“Perempuan yang cantik itu adalah yang berkulit putih bersih, berambut panjang, dan berat badannya kurang dari 50 kilogram.” Duh, ternyata banyak dari kita yang masih percaya ciri-ciri kecantikan yang klise ini. Lebih parah lagi, ini membuat kita menomorsekiankan sisi-sisi non-penampilan dari seorang cewek. Bahkan kita yang perempuan pun bisa lebih mementingkan penampilan luar dan melupakan apa yang ada di dalam.

Definisi cantik itu memang relatif, tergantung masing-masing individu. Tapi, ada beberapa hal yang bisa membuat orang-orang mengakui bahwa dirimu benar-benar cantik, lho! Inilah tanda-tanda kalau kamu memang perempuan cantik yang sebenar-benarnya:

1. Kamu punya semangat tinggi untuk mengejar passion-mu

Punya semangat tinggi untuk mengejar passionmu via www.clear.co.id

Seorang perempuan yang cantik itu adalah perempuan yang punya semangat juang tinggi untuk mengejar mimpinya. Semangat yang kamu pancarkan ketika kamu berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpimu akan membuatmu terlihat mengesankan. Dengan semangat itu, orang lain di sekitarmu bisa terpacu untuk melakukan hal yang sama.

Keberanianmu menyalurkan minat serta kegigihanmu mewujudkan mimpi mencerminkan bahwa kamu bukan perempuan lemah. Kamu nggak takut pada apapun, termasuk risiko bahwa dengan lebih banyak berada di luar kulitmu bisa legam terbakar. Semangatmu untuk mengejar keinginanmu adalah kecantikanmu yang sesungguhnya.

2. Kamu nggak takut untuk menjadi diri sendiri

Advertisement

Kamu percaya diri untuk jadi diri sendiri via www.volcom.co.id

Saat orang lain berlomba-lomba untuk terlihat cantik seperti cewek-cewek yang rajin tampil di majalah, kamu tetap percaya diri dengan penampilanmu. Kamu nggak berusaha untuk mengikuti apa yang orang lain katakan, kalau itu tidak sesuai dengan kata hatimu. Kamu menutup telingamu rapat-rapat ketika orang lain menyuruhmu menjadi orang yang bukan dirimu.

Kamu nggak mau hidup dalam kepalsuan, karena menjadi diri sendiri adalah sebuah kebebasan yang sesungguhnya untukmu. Menjadi diri sendiri adalah sesuatu yang mengagumkan dan cantik, karena kamu bisa menunjukkan siapa dirimu yang sesungguhnya tanpa rasa takut.

3. Kamu nggak ngotot untuk bisa jadi pusat perhatian

Kamu nggak ngoyo untuk bisa diperhatiin orang via wanitawanita.com

Banyak orang tampil berlebihan karena ingin jadi pusat perhatian. Dengan diperhatikan, mereka merasa tersanjung dan mendapatkan validasi tentang kecantikan mereka. Tapi, buatmu hal ini adalah hal yang ganjil.

Kamu nggak ngoyo mencari cara untuk bisa diperhatikan oleh orang lain. Karaktermu yang bersahaja nggak berharap kehadiranmu selalu menjadi pusat perhatian. Orang lain akan menilaimu sebagai orang yang cantik karena kamu berani menjadi dirimu sendiri dengan cara yang sederhana.

4. Kamu tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain

Kamu tahu cara berkomunikasi dengan baik via www.youtube.com

Kamu tahu bagaimana cara yang baik untuk berbicara dengan orang lain. Kamu pun mengerti pentingnya menjaga komunikasi dengan orang lain. Jika ada orang yang mengajakmu berbicara, kamu akan menanggapinya dengan ramah dan baik. Kamu berbicara dengan tutur kata yang baik, dan kemauan untuk mendengar yang patut dipuji  Sikapmu yang seperti ini akan membuat orang lain senang bisa bertemu dan ngobrol denganmu.

5. Kamu adalah perempuan yang mandiri

Kamu bisa jadi perempuan yang mandiri via travel.detik.com

Kamu adalah perempuan mandiri yang tak pernah mengandalkan tangan orang lain untuk hal-hal yang bisa kamu atasi sendiri. Kamu nggak pernah keberatan untuk melakukan banyak hal seorang diri.

Kamu nggak tergantung atas bantuan orang lain; malah kamu berusaha untuk membantu mereka. Kamu bisa terus maju, meski nggak ada orang lain di sampingmu untuk memberimu semangat. Kamu adalah orang yang percaya dengan kemampuanmu sendiri.

6. Kamu adalah orang yang peduli dengan orang-orang di sekitarmu

Kamu peduli dengan orang lain via thejungleschool.wordpress.com

Kamu nggak cuma peduli dengan dirimu sendiri, tapi kamu juga aware dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Sikap ini menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa empati yang tinggi. Kamu peduli dengan apa yang terjadi pada orang-orang di sekelilingmu. Ketika orang lain tertimpa masalah, kamu bahkan bertanya pada mereka dan menawarkan bantuan dengan suka rela. Ketika keberadaanmu bisa bermanfaat bagi orang lain, kamu pantas untuk disebut sebagai perempuan yang cantik.

7. Kamu punya pemikiran yang terbuka

Kamu punya pemikiran yang terbuka via jaxmagazine.co

Kamu memiliki wawasan yang luas, dan mampu menghormati pendapat orang lain tanpa harus menghakimi atau mengkritisinya dengan cara yang tidak sopan. Kamu tidak pernah merasa dirimulah yang paling benar; kamu malah memilih untuk selalu penasaran dan memikirkan pendapat orang lain sebagai pengetahuan barumu. Bagimu, perempuan yang cantik adalah perempuan yang pintar.

8. Kamu memiliki rasa belas kasih

Kamu punya raa belas kasih via www.thetimes.co.uk

Kamu bukanlah perempuan yang berhati dingin. Jauh dari itu, kamu tidak malu menunjukkan rasa belas kasihmu terhadap orang lain. Kamu peduli dengan keadaan yang terjadi di sekitarmu. Kamu peduli dengan kehidupanmu beserta orang-orang lain, dan kamu nggak akan tinggal diam jika kamu melihat orang lain sedang kesusahan atau menderita. Kebaikan hatimu ini menjadikanmu perempuan yang cantik dan mengagumkan. Dan beginilah caramu untuk menikmati hidupmu.

9. Kamu nggak mengejar kesempurnaan

Kamu nggak butuh pengakuan dan penerimaan dai orang lain via 2.bp.blogspot.com

Kamu sadar bahwa kamu nggak akan pernah bisa sempurna. Yang kamu tahu, satu-satunya yang bijak di dunia adalah memberikan apa yang bisa kamu berikan.

Semua orang pasti pernah berbuat salah, dan kamu tahu kesalahan-kesalahan itu adalah bagian dari sebuah proses hidup yang harus dilalui. Di mata orang lain, kamu terlihat cantik karena tak peduli apapun hasilnya, kamu selalu berusaha melakukan yang terbaik.

10. Kamu nggak butuh persetujuan orang lain

Kamu nggak butuh persetujuan orang lain via musique.jeuxactu.com

Hidupmu tidak tergantung dari persetujuan atau penerimaan orang lain. Ketika kamu melakukan dan menyampaikan suatu hal yang berbeda dari orang lain, kamu nggak merasa takut jika mereka menolakmu.  Kamu paham betul jika apapun yang kamu lakukan nggak selalu bisa diterima oleh orang lain. Ketika kamu bisa berdamai dengan keadaan ini, kamu bisa bebas menjadi dirimu sendiri. Kamu tahu menjadi cantik itu tidak sama dengan menjadi seragam.

11. Kamu adalah orang yang murah senyum

Kamu adalah orang yang murah senyum via m.indopos.co.id

Senyum adalah hal paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu terlihat cantik. Senyumanmu adalah sebagian dari energi positif yang ada di dalam dirimu. Ketika kamu tersenyum kamu akan terlihat bahagia, dan orang lain yang melihatmu pun akan terlihat senang karena kamu menunjukkan sikap yang sopan dan ramah terhadap orang lain.

12. Kamu adalah orang yang optimis

Kamu adalah orang yang optimis via santaingopi.blogspot.com

Kamu selalu berusaha untuk optimis dalam menghadapi segala hal yang kamu hadapi dalam hidupmu. Menjadi optimis tidak sama dengan sombong atau takabur. Menjadi optimis adalah sama dengan berusaha mencari yang terang di antara yang gelap, dan sebisa mungkin tak mengeluh atas apa yang terjadi padamu. Selalu berpikir optimis adalah tanda bahwa kamu adalah orang yang cantik.

13. Kamu nggak takut mengakui kesalahanmu

Kamu tidak takut mengakui kesalahan via www.foxnews.com

Nggak semua orang bisa berbesar hati untuk mau mengakui kesalahannya. Ini bisa jadi hal terberat yang harus kamu lakukan, karena orang lain akan mengetahui kesalahan atau ketidaksempurnaanmu. Tapi saat kamu mengakui kesalahanmu, kamu menunjukkan jiwa besar dan pemberani. Sekali lagi, ini menunjukkan bahwa kamu berani untuk menjadi dirimu sendiri. Dan kamu cantik karena ini.

14. Kamu adalah orang yang bahagia

Kamu bahagia dengan dirimu sendiri via dhimasginanjar.com

Kamu merasa bahagia dengan dirimu sendiri. Meskipun kamu sadar kamu bukanlah orang yang sempurna, kamu tetap bisa menerima kekurangan dirimu. Kamu bahagia walaupun kamu pernah berbuat kesalahan, karena kamu tahu kamu bisa berubah menjadi orang yang lebih baik lagi.

Kamu nggak akan membiarkan dirimu terus-terusan terpuruk, karena kamu tahu kebahagiaan adalah hal penting yang akan selalu kamu butuhkan. Jika kamu adalah orang yang bahagia dengan hidupmu sendiri, maka kamu telah menemukan kecantikan yang sesungguhnya dalam dirimu sendiri.

Kecantikan seseorang nggak pantas lagi diukur dari penampilan fisik semata. Apa yang membuat seseorang menjadi cantik bukan hanya dinilai dari polesan make up di kulit wajahmu. Perilaku dan sifatmulah yang akan membawamu pada kecantikan yang sesungguhnya.