka membuat rumah selalu dalam keadaan hidup dan ceria. Kamu tak akan pernah kesepian karena bisa bercengkerama maupun nonton tv bersama mereka demi mengisi waktu luang yang ada.

Selain tak pernah kesepian, bantuan juga selalu datang di saat kamu membutuhkan. Di sinilah kamu makin merasa hidup sebenar-benarnya sebagai manusia.

bantuan pun selalu ada di saat kamu membutuhkan via igcdn-photos-d-a.akamaihd.net

Dikelilingi kehangatan keluarga, tak hanya perhatian yang akan kamu dapatkan, tangan-tangan yang akan meringankan bebanmu pun selalu ada. Kamu bisa berbagi cerita dengan ibu, mendengarkan nasihat yang ayah tuturkan, pun meminta penghiburan dari saudara saat kamu membutuhkan. Dekap hangat juga selalu tersedia di saat kamu sedang limbung dan perlu penguatan. Tak hanya dukungan dalam bentuk emosi yang bisa kamu terima, solusi yang bisa mengurai permasalahanmu juga bisa terpenuhkan.

Kejengkelan kecil ketika bertengkar dengan saudara akan bermetamorfosis menjadi senyawa yang paling membuatmu rindu ketika jauh dari rumah.

kejengkelan akan berganti dengan rindu yang memenuhi dada via igcdn-photos-a-a.akamaihd.net

Tak hanya bantuan dan kehangatan dari orang rumah yang membuat rasa rindumu makin penuh dan ingin segera pulang. Jauh di dalam lubuk hati, kamu juga menyimpan rindu pada gangguan-gangguan yang diberikan oleh saudaramu. Bagaimana kebiasaan adik yang gemar memakai barang kepunyaanmu, atau bagaimana kakak tak pernah meminta ijin ketika masuk ke kamarmu. Pun ketika kamu dan saudara-saudaramu bertengkar hanya karena berebut saluran televisi maupun kudapan.

Bila diingat kembali, pertengkaran kecil dengan mereka akan membuatmu memiliki lubang di hati ketika jauh dari rumah. Diam-diam kamu rindu pada gangguan kecil yang sering mereka sodorkan. Acara televisi menjadi lebih menarik ketika ada kehadiran mereka yang selalu iseng melempar komentar. Pun kamu jadi merasa rumah lebih bernyawa ketika ada kehadiran mereka untuk diajak bercanda.

Selain kehangatan keluarga, binatang peliharaan yang suka berbagi sayang juga ingin membuatmu segera pulang.

binatang peliharaan juga membuatmu ingin segera pulang via igcdn-photos-e-a.akamaihd.net

Binatang peliharaanmu juga menjadi salah satu senyawa yang membuatmu sangat rindu rumah dan ingin segera kembali. Anjingmu yang selalu ceria menyambut saat kamu memasuki gerbang, mengemis makanan dengan muka polosnya dan selalu dengan girang mengikutimu kemana-mana. Belum lagi keberadaan kucingmu yang meringkuk manja di atas perutmu. Karena ada hewan peliharaan yang dengan tulus membagi rasa sayangnya padamu, kehadiran mereka makin melnggenapkan kehangatan rumah yang kamu rindukan.

Walaupun kadang komentar ayah atau ibu terdengar mengganggu, saat jauh kamu baru menyadari bahwa mereka adalah gangguan terindah yang pernah kamu terima

komentar ayah ibu juga membuatmu rindu via tdjamaluddin.wordpress.com

Saat berada di rumah, kamu memang kadang jengah dengan wejangan maupun omelan yang datang dari ibu maupun ayah. Kamu merasa jemu ketika ibu memintamu membantu pekerjaan rumah. Kamu pun merasa malas luar biasa jika harus mengantarkan ayah atau sekedar menjerang air demi menyeduh kopi untuk beliau. Pun kamu merasa terganggu dan ingin menyumbat telinga ketika ayah dan ibu mulai menasehati.

Namun, ketika berjarak dari rumah, kamu baru menyadari bahwa kebiasaan kecil yang biasa ayah dan ibu lakukan sangat bermakna. Saat tengah sendirian di tanah rantau kamu merasa bahwa kehadiran merekalah yang membuatmu merasa benar-benar bernyawa. Gangguan yang mereka ciptakan adalah gangguan terindah yang pernah kamu terima selama kamu hidup di dunia. Komentar dan nasihat yang tak pernah alpa mereka dengungkan semata-mata hanya karena mereka sungguh peduli kepadamu.

Jika sekarang kamu sedang berada di rumah, syukuri dan nikmati segalanya, selagi kamu masih diberi waktu untuk berkumpul dengan orang-orang terkasih.