Melihat kehidupan orang lain yang sering dipamerkan di media sosial, terkadang membuat kita jadi iri. Kehidupan mereka seolah sempurna dengan ditunjukkannya bisa pergi keliling dunia, makan enak setiap harinya, dan juga berpesta hampir setiap malam. Kemudian tanpa sadar kita jadi membandingkan dengan kehidupan kita sendiri yang masih tertatih untuk bisa berdiri sendiri. Rasanya begitu timpang, tak adil.

Dalam hati, kamu juga kerap mempertanyakan kebijakan Tuhan. Kenapa mereka diberikan kehidupan yang begitu nyaman sementara kamu perlu banting tulang untuk demi sebuah pekerjaan. Namun, kehidupan tak selalu seperti apa yang kamu bayangkan. Sebelum beranggapan bahwa kehidupan orang lain selalu yang lebih baik, hal-hal ini harus kamu pahami dengan baik dulu.

1. Kehidupan mereka memang mungkin terlihat mudah. Namun ada hal yang tak semenyenangkan yang kamu kira

Banyak hal yang tak selalu menyenangkan via www.chobirdokan.com

Melihat mereka yang memiliki segalanya, seakan kehidupan selalu mudah mereka jalani. Tak seperti kamu, yang setiap harinya berjuang bangun pagi, agar tak ketinggalan bis yang biasa kamu tumpangi. Atau mereka yang sering mengunggah foto berlibur ke berbagai kota dan negara, sementara kamu bisa bertahan hingga akhir bulan saja sudah merasa bersyukur sekali. Sekalipun tak pernah berharap uang lebih untuk bepergian.

Ah, sayangnya hidup tak selalu seperti yang kamu kira. Begitu juga dengan kehidupan mereka, yang bisa saja tak sebahagia yang kamu kira. Mereka yang kamu anggap hebat dengan pekerjaan menterengnya, bisa jadi adalah orang yang hampir tak punya waktu luang. Tentunya ada perjuangan berat yang harus mereka jalani sebelum memiliki kehidupan mereka yang sekarang. Dan mungkin kamu belum sampai pada tahap itu. Sekarang waktunya kamu berjuang dulu.

2. Sekalipun kini mereka ada di atas, perjuangan yang mereka hadapi juga berliku

Advertisement

Perjuangan berliku via dylandsara.com

Dalam setiap keberhasilan, jelas ada proses di belakangnya yang tak pernah mudah. Kalau kamu menganggap kehidupan yang sempurna tersebut didapat dengan cuma-cuma, maka kamu salah besar. Perjuangan berliku jelas mereka pernah lewati. Bedanya mereka berhasil melewati itu semua dengan sukses. Itulah mengapa sekarang mereka menikmati hasil jerih payah yang dulu mereka perjuangkan mati-matian.

Kalau kamu belum berjuang seberdarah-darah itu, jangan coba untuk membandingkan kehidupanmu sekarang dengan milik orang lain. Karena bagaimanapun hal tersebut tak akan bisa sebanding. Sebab mereka sudah melewati berbagai cobaan, sementara kamu baru memulai tapi sudah banyak mengeluh. Jika begini terus, jangan harap bisa mendapatkan kehidupan yang kamu inginkan.

3. Kadang kamu sendiri malah tak menyadari, banyak orang bermimpi memiliki kehidupanmu saat ini

Ada orang lain yang juga memimpikan kehidupanmu via dylandsara.com

Menilik kehidupan orang yang sudah mapan dan serba berkecukupan memang menyenangkan. Rasanya mereka tak memiliki beban untuk ditanggung. Berbanding terbalik dengan kehidupanmu, dimana beban seakan tak ada habisnya. Kehidupan seperti tak adil untukmu.

Berhentilah mengeluh dengan apa yang sudah kamu dapatkan. Tak pernahkah kamu memandang ke bawah, pada orang-orang yang untuk makan kenyang sehari tiga kali saja susah atau pada mereka yang sampai detik ini menganggur tanpa pekerjaan. Kehidupan seperti kamu yang jadi impian mereka, dan kamu malah merutukinya.

Itulah mengapa tak baik bila terlalu sering menengok ke atas, kamu akan lupa bersyukur dengan segala pencapaianmu saat ini. Hanya tak kamu sadari, kehidupanmu jauh lebih beruntung daripada banyak orang lainnya.

4. Iri dengan mereka tak akan membuat kehidupanmu berkembang, justru banyak waktumu terbuang

Jangan sampai waktumu terbuang via dylandsara.com

Ketimbang sibuk membandingkan hidupmu dengan orang lain yang menurutmu lebih sempurna, bukankah lebih baik kamu berjuang untuk kehidupanmu sendiri? Agar setidaknya kamu punya kehidupan yang bisa kamu banggakan pula. Kalau terus-terusan meratapi hidupmu yang tak seburuntung orang lain, justru kamu akan kehilangan waktu yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk membenahi hidupmu.

5. Dan pada kenyataannya, definisi kebahagiaan tiap orang juga berbeda. Hidupmu juga bisa berbahagia dengan caramu sendiri

Definisi bahagia setiap orang jelas berbeda via dylandsara.com

Definisi kebahagiaan tak selalu berhubungan dengan kekayaan melimpah dan bisa hidup hura-hura sepuasnya. Dan definisi kebahagiaan tiap orang juga berbeda, ada yang bahagia bila bisa puas traveling ke seluruh penjuru dunia, ada yang sudah bisa bahagia hanya dengan berkumpul dengan keluarga setiap hari.

Kamu juga seharusnya harus bisa membuat definisi bahagiamu sendiri. Tanpa melihat standart bahagia milik orang lain. Karena menjadi bahagia seharusnya adalah hal yang paling privat dari seseorang.

Bahagia itu bukan menjadi seperti orang lain, tapi bahagia itu bila kamu bisa tersenyum bangga pada dirimu sendiri.

Jangan lagi merasa iri dengan kehidupan mereka yang kerap kamu lihat di media sosial, karena kamu juga memiliki hidup yang sama baiknya. Memang tak bergelimang harta, tapi kamu tak pernah merasa kekurangan kasih sayang. Dan kamu patut bersyukur atas hal itu di sepanjang hidupmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya