Berbuat kesalahan – bagi banyak orang layaknya membalikkan telapak tangan. Begitu mudah. Semua manusia yang ada di dunia ini pernah melakukan kesalahan. Entah yang disengaja maupun yang tak pernah disangka. Tapi semua pernah dan bisa berbuat kesalahan.

Jika berbuat kesalahan bisa semudah itu, lalu apa yang sulit? Yakni tidak mengulang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Karena keinginan untuk mau berubah tak selalu dimiliki oleh semua orang. Namun jika memang ada yang ingin berubah menjadi lebih baik, maka sebenarnya tak pernah ada kata terlambat.

Berbuat kesalahan itu wajar, namun jangan sampai terulang. Karena kesalahan yang terulang adalah tanda kamu tak belajar.

mengulang kesalahan yang sama, tanda kamu tak belajar via www.thegrindstone.com

Siapa yang tak pernah melakukan kesalahan lalu gagal. Sangat wajar jika kamu pernah melakukan kesalahan. Namun dari kesalahan yang pernah kamu lakukan, kamu bisa belajar untuk lebih baik lagi. Kesalahan yang kamu lakukan terkadang bukan cuma kesalahan yang memang sengaja kamu lakukan. Melainkan juga kesalahan yang terjadi karena kamu belum tahu mana yang benar. Disitulah proses belajar terus terjadi.

Maka jadikan kesalahan yang kamu lakukan tersebut sebagai proses belajar. Jangan pernah melakukan kesalahan yang sama, karena itu jadi tanda kamu tak belajar. Berbuat kesalahan tak apa, asal itu bisa menjadikanmu menjadi orang yang lebih baik lagi.

Kesalahan yang terjadi memang tanda kamu adalah manusia biasa. Tapi ketika datang kemauan untuk berubah, kamu sungguh luar biasa.

Advertisement

kamu luar biasa jika mau berubah via theviennesegirl.com

Kesalahan yang kamu lakukan adalah bukti bahwa kamu memang manusia biasa. Semua orang bisa melakukan kesalahan. Kesalahan sudah pasti membuatmu belajar. Namun lebih dari itu, kesalahan seharusnya juga memompa semangatmu untuk mau berubah lebih baik lagi.

Jika kamu menyadari kesalahan yang kamu lakukan, maka kamu adalah orang yang bijak. Sementara, jika kemudian kamu bertekad untuk berubah maka kamu akan menjelma menjadi pribadi yang luar biasa. Tak banyak orang yang mampu memantapkan hati untuk benar-benar mau berubah. Sebab perubahan memang sesuatu yang tidak mudah dilakukan begitu saja, sebab bisa saja ada banyak hal yang harus dikorbankan dalam proses perubahan diri tersebut. Namun bukankah memang harus ada pengorbanan dalam proses mengubah diri jadi lebih baik lagi, bukan?

Setiap orang pasti ingin berubah lebih baik lagi. Maka dari itu, kamu harus punya hasrat yang tinggi dari diri sendiri.

hasrat berubah harus tinggi via www.gistplanet.net

Perubahan yang terjadi pada diri sendiri tentunya harus datang dari hati nurani. Tak bisa jika itu datang dari paksaan orang lain. Tekad diri haruslah kuat, jika ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kamu tak bisa menuntut dirimu sendiri untuk berubah, jika tak ada niat yang tulus dalam diri.

Untuk memunculkan niat tersebut, cobalah sesekali bayangkan hal baik apa saja yang akan terjadi jika kamu mampu mengubah dirimu. Terkadang hal baik dalam hidupmu tak bisa datang begitu saja. Harus ada kemauan dari dirimu sendiri untuk mau menciptakan hal baik itu sendiri. Jadi, mulai sekarang kembangkan potensi baik dalam dirimu sendiri agar hidupmu lebih berkualitas lagi.

Kapanpun hasrat untuk berubah itu datang, jangan anggap ada kata terlambat. Percayalah, keinginan untuk berubah lebih baik lagi selalu datang di waktu yang tepat.

tak ada kata terlambat untuk berubah via www.desktopwallpapers4.me

Lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali.

Memang, tak pernah ada kata terlambat melakukan hal baik. Termasuk berubah menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Kamu tak perlu khawatir jika merasa perubahan yang terjadi pada dirimu terasa terlambat. Buang jauh-jauh pikiran tersebut. Karena sebenarnya tak pernah ada kata terlambat untuk berubah menjadi versi baik dari dirimu.

Karena Tuhan tak pernah tidur. Ia tahu kapan harus membuat umat-Nya menjadi lebih baik lagi. Dia yang paling tahu apa yang terbaik untuk hidupmu

percaya pada Tuhan via indulgy.com

Pada akhirnya, keinginan untuk berubah yang ada dalam dirimu juga merupakan campur tangan semesta dan kuasa-Nya. Tuhan tentunya selalu punya alasan sendiri untuk membuatmu mau berubah lebih baik lagi. Jangan pernah meragukan momentum yang Ia berikan padamu. Ia Yang Maha Kuasa, tentu selalu tahu yang terbaik bagi umatnya.

Meski tak mudah, mulai sekarang yakinkan pada diri sendiri untuk mau berubah lebih baik lagi. Karena dengan perubahan diri yang lebih baik, banyak hal baik lainnya dalam hidupmu yang akan mengikuti.

Kredit Featured Image : http://dailyreadlist.com/retired/readbug-wants-to-be-spotify-for-indie-magazines-88