Sepanjang hidup, sudah tak terhitung lagi waktu yang kamu lalui bersama teman atau sahabat. Dari pertemuan pertama kalian hingga sampai pada perpisahan. Berawal dari orang asing, kemudian berkenalan. Menjalani hari-hari bersama sebagai sahabat yang tak terpisahkan. Setiap gelak tawa dan tangis sendu pun kalian lewati bersama.

Sayangnya, kini kalian sudah jarang berkumpul. Bahkan saking susahnya kadang janji tinggal janji, ketemuan pun batal. Bagimu, ketidakhadiran mereka menimbulkan rasa kehilangan tersendiri. Seberapapun kamu berusaha menolak, nyatanya semua tetap tak bisa dihindari. Percayalah ada yang mesti kamu pikirkan di balik semua ini.

Mereka juga punya kehidupan sendiri, begitu pun kamu. Jangan jadi ketergantungan mending cari kenalan baru

teman memang paling mengerti, tapi kenalan baru tetap mesti dicari via ciricara.com

Tak dapat dipungkiri, sesuatu yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Mulai dari dulu selalu ketemu tiap hari, sekarang hanya bertemu setahun sekali. Kalian juga pisah kota untuk masuk ke kampus impian sendiri. Memperjelas bahwa sekarang kalian telah memiliki kehidupan masing-masing. Bermacam kesibukan menumpuk memenuhi hari kalian. Hal ini sangat wajar dalam kehidupan. Karena setiap hidup memiliki fasenya sendiri. Nah, di sinilah kesempatanmu untuk mencari kenalan baru.

Kamu punya kesempatan untuk memperluas pertemananmu lagi. Siapa tahu kamu bisa menemukan tambatan hati

tambatan hati di pelukan via www.popsugar.com

Advertisement

Dulu dengan adanya sahabat, tak jarang kamu pun memiliki ruang gerak yang terbatas. Waktumu untuk mencari tambatan hati pun akan terganti dengan waktu kumpul wajibmu. Teman yang sudah mencar-mencar sendiri membuat dirimu memiliki banyak waktu luang. Nah, di sinilah kesempatanmu untuk memperluas pertemanan. Siapa tahu kamu juga bisa sekalian fokus mencari tambatan hati.

Jangan terfokus pada rasa kehilangan, manfaatkan waktumu untuk mulai menata masa depan

masa depan ada di tanganmu sendiri via inspirationfeed.com

Rasa kehilangan pasti kamu rasakan dan tak dapat dihindarkan. Perpisahan dengan teman ini mengajarkanmu untuk lebih menghargai adanya sebuah pertemuan dan kehilangan. Tidakkah kamu berpikiran bahwa di manapun mereka berada, mereka sedang mengembangkan diri? Ini saatnya kamu menata masa depanmu juga. Ayo kejar mimpi-mimpimu yang dulu sempat tertunda!

Nggak masalah walau harus kemana-mana sendiri. Ini waktunya kamu belajar lebih mandiri tanpa adanya intervensi

create your own kingdom 🙂 via www.fashionlady.in

Rasa ketergantungan terhadap sahabat tetap tak bisa dipungkiri. Dia yang selalu ada di setiap langkah kaki, menghadirkan karakter tersendiri. Makan bareng, tidur bareng, ke kamar mandi pun bareng #eh? Dan kini kalian telah berjalan sendiri-sendiri. Satu yang mesti kamu tanamkan di pikiran adalah bahwa ini saatnya kamu untuk belajar mandiri. Memulai hidup tanpa intervensi teman lagi. Sehingga kamu bebas menentukan semuanya sendiri.

Kegilaan kalian memang tak lagi hadir, tapi percayalah suatu saat kalian akan dipertemukan oleh sang takdir

suatu saat pasti bertemu via www.familyholiday.net

Seperti kata pepatah, tidak ada yang abadi di dunia. Begitupun perpisahan yang menawarkan pertemuan berikutnya. Masa-masa kegilaan kalian yang dulu terbayang kini tak lagi dirasakan. Tapi percayalah suatu saat kalian akan dipertemukan lagi oleh sang takdir. Bersabarlah sampai pada waktunya nanti kalian akan bertemu kembali. Karena sahabat tak akan pernah berganti.

Ketemu mereka lagi bakal jadi kesempatan berharga. Lebih seru karena kalian punya banyak cerita

ngobrol asik gitu via www.shutterstock.com

Setelah lama tidak bertemu, kalian pasti telah mengukir kisah masing-masing. Ada yang merantau untuk bekerja atau kuliah, ada yang mungkin sudah menikah. Bagaimanapun keadaannya nanti, ada satu hal yang pasti. Yakni hingga tiba saatnya nanti kalian kembali bertemu, semuanya akan diwarnai dengan cerita segudang.

Setiap hal di dunia ini memiliki masanya sendiri. Jangan berlarut dalam kesedihan karena teman-teman yang berlalu perlahan. Karena perpisahan dengan teman ini, banyak hal yang bisa kamu lakukan juga kan?