Salah satu penyakit hati yang sering dialami manusia apalagi anak muda zaman sekarang adalah iri. Segala sesuatu yang dilakukan orang lain pasti menjadi bibit-bibit iri yang mudah tumbuh subur di hati. Apalagi dengan adanya media sosial. Ada yang beli mobil baru, iri. Ada yang posting foto jalan-jalan ke luar negeri, iri. Apapun yang dibagikan mereka pada timeline-nya seakan membuat hatimu terbakar dan selalu berkata:

Enak banget sih hidup mereka?!

Sebelum kamu merasa hidup orang-orang jauh lebih sempurna daripada hidupmu, ada beberapa hal yang perlu kamu syukuri dulu. Selain bisa mencegahmu dari penyakit iri hati, dengan mensyukuri hal-hal berikut ini, hidupmu bisa menjadi sedikit lebih adem dan tenang.

1. Tak perlu jauh-jauh memandang. Hal pertama yang wajib kamu syukuri adalah semua yang ada di hidupmu sekarang

Berbahagialah atas hidupmu yang sekarang via www.logancoleblog.com

Sebelum kamu terlalu jauh berpikir apa yang harus lebih dulu disyukuri, coba perhatian dirimu sendiri. Ada satu hal yang pantas kamu syukuri keberadaannya, yaitu hidupmu ini. Mungkin kamu merasakan bahwa hidupmu jauh dari kata sempurna, namun paling tidak hidupmu ini adalah salah satu hal yang paling berharga. Coba bayangkan bagaimana jika hidupmu ini tak lagi ada. Tentu saja kamu tidak akan bisa sampai pada fase sekarang ini.

Advertisement

Seberat apapun hidupmu berjalan, syukuri saja dulu keberadaannya. Sebab kamu akan merasa kosong jika tak menghargai apa yang telah kamu punya.

2. Usahamu untuk bisa sampai pada titik ini. Meskipun hasilnya belum memuaskan, setidaknya kamu telah menghargai diri sendiri

Paling tidak kamu udah berusaha. via www.logancoleblog.com

Saat kamu menginginkan sesuatu, berbagai usaha kamu kerahkan untuk bisa mendapatkannya. Namun ternyata kenyatannya tak sama dengan apa yang kamu kira. Kamu tak bisa mendapatkannya, sementara banyak orang-orang di luar sana yang begitu mudah mengenggam apa yang kamu ingini. Nggak adil dan iri kemudian yang kamu rasakan. Namun tahukan kamu bahwa usahamu selama ini juga perlu disyukuri dulu? Sebab nggak semua orang mampu berusaha segigih dan sekuat dirimu. Meskipun pada akhirnya hasil yang kamu dapatkan tak sesuai yang kamu ingini. Tapi paling tidak inilah saatnya kamu untuk menghargai diri sendiri.

3. Kekurangan yang kamu miliki. Bukankah ini salah satu alasan yang memicu kamu untuk terus memperbaiki diri

Karena nggak ada yang sempurna di dalam hidup ini via www.logancoleblog.com

Setiap orang pasti memiliki kekurangannya sendiri. Kamu, dia atau bahkan mereka yang kamu anggap memiliki hidup lebih sempurna pun sama. Kekurangan dalam dirimu ini sudah sepatutnya kamu berikan apresiasi dan syukuri keberadaannya. Sebab, dengan adanya kekurangan ini kamu bisa memiliki alasan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Coba bayangkan kalau hidupmu sama sekali tak punya kekurangan? Tentu saja kamu akan menjadi orang yang enggan untuk memperbaiki diri. Kalau sudah begini, bisa jadi kamu nggak akan berkembang karena merasa tak mempunyai kekurangan dalam hidup.

4. Semua impian, baik yang sudah tercapai dan yang masih dalam angan. Sebab dari sana kamu dibimbing untuk tetap menatap masa depan

Dengan impian yang kamu punya, tanda kamu pribadi yang berani via www.logancoleblog.com

Orang-orang yang punya impian adalah orang-orang yang berani. Termasuk kamu yang sudah memiliki banyak impian meskipun belum semuanya tercapai. Tetapi paling tidak kamu sudah menanamkan rasa percaya diri dan berani itu dalam dirimu sendiri. Sebelum menganggap hidup orang lain sempurna, keberanianmu untuk bermimpi itu pantas kamu syukuri terlebih dahulu. Sebab, belum tentu orang lain berani memiliki impian tersebut. Bahkan, belum tentu juga mereka yang kamu anggap memiliki hidup yang sempurna berani bermimpi selayaknya yang kamu lakukan ini.

5. Kegagalan bukan sesuatu yang harus dirutuki. Tapi itu pelajaran yang patut kamu syukuri, meski rasanya tak mengenakkan sekali

Gagal itu manusiawi via www.logancoleblog.com

Gagal bukanlah sebuah aib yang harus kamu hindari. Meskipun saat kamu gagal itu rasanya tak mengenakkan sekali, namun ada kalanya kegagalan ini patut kamu syukuri. Sebab dengan kegagalan ini kamu bisa belajar untuk menjadi seorang pribadi yang lebih baik lagi. Belum tentu ‘kan ketika kamu tak mengalami kegagalan ini kamu bisa mendapatkan pengalaman hidup yang berharga.

Sebab tanpa gagal, kamu tak akan pernah tahu rasanya kembali berjuang demi kesuksesan.

Sebaik-baiknya kehidupan orang, pasti ada beberapa hal yang tak kamu ketahui dari luar. Siapa tahu di balik layar kehidupan, mereka sempat terjatuh dan merasa sakit. Atau barangkali, mereka sampai berdarah-darah untuk sampai pada fase kehidupannya ini. Untuk itu, sebelum kamu merasa hidup orang lain terasa jauh lebih sempurna, ada baiknya kamu mensyukuri hal-hal di atas. Kalau udah mampu mensyukuri dan menerima apa yang kamu miliki, sudah barang pasti rasa iri tak akan tumbuh di dalam hati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya