Masa pendaftaran CPNS putaran kedua tahun ini tinggal beberapa hari lagi. Kamu yang berniat menjadi PNS di berbagai kementrian dan lembaga pemerintahan, pasti berlomba-lomba untuk mendaftar. Bagimu yang belum mendaftar, jangan sampai kesempatan emas ini kamu lewatkan. Siapa tahu kan keinginanmu untuk jadi abdi negara diamini semesta?

Melihat antusiasme anak muda yang ingin menjadi abdi negara ini (termasuk kamu juga), boleh dong berandai-andai bagaimana jika nanti kamu lolos seleksi dan benar-benar jadi pegawai negeri. Lupakan sejenak nominal gaji dan tunjangannya. Mari lihat bagaimana sikap yang nantinya perlu kamu punyai jika lolos dan jadi PNS. Berikut Hipwee berikan beberapa sikap yang mulai dari sekarang perlu kamu miliki.

1. Sikap legawa dan mau menerima. Apalagi untuk putaran kedua tahun ini, semua harus mau ditempatkan di seluruh pelosok Indonesia

Harus legawa ya! via www.unsplash.com

Sikap mau menerima segala keputusan wajib banget kamu miliki dari sekarang. Sikap mau menerima ini nantinya akan berguna. Apalagi untukmu yang lolos di seleksi CPNS putaran kedua ini, harus rela ditempatkan di seluruh pelosok Indonesia. Mulai dari pemerintahan daerah, pemerintahan kota atau lembaga pemerintahan yang ada di daerah-daerah terpencil sana. Perbedaan penempatan kerja tersebut tentu saja memiliki tantangan tersendiri untuk dihadapi. Dengan sikap mau menerima dengan lapang dada ini, kinerjamu tak akan terpengaruhi.

Mau kerja di kota atau di desa atau daerah terpencil lainnya? Siapa takut!

2. Walaupun hierarki atasan dan bawahan itu sangat ketat tapi kamu harus tetap kritis dan mau berpendapat ketika menemukan ada sesuatu yang salah

Advertisement

Berani ngomong! via www.manado.tribunnews.com

Menjadi pegawai negeri kamu harus membuka mata tentang adanya hierarki jabatan yang ada. Kamu harus paham bagaimana bersikap sebagai atasan maupun bawahan. Mungkin hierarki jabatan ini memang ada di semua perusahaan, namun di tempatmu mengabdi nanti, hierarkinya akan lebih nyata dan nggak bisa ditawar. Meskipun hierarki antar jabatan ini terasa nyata, kamu tetap harus kritis dengan apapun yang tidak terjadi pada tempatnya. Sikap kritis dan mau berpendapat ini lah yang nantinya bisa membantumu dalam menegakkan pelayanan publik.

3. Gaji dan tunjangan memang buatmu sedikit lega. Namun kerja tetap harus maksimal demi pelayanan masyarakat yang optimal

Kok malah tidur? via www.nasional.harianterbit.com

Sudah barang pasti, saat menjadi PNS nanti, kamu nggak harus mengkhawatirkan masa depan perihal finansial. Apalagi di umurmu yang masih muda ini, belum banyak kebutuhan yang mengantri untuk dibeli. Meskipun sejumlah nominal gaji dan berbagai macam tunjangan ini buatmu lega, kamu tetap harus bekerja dengan maksimal demi pelayanan msayarakat yang optimal. Patahkan anggapan bahwa PNS itu kebanyakan makan gaji buta dengan kerja kerasmu ini.

4. Klise sih tapi di era millennial ini kejujuran wajib kamu punya. Biar pekerjaanmu sebagai abdi negara ini bersih dan minim dosa

Jujur ya? via www.kendaripos.co.id

Siapa saja bisa tersangkut kasus penyuapan dan penggelapan dana. Baik itu di instansi pemerintahan ataupun di pihak swasta. Untukmu yang nanti lolos jadi pegawai negeri, pastikan kamu akan senantiasa menjunjung tinggi kejujuran. Dengan kejujuran, kamu bisa membawa nama baik generasi millennial yang bekerja di sektor pemerintahan. Selain itu, apa yang kamu dapatkan dari menjadi abdi negara ini bisa lebih nyaman dan minim dosa.

5. Meski sering dibilang calon mantu idaman, tapi kamu harus jaga sikap. Rendah hati dan mengayomi wajib kamu punyai sebagai abdi negara

Tetap rendah hati & mengayomi via www.en.tempo.co

Jika nanti kamu lolos menjadi pegawai negeri, anggapan calon menantu idaman akan otomatis menyertaimu. Entah anggapan dari mana ini, yang pasti orangtua pacarmu akan turut berbangga. Meski anggapan sebagai calon menantu idaman telah dimiliki, kamu tetap harus jaga sikap dan perilaku ya? Tetap rendah hati dan mengayomi masyarakat yang nantinya akan kamu layani. Nggak lucu aja jika nanti seorang abdi negara justru menjadi bahan omongan masyarakat sekitar karena sikapnya nggak terjaga.

6. Saat kamu jadi PNS nanti, jangan sampai kamu kehilangan kreativitas diri. Karena udah terlalu nyaman dengan pekerjaan yang dijalani

Hal ini jangan sampai lupa~ via www.instagram.com

Sederet fasilitas pasti akan kamu dapatkan setelah jadi PNS. Selain itu kamu juga akan mengantongi gaji yang lumayan,  tunjangan yang berbagai macam serta menjalani kerja yang mungkin menurutmu menyenangkan. Hal-hal tersebut selain buatmu nyaman dan betah untuk terus mengabdi.

Tapi jangan sampai kenyamanan membuat kamu terbelenggu dengan tugas kantor yang itu-itu saja. Kamu perlu menjaga kreativitas dirimu di bidang yang lain lagi. Sebab, tanpa kreativitas, manusia seakan sebuah robot yang hanya bekerja dan bekerja. Kamu nggak akan bisa berkembang menjadi apa-apa.

Ketika nanti kamu benar-benar menjadi pegawai negeri nanti, keenam sikap tersebut perlu kamu punyai. Agar kamu tak hanya menjadi abdi negara yang hanya bisa mengumpulkan pundi-pundi, tapi juga menjadi pelayan masyarakat yang memiliki integritas tinggi. Semoga kamu yang daftar seleksi CNPS tahun ini diberikan yang terbaik!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya