Manusia hidup di dunia memang tak bisa terbebas dari ragam permasalahan. Mulai dari masalah sepele hingga persoalan besar selalu kita kecap. Namun sebenarnya ragam persoalan yang datang ini bisa menempa kita menjadi pribadi yang makin kuat dan sabar. Toh hidup akan membosankan jika terus menerus diisi dengan hari-hari bahagia tanpa permasalahan.

Jika sekarang kamu merasa tak sanggup lagi menopang persoalan hidup, jangan tumbang. Dengungkan 7 hal ini di telinga dan yakinkan diri bahwa persoalanmu hanya singgah sementara, bukan menetap selamanya.

1. Di tengah semua masalah yang kamu hadapi, paling tidak kamu masih punya kesempatan berjuang sampai saat ini.

kamu masih diberi waktu untuk berjuang via asdfghjkllonely.tumblr.com

Memang saat ini kamu sedang dibelit dengan berbagai rupa persoalan, namun seharusnya hal itu tidak membuatmu selalu menyalahkan keadaan. Kamu harus mulai berhenti bersungut-sungut dan merasa patah arang. Ingat bahwa hingga detik ini ada, kamu masih bisa menghela udara dan menikmati dunia. Ini artinya kamu masih diberi kesempatan untuk berjuang dan pasti masalah yang kamu hadapi ini memiliki jalan keluarnya.

Pun yakini saja bahwa saat ini Sang Pencipta hanya sedang mencobai serta menguji seberapa tangguh mental serta semangatmu. Jangan menyerah kalah hanya karena merasa lelah. Amini saja bahwa Yang Maha Segalanya memberikan persoalan sepaket dengan penyelesaiannya.

2. Jalan keluar sebenarnya bersisian dengan usaha. Toh Tuhan tak akan menitipkan masalah tanpa menyiapkan jalan keluarnya

Advertisement

ingat bahwa kamu selalu punya pilhan via imgarcade.com

Resapi kembali permasalahanmu dalam-dalam. Putar kembali segala ingatanmu bahwa kamu memiliki banyak pilihan yang bisa dijadikan jalan keluar. Tuhan menciptakan manusia dengan ragam kemampuan dan tak lupa membekalinya dengan akal dan budi. Gunakan segala pemberiannya dengan maksimal dan yakinilah bahwa banyak hal di sekitaranmu yang bisa dijadikan jalan keluar.

Untuk sedikit membantu, kamu bisa menuliskan segala opsi yang kamu miliki. Kemudian buatlah perkiraan dari segala opsi yang kamu tuliskan berikut resikonya. Berpikirlah secara kreatif dan mendalam. Terakhir, kamu bisa mulai menimbang dan memilah opsi mana yang paling tepat yang bisa segera kamu eksekusi untuk menyelesaikan persoalanmu.

3. Berdiam diri dan menghindar justru bisa jadi sumber masalah baru. Jadilah pejuang lalu mulai gerakkan kakimu

jangan hanya berpangku tangan via pixshark.com

Berpangku tangan dan sibuk meratap tidak akan membuat belit permasalahanmu terurai dengan sendirinya. Kamu harus bertindak sekarang juga. Dinginkan kepala dan lakukan hal yang bisa kamu lakukan detik ini. Jika memang di dalam permasalah ini kamu harus minta maaf kepada seseorang, lakukanlah. Setidaknya apa yang kamu lakukan hari ini bisa sedikit mengurangi kencangnya belitan persoalan yang sedang kamu hadapi. Dan, yakinlah di kemudian hari, permasalahanmu ini pasti akan terurai dengan sepenuhnya.

4. Hilangkan rasa kurang percaya diri karena merasa tak mampu. Sejatinya semua manusia memiliki kelebihan, termasuk kamu.

semua manusia memiliki kelebihan, termasuk kamu via favim.com

Sering merasa tak bisa dan tak mampu memang penyakit usang. Tanpa disadari, hal ini akan mengkerdilkan diri sendiri. Kamu enggan mencoba karena takut gagal dan merasa tak mampu. Hasilnya permasalahan yang kamu hadapi pun tak kunjung mendapatkan jalan keluar karena kamu terlalu sibuk merasa tak percaya diri.

Sejatinya, semua manusia termasuk kamu memiliki kelebihan di bidangnya masing-masing. Rasakan dan dalami apa kelebihanmu yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang kamu hadapi. Setelah menemukan dan berfokus kepada kemampuan diri, kamu akan lebih merasa positif sehingga bisa segera menuntaskan problema kehidupan yang sekarang ini sedang kamu temui.

 

 

5. Kenali emosi sendiri, jangan mengambil keputusan di saat hati tidak sedang dalam kondisi yang mumpuni.

jangan mengambil keputusan saat sedang tak enak hati via imgarcade.com

Selain menelaah kemampuan diri sendiri, kamu juga harus bisa mengolah emosi dengan lebih matang. Jangan lengah hingga termakan emosi. Kamu juga harus tahu bahwa kamulah pengendali dirimu sendiri dan jangan membiarkan emosimu yang mengambil alih.

Mengelola emosi dengan baik sangat disarankan sehingga kamu tidak akan mudah terjebak dengan tensi emosi yang masih sering naik dan turun. Hal ini juga akan memberikanmu pelajaran kapan tepatnya sebuah keputusan bisa diambil. Kamu pun jadi akan lebih berhati-hati dan tak cepat mengambil keputusan di saat sedang naik pitam.

6. Sebelum memikirkan suatu persoalan terlalu dalam, tanyakan pada dirimu sendiri, apakah masalah ini akan mempengaruhi hidupmu ke depan?

tanyakan pada diri sendiri, seberapa penting masalah ini untuk hidupmu ke depan via imgarcade.com

Setiap orang memiliki porsi masalahnya yang datang di hidup mereka, entah itu masalah sepele maupun masalah besar. Sebelum terlalu tenggelam pada masalah yang membelitmu, kamu bisa menanyakan kepada diri sendiri, sebenarnya seberapa penting persoalan yang sedang kamu hadapi saat ini. Apakah hal ini akan mempengaruhi kehidupanmu di masa depan? Atau apakah masalah ini memiliki resiko yang cukup penting dan bisa menggoyahkan hidupmu saat ini?

Jika pertanyaan dari jawaban di atas adalah tidak, maka kamu bisa sedikit bernapas lega dan tidak melulu memikirkan persoalan itu tiap waktu. Ambil waktu rehat sejenak dan memikirkan jalan keluar dari permasalahan tersebut sambil lalu. Hal ini bisa menurunkan tekanan kepada diri sendiri sehingga tanpa sengaja kamu justru bisa menemukan jalan keluar dari masalahmu dengan sendirinya.

7. Saat masalah ini beranjak pergi, kamu tak akan jadi orang yang sama lagi. Ada kebaikan dari perjuangan yang harus kamu lakoni

selalu ada hal baik yang bisa dijadikan pelajaran via imgarcade.com

Seberat apapun permasalah yang menempamu saat ini, yakinkanlah diri bahwa tidak ada sesuatu yang sia-sia di dunia ini. Semua ada porsi berikut maknanya tersendiri. Persoalan hidup yang sedang datang bertandang saat ini justru bisa menempamu menjadi pribadi yang lebih matang. Pun tanpa kamu sadari kamu jadi lebih mahir mengelola emosi serta lebih sabar dalam menghadapi segala sesuatunya.

Apapun permasalahan yang saat ini sedang kamu kecap, percayalah pasti ada jalan. Semuanya akan terselesaikan pada waktunya.